Rumus Besaran Turunan

Rumus Besaran turunan merupakan tema yang akan saya angkat pada postingan kali ini,langsung aja di simak ya.

Nah,sebelum kita mempelajari tentang rumusnya kita haru mengetahui dulu Pengertian besaran turunan ini,tentunya sobat semuanya sudah tau dong,jika masih ada yang belum tau,Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari Besaran Pokok,jika maasih bingung tentang besaran pokok,silahkan baca dulu artikel saya yang sebelumnya yaitu:Pengertian dan Macam-macam Besaran Pokok.

Selanjutnya,jika sobat semua sudah mengerti tentang apa itu Besaran Turunan,mari kita lanjutkan ke Rumus-rumus besaran turunan.Tetapi sebelumnya,saya minta maaf jika ada banyak kesalahan dalam artikel ini,Maklum,saya masih belajar bahkan mungkin sobat semuanya jauh lebih menguasai materi ini daripada saya.

Rumus Besaran Turunan


Sebelum membaca tahap berikutnya,jangan lupa liat keterangan yang dibawah ini dulu ya,biar ga bingung nantinya. okeh...langsung saja ya..

  • KETERANGAN:

-Panjang(p),lebar(l) dan tinggi(t) Satuannya meter(m).

-Massa(m) satuannya kilogram(kg).

-Waktu(t) satuanya sekon(s).

-Perpindahan(x) satuannya meter(m).


  • KUMPULAN RUMUS BESARAN TURUNAN

Luas(L)                      = Panjang(p) * Lebar(l)
                                       = (m)*(m)
                                       = (m)2

Volume(V)              = Panjang(p) * Lebar(l) * Tinggi(t)
                                       = (m) * (m) * (m)
                                       = (m)3

Massa Jenis(ρ)     ={Massa(m)} : {Volume(v)}
                              =(kg) : (m)3
                              = kg(m)-3

Kecepatan(V)      ={Perpindahan(x)} : {Waktu(t)}
                             =(m) : (s)
                             = m(s)-1

Percepatan(a)    = {kecepatan(v)} : {Waktu(t)} 
                                     {m(s)-1} : (s)
                                     = m(s)-2

Gaya(F)                   = massa(m) * Percepatan(a)
                                      = [kg * m(s)-2]
                                      = kgm(s)-2
                                      = Newton(N)
Artikel Penunjang : Pengertian,Rumus, Satuan dan Macam – Macam Gaya

Usaha(W)               = Gaya(F) * Perpindahan(x)
                                      = kgm(s)-2 * (m)
                                      = kg(m)2(s)-2
                                      = Joule(J)

Energi Potensial(EP)  = massa(m) * Percepatan(a) * tinggi(t)
                                                 = (kg) * m(s)-2 * (m)
                                                 = kg(m)2(s)-2
                                                 = Joule(J)
Energi Kinetik(EK)   = 1/2* massa(m) * {kecepatan(v)}2
                                                =1/2* (kg) * {m(s)-1}2
                                                = kg(m)2(s)-2
                                                = Joule(J)

Daya(P)                  = {usaha(W)} : {Waktu(t)}
                                    = (Kgm2s-2) : (s)
                                    = Kgm2s-3
                                    = Watt
Artikel Penunjang : Pengertian,Rumus, dan Satuan Daya

Tekanan(T)            = {Gaya(F)} : {Luas Penampang per satuan (A)}
                                    = {kgm(s)-2} (m)2
                                    = N/m2
                                    = Pascal (Pa)

Muatan Listrik(Q) = {Kuat arus Listrik (I)} * {waktu(t)}
                                    = (A) * (s)
                                    = A.s
                                    =Coulomb (C)

Frekuensi(f)           = 1/{Periode(T)}
                                    = 1/s
                                    = (s)-1
Artikel Penunjang : Pengertian Dimensi dan Rumus Dimensi Untuk Besaran Fisika
Sekian postingan saya ini,semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar.

32 komentar

nyari yang lain dimana?

Reply

Maksudnya yang lain gan?

Reply

Gan tambahin lagi dong tolong, ada tugas yang kek ginian nih, ane di suruhnya sampe 16, please gan :D

Reply

Itu udah ane tambahin 3 lagi gan,rumus lainnya ane masih belum ngerti turunan rumusnya gan, jd segitu aaja dulu ya, terimakasih kunjungannya :D

Reply

terimakasih kakak,infonya berguna bgt ^^)//

Reply

Sama-sama Citra :)
Terimakasih juga karena telah berkunjung ya :)

Reply

terima kasih..
infonya.. ^_^

Reply

Kembali kasih atas kunjungan dan komentarnya gan :)

Reply

Terimakasih ya om untuk pengetahuannya saya jadi sangat terbantu,semoga amal ibadah om di terima di sisi tuhan

Reply

Sama-sama gan, tua bgt nih kyk.a kalo di panggil om :D
Amin, semoga dikabulkan :)

Reply

Ada tambahan; Suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat (mungkin aja ya, baru kls 7, aku gk tau apa2)

Reply

kasih rumus besaran pokok , turunan sama tambahan . itu juga msih bnyk yg blm lngkp tambahin lg sihh rumus nya ... :(

Reply

thx infonya

Reply

tentang besaran pokok lian aja di postingan terkait gan :)
ok gan
terimakasih telah berkunjung :)

Reply

sipp :)
kita semua juga masih belajar kok :)

Reply

Thanks ya berguna banget ^__^

Reply

oke sama-sama gan semoga bisa terus berguna :)

Reply

mantap cocok untuk dipelajari sebelum uts :v

Reply

wkwkwk
lanjutkan nimba ilmu nya gan :D
biar dapet nilai WOW :D
jangan lupa tetap kunjung softilmu.blogspot.com ya :)

Reply

iya maaf gan
Sekarang udah di benerin
makasih ya :)

Reply

Gan tambahin lagi dong, ane ada tugas yang kaya ginian suruh 20, tolong ya gan,,

Reply

top deh
terimakasih mas abdul ..
mampir ke blog saya..ya http://aditperdana.blogspot.com

Reply

Yup Sama-sama mas adit
Udah saya kunjungi balik mas, mudah-mudahan blog nya sukses ya :)

Reply

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan, semoga dapat saling melengkapi

Pengertian dan Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan (Lengkap)

Reply

Kalau besaran pokok apa gimna rumusnya ?

Reply

Nice penjelasan rumusnya gan, pertahankan gaya menulis agan..
yahuttt.
regards
Besaran Turunan Pada Fisika

Reply

thanks rumusnya gan,,
ini cara cepet buat baca soal sama satuan pel Fisika dasar
keep write many letter gan
good artikel

Reply

makasih gan.. sangat bermanfaat

Reply

Post a Comment