Tuesday, 16 July 2013

Rumus Besaran Turunan

Tags

Rumus Besaran turunan merupakan tema yang akan saya angkat pada postingan kali ini,langsung aja di simak ya.

Nah,sebelum kita mempelajari tentang rumusnya kita haru mengetahui dulu Pengertian besaran turunan ini,tentunya sobat semuanya sudah tau dong,jika masih ada yang belum tau,Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari Besaran Pokok,jika maasih bingung tentang besaran pokok,silahkan baca dulu artikel saya yang sebelumnya yaitu:Pengertian dan Macam-macam Besaran Pokok.

Selanjutnya,jika sobat semua sudah mengerti tentang apa itu Besaran Turunan,mari kita lanjutkan ke Rumus-rumus besaran turunan.Tetapi sebelumnya,saya minta maaf jika ada banyak kesalahan dalam artikel ini,Maklum,saya masih belajar bahkan mungkin sobat semuanya jauh lebih menguasai materi ini daripada saya.

Rumus Besaran Turunan


Sebelum membaca tahap berikutnya,jangan lupa liat keterangan yang dibawah ini dulu ya,biar ga bingung nantinya. okeh...langsung saja ya..

  • KETERANGAN:

-Panjang(p),lebar(l) dan tinggi(t) Satuannya meter(m).

-Massa(m) satuannya kilogram(kg).

-Waktu(t) satuanya sekon(s).

-Perpindahan(x) satuannya meter(m).


  • KUMPULAN RUMUS BESARAN TURUNAN

Luas(L)                      = Panjang(p) * Lebar(l)
                                       = (m)*(m)
                                       = (m)2

Volume(V)              = Panjang(p) * Lebar(l) * Tinggi(t)
                                       = (m) * (m) * (m)
                                       = (m)3

Massa Jenis(ρ)     ={Massa(m)} : {Volume(v)}
                              =(kg) : (m)3
                              = kg(m)-3

Kecepatan(V)      ={Perpindahan(x)} : {Waktu(t)}
                             =(m) : (s)
                             = m(s)-1

Percepatan(a)    = {kecepatan(v)} : {Waktu(t)} 
                                     {m(s)-1} : (s)
                                     = m(s)-2

Gaya(F)                   = massa(m) * Percepatan(a)
                                      = [kg * m(s)-2]
                                      = kgm(s)-2
                                      = Newton(N)
Artikel Penunjang : Pengertian,Rumus, Satuan dan Macam – Macam Gaya

Usaha(W)               = Gaya(F) * Perpindahan(x)
                                      = kgm(s)-2 * (m)
                                      = kg(m)2(s)-2
                                      = Joule(J)

Energi Potensial(EP)  = massa(m) * Percepatan(a) * tinggi(t)
                                                 = (kg) * m(s)-2 * (m)
                                                 = kg(m)2(s)-2
                                                 = Joule(J)
Energi Kinetik(EK)   = 1/2* massa(m) * {kecepatan(v)}2
                                                =1/2* (kg) * {m(s)-1}2
                                                = kg(m)2(s)-2
                                                = Joule(J)

Daya(P)                  = {usaha(W)} : {Waktu(t)}
                                    = (Kgm2s-2) : (s)
                                    = Kgm2s-3
                                    = Watt
Artikel Penunjang : Pengertian,Rumus, dan Satuan Daya

Tekanan(T)            = {Gaya(F)} : {Luas Penampang per satuan (A)}
                                    = {kgm(s)-2} (m)2
                                    = N/m2
                                    = Pascal (Pa)

Muatan Listrik(Q) = {Kuat arus Listrik (I)} * {waktu(t)}
                                    = (A) * (s)
                                    = A.s
                                    =Coulomb (C)

Frekuensi(f)           = 1/{Periode(T)}
                                    = 1/s
                                    = (s)-1
Artikel Penunjang : Pengertian Dimensi dan Rumus Dimensi Untuk Besaran Fisika
Sekian postingan saya ini,semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar.

Loading...

32 komentar

Gan tambahin lagi dong tolong, ada tugas yang kek ginian nih, ane di suruhnya sampe 16, please gan :D

Itu udah ane tambahin 3 lagi gan,rumus lainnya ane masih belum ngerti turunan rumusnya gan, jd segitu aaja dulu ya, terimakasih kunjungannya :D

terimakasih kakak,infonya berguna bgt ^^)//

Sama-sama Citra :)
Terimakasih juga karena telah berkunjung ya :)

Kembali kasih atas kunjungan dan komentarnya gan :)

Terimakasih ya om untuk pengetahuannya saya jadi sangat terbantu,semoga amal ibadah om di terima di sisi tuhan

Sama-sama gan, tua bgt nih kyk.a kalo di panggil om :D
Amin, semoga dikabulkan :)

Ada tambahan; Suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat (mungkin aja ya, baru kls 7, aku gk tau apa2)

kasih rumus besaran pokok , turunan sama tambahan . itu juga msih bnyk yg blm lngkp tambahin lg sihh rumus nya ... :(

thx infonya

tentang besaran pokok lian aja di postingan terkait gan :)
ok gan
terimakasih telah berkunjung :)

sipp :)
kita semua juga masih belajar kok :)

Thanks ya berguna banget ^__^

oke sama-sama gan semoga bisa terus berguna :)

mantap cocok untuk dipelajari sebelum uts :v

wkwkwk
lanjutkan nimba ilmu nya gan :D
biar dapet nilai WOW :D
jangan lupa tetap kunjung softilmu.blogspot.com ya :)

iya maaf gan
Sekarang udah di benerin
makasih ya :)

Gan tambahin lagi dong, ane ada tugas yang kaya ginian suruh 20, tolong ya gan,,

top deh
terimakasih mas abdul ..
mampir ke blog saya..ya http://aditperdana.blogspot.com

Yup Sama-sama mas adit
Udah saya kunjungi balik mas, mudah-mudahan blog nya sukses ya :)

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan, semoga dapat saling melengkapi

Pengertian dan Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan (Lengkap)

Kalau besaran pokok apa gimna rumusnya ?

Nice penjelasan rumusnya gan, pertahankan gaya menulis agan..
yahuttt.
regards
Besaran Turunan Pada Fisika

thanks rumusnya gan,,
ini cara cepet buat baca soal sama satuan pel Fisika dasar
keep write many letter gan
good artikel

makasih gan.. sangat bermanfaat


EmoticonEmoticon