Pengertian dan Fungsi Mulut


Salam kenal sobat, kali ini yang menulis mengenai pengertian dan penjelasan tentang mulut manusia. Penjelasan tentang mulut ini tidaklah begitu rumit, karena saya yakin sobat sedikit banyak sudah tahu tentang  bentuk, letak,dan fungsi mulut. Mulut ini merupakan tempat dimulainya proses pencernaan makanan, yaitu pada rongga mulut. Proses ini dapat terjadi secara mekanis maupun kimiawi di dalam mulut. Pastinya mulut tidak bekerja sendiri, di dalam rongga mulut terdapat alat-alat yang membantu berlangsungnya kedua proses pencernaan tersebut. Bahkan fungsi alat-alat ini lebih penting daripada fungsi mulut itu sendiri sobat. Alat-alat tersebut ialah Gigi, lidah, dan kelenjar air liur atau kelenjar ludah. Nah, ayo simak penjelasan lebih detail tentang alat-alat tersebut di blog ini.

1.Gigi
Sebelum melanjutkan, ada baiknya jika anda bercermin dan membuka mulut serta melihat gigi-gigi anda untuk sejenak. Jika sudah mari kita lanjutkan. Seperti yang tampak, gigi tersusun dan terletak pada rahang atas dan rahang bawah. Gigi memiliki penampang yang umumnya terdapat

  • Puncak gigi atau mahkota gigi di sana, yaitu bagian yang tampak dari luar.
  • Leher gigi, yaitu bagian yang terlindung di dalam gusi, dan merupkan pembatas antara puncak dan akar gigi.
  • Akar gigi, yaitu bagian gigi yang tertanam di dalam rahang.

Mari melanjutkan ke bagian yang lain, mungkin sobat bisa dapat ilmu yang bermanfaat dari sini. Menuju ke Lapisan Gigi, Lapisan luar gigi paling luar disebut email, bagian ini merupakan lapisan keras pada gigi yang berfungsi untuk melindungi tulang gigi. Artinya sobat, jika bagian ini rusak maka secara logika gigi akan mudah rusak pula. Di dalam email terdapat dentin, yaitu tulang gigi yang berupa jaringan berwarna kuning. Selanjutnya mari simak sedikit menggenai lapisan luar akar gigi yang disebut sementum dan sering kita kenal dengan nama semen gigi. Lalu Bagian dalam gigi yaitu tempatnya rongga gigi (pulpa), rongga pada bagian ini berisi serabut saraf dan pembuluh darah.

Masih ingatkah sobat, kapan gigi sobat pertama kali tumbuh? Saya yakin pasti tidak ada yang ingat, kenapa saya seyakin itu? Karena gigi mulai tumbuh saat kita berumur 6-7 bulan sampai 26 bulan. Gigi pada masa-anak-anak itu disebut gigi sulung atau lebih dikenal sebagai gigi susu. Setelah kita berusia 6 sampai 14 tahun barulah gigi susu ini copot satu persatu dan digantikan dengan gigi tetap. Lalu bagaimana susunan (letak) gigi ini ya? Agar lebih cepat silahkan langsung lihat gambar di bawah.
Susunan Letak Gigi Manusia

Seperti pada gambar,gigi tersusun berderet dan terletak pada rahang atas dan rahang bawah. Semua gigi susu berjumlah 20 buah, yaitu terdiri dari gigi seri yang berjumlah 8=(2*4) buah, gigi taring berjumlah 4=[2*(1+1)] buah, dan gigi geraham depan yang berjumlah 8=[2*(2+2)] buah.

Gigi orang dewasa yang disebut gigi tetap berjumlah 32 buah yang terdiri dari gigi seri yang berjumlah 8=(2*4) buah, gigi taring yang berjumlah 4=[2*(1+1)] buah, gigi geraham depan yang berjumlah 8=[2*(2+2)], dan gigi geraham belakang yang berjumlah 12=[2*(3+3)].

Nah, setelah mengetahui susunan gigi yang kompleks tadi mungkin pengetahuan sobat tentang gigi semakin bertambah. Tapi ada sedikit lagi penjelasan tentang gigi, yaitu mengenai fungsinya yang bermacam-macam.Gigi seri berfungsi sebagai pemotong makanan, gigi taring berfungsi sebagai pengoyak makanan, dan gigi geraham berfungsi sebagai pengunyah makanan.
Artikel Penunjang : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenis Gigi
2.Lidah
Lidah memiliki banyak kegunaan dalam proses pencernaan makanan pada manusia. Selain berguna sebagai pengatur letak makanan dalam mulut dan mendorong makanan ke bagian selanjutnya, lidah juga sebagai alat indra yang berfubgsi sebagai indra pengecap (merasakan makanan).Untuk lebih jelasa bagaimana letak bagian lidah sebagai pengecap silahkan lihat gambar berikut ini.
Letak Rasa Pada idah

3.Ludah (air liur)
Ludah dihasilkan oleh 3 pasang kelenjar ludah, kemudian dialirkan melalui saluran ludah yang bermuara ke rongga mulut. Kelenjar ludah terebut adalah kelenjar ludah parotid (di dekat pelipis), kelenjar ludah rahang bawah dan kelenjar ludah bawah lidah. Tentu sobat pernah melihat ludah kan? Dan apakah sobat tahu kandungan dari ludah tersebut? Jika belum, mari sedikit lagi kita membahasnya. Ini permintaan sobat lho, jadi jangan bosan ya untuk membacanya. Ludah mengandung air, lendir, garam, dan enzim ptialin. Enzim ptialin ini berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula,yaitu maltosa menjadi glukosa.Nah, setelah selesai proses di mulut, makanan akan menuju ke kerongkongan dan diteruskan ke lambung, serta ke alat-alat pencernaan lainnya.

Akhirnya selesai juga bahasan tentang Mulut manusia ini. Jika sobat membacanya dengan seksama, pasti akan menambah pengetahuan sobat mengenai mulut kita ini. Namun bila masih ada hal yang janggal dalam postingan kali ini, silahkan saja sobat tanyakan melalui kolom komentar, Aggar kita bisa mendiskusikannya bersama-sama.Terimakasih.

3 komentar

Post a Comment