Klasifikasi Protista Mirip Tumbuhan (Alga)


Protista mirip tumbuhan
atau yang lebih kita kenal dengan sebutan “Alga” merupakan organisme bersel satu atau bersel banyak yang memiliki bentuk seperti benang. Alga(protista mirip tumbuhan) mempunyai klorofil dan mampu berfotosintesis seperti halnya tumbuhan.


Lalu, berdasarkan klasifikasi makhluk hidup, kenapa alga tidak digolongkan kedalam kelompok plantae(tumbuhan). Alasanya singkat tapi cukup jelas sobat, ini dia penyebabnya, Alga tidak memiliki akar, batang, maupun daun. Oleh karena ini alga tidak termasuk tumbuhan. Nah alga ini dibagi menjadi beberapa filum,yaitu:

1.Filum Alga Keemasan (Chrysophyta)

Chrysophyta

Filum alga yang biasanya tinggal di atas permukaan tanah yang lembap dan menyebabkan permukaan tanah berwarna kuning keemasan. Tubuh alga keemasan terdiri dari satu sel dan bentuknya menyerupai  perahu.

2.Filum Euglenophyta

Euglenophyta

Filum alga yang ini banyak dijumpai di air tawar dengan bentuk yang lonjong, memiliki flagela(cambuk), bintik mata, dan berwarna hijau karena memiliki klorofil. Euglenophyta bergerak aktif seperti hewan namun dapat berfotosintesis layaknya tumbuhan. Filum yang biasa disebut euglena ini biasa berkembangbiak dengan cara membelah diri. Beberapa ahli memasukkannya kedalam kelompoknya sendiri karena memiliki ciri mirip hewan sekaligus mirip tumbuhan.

3.Filum Alga Cokelat (Phaeophyta)

Phaeophyta

Alga cokelat umumnya hidup di perairan pantai ber-iklim dingin. Ada juga yang hidup di air tawar. Semua Alga cokelat merupakan makhluk hidup bersel banyak.

4.Filum Alga Merah (Rhodophyta)

Rhodophyta

Alga merah merupakan makhluk hidup bersel banyak yang mengandung pigmen fikobilin. Pigmen ini terdiri dari fikoritrin (merah) dan fikosianin (biru). Alga merah banyak dimanfaatkan untuk industri kosmetik, cat, eskrim,dll.

5.Filum Alga Hijau (chlorophyta)

Chlorophyta

Filum alga yang ini tergolong makhluk hidup eukariot. Alga hijau dapat hidup di air tawar, air laut, di tanah becek, di atas batu, bahkan di kolam. Kolam yang banyak ditumbuhi alga ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berwarna kehijauan. Alga ini memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam. Ada yang bersel tunggal, bentuk benang, dan ada yang bersel banyak mirip tumbuhan tingkat tinggi.

Selain kelima alga diatas, ada satu kelompok alga lagi, yang biasa disebut Alga hijau-biru (Cyanobacteria), namun alga ini tidak digolongkan dalam kelompok protista melainkan diklasifikasikan ke kingdom monera karena tidak memiliki klorofil sehingga bersifat autotrof.

Nah Protista mirip tumbuhan ini memiliki bermacam-macam warna ya sobat? Semoga artikel yang berhubungan dengan ilmu biologi bertemakan protista mirip tumbuhan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca softilmu.blogspot.com. Terus kunjungi blog pengetahuan sederhana yang menyajikan berbagai macam artikel mengenai ilmu yang ada dan sedang dipelajari oleh umat manusia.Terimakasih telah berkunjung disini, jika sobat bersedia untuk mengisikan kotak komentar saya akan sangat bahagia.:)

4 komentar

Terimakasih infonya.
Nambah wawasan nih buat bab yang katanya paling susah di kelas 7.
O, ya. Mau tanya nih.
Alga itu bisa dilihat mata secara langsung gak sih ( alias dengan mata telanjang )?
Alga itu ada yang sifatnya parasit ga ?
Kalo ada, dia menyebabkan apa ?
Thanks ya.
Sorry kalo comment nya kepanjangan.

Reply

Terimakasih atas infonya kak , membantu untuk ujian nih :))

Reply

Beberapa alga dapet dilihat Secara langsung
Alga ada yg bersifat parasit, Contohnya pfiesteria(filum pyrrophyta) menyebabkan kerusakan Saraf pada orang yg mengonsumsi hewan laut yg terakumulasi racun

Reply

Post a Comment