Pengertian dan Objek Studi Sosiologi


Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan lingkungannya. Pada postingan Pengertian dan Penjelasan tentang sosiologi ini, akan ada banyak hal yang  saya bahasadalah tentang Pengertian sosiologi, sejarah lahirnya sosiologi, dan objek studi sosiologi. Agar lebih paham pada beberapa pokok pembahasan tersebut, alangkah lebih baik jika sobat mau membaca penjelasan ini sejenak. Sosiologi merupakan ilmu yang relatif baru jika dibandingkan dengan ilmu lainnya (seperti fisika,biologi,geografi, dan lainnya). Ilmu sosiologi ini dikembangkan oleh Auguste Comte dari Prancis. Tidak seperti illmu lainnya, sosiologi membatasi pengkajian terhadap objek kajiannya (yaitu masyarakat) agar tidak memperoleh hasil penelitian yang tidak dapat dibuktikan. Setelah kita tahu sedikit tentang sosiologi, saya harap pikiran sobat terus memacu mata sobat semua agar terus berada di softilmu.blogspot.com ini.baiklah langsung saja ke pkok pembahasan.
Pembahasan Sosiologi

A.Pengertian Sosiologi
Sosiologi berasal dari dua kata yaitu kata socious (bahasa latin) yang artinya teman dan logos (bahasa yunani) yang berarti kata, perkataan atau pembiacaraan.Wah sosiologi ternyata punya darah campuran nih (makin menarik aja). Sedangkan secara harfiah, sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat.

Selanjutnya mungkin sobat ingin tahu apa pendapat para ahli tentang sosiologi ini. Baiklah saya akan menyinggung ke sana juga (tapi cukup 3 pendapat aja ya).

Pertama pendapat Ensiklopedia Ilmu Sosial, sosiologi dapat didefinisikan sebagai studi ilmiah tentang masyarakat dan tentang aspek kehidupan manusia yang diambil dari kehidupan dalam masyarakat.

Kemudian pendapat dari orang yang mengembangkan ilmu ini, ya, Auguste Comte. Menurutnya Sosiologi adalah ilmu yang terutama mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup dengan sesamanya. Kok terlalu singkat ya menurut dia? Mungkin maksudnya begini nih sobat, sosiologi mempelajari segala aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi-asosiasi, lembaga-lembaga, dan peradaban.


Yang terakhir pendapat dari ahli di Indonesia, Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. Mereka mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial dan perubahan sosial.Nah, itulah ketiga pendapat para ahli tentang sosiologi, jika sobat masih bingung jangan ragu untuk menanyakan hal yang meragukan itu di kolom komentar. Pembahasan selanjutnya adalah..

B.Sejarah Lahirnya Sosiologi
Benih-benih akan lahirnya ilmu sosiologi ini muncul pertama kali di Etopia. Hal ini terjadi karena masyarakat muai menyadari adanya perubahan-perubahan dalam perkembangan hidup mereka, khususnya masyarakat Eropa.Pada abad ke-19 banyak peristiwa besar yang terjadi sehingga memicu lahirnya masyarakat yang baru.

Akibat perkembangan pola pikir dari masyarakat tersebut, pada tahu 1839 ilmu sosiologi muncul pertama kali pada keterangan sebuah paragraf dalam pelajaran ke-47 Cours de la Philosophie (kuliah filsafat) karya Auguste Comte. Walaupun pelopornya berasal dari Prancis, namun perkembangan sosiologi tersebar pada berbagai wilayah di eropa, sehingga melahirkan mazhab-mazhab yang menunjukan adanya perkembangan intelektual masyarakat baru tadi. Beberapa mazhab tersebut adalah mazhab Prancis yang ditandai dengan personalitas Emile Duekheim melalui pendekatan yang objektif dengan menggunakan model ilmu pengetahuan alam; mazhab Jerman, yang membedakan antara ilmu pengetahuan alam dengan ilmu pengetahuan kejiwaan, dalam penjelasan, serta cakupannya; mazhab Amerika yang lebih dikenal sebagai Mazhab Chicago bertujuan untuk menginterferensi dan membahas permasalahan yang konkret secara empiris dengan membangun laboratorium, melakukan penelitian, sampai mempublikasikan buku-buku dan majalah. Dari tempat-tempat lahirnya sosiologi (yaitu Prancis, Jerman, dan Amerika) cukup banyak tokoh perintis  yang memulai langkahnya untuk ilmu penggetahuan ini.

C.Objek Studi Sosiologi
Seperti dalam penjelasan saya pada pendahuluan, objek kajian sosiologi adalah hubungan masyarakat dengan lingkungannya, baik antar manusia maupun dengan hal lain di sekitarnya. Secara umum, sosiologi dapat dikategorikan dalam tiga tahapan studi, yaitu sifat dasar dan perkembangan manusia ; interaksi manusia dan hubungannya ; serta penyesuaian secara bersama dengan lingkungan.
Nah, setelah membaca postingan ini secara menyeluruh apah sobat sudah puas mengenai penjelasannya? Jika belum silahkan luapkan ketidakpuasan sobat dalam bentuk kata-kata yang baik dan sopan dalam kotak komentar. Memang artikel ini masih banyak kekurangannya namun inilah usaha saya untuk bisa berbagi dengan sobat semuanya. Jadi jika sobat berbaik hati walaupun untuk menghibur hati saya, terus kunjungi softilmu.blogspot.com. Agar blog ini bisa terus maju.

Pengertian dan Fungsi Mulut


Salam kenal sobat, kali ini yang menulis mengenai pengertian dan penjelasan tentang mulut manusia. Penjelasan tentang mulut ini tidaklah begitu rumit, karena saya yakin sobat sedikit banyak sudah tahu tentang  bentuk, letak,dan fungsi mulut. Mulut ini merupakan tempat dimulainya proses pencernaan makanan, yaitu pada rongga mulut. Proses ini dapat terjadi secara mekanis maupun kimiawi di dalam mulut. Pastinya mulut tidak bekerja sendiri, di dalam rongga mulut terdapat alat-alat yang membantu berlangsungnya kedua proses pencernaan tersebut. Bahkan fungsi alat-alat ini lebih penting daripada fungsi mulut itu sendiri sobat. Alat-alat tersebut ialah Gigi, lidah, dan kelenjar air liur atau kelenjar ludah. Nah, ayo simak penjelasan lebih detail tentang alat-alat tersebut di blog ini.

1.Gigi
Sebelum melanjutkan, ada baiknya jika anda bercermin dan membuka mulut serta melihat gigi-gigi anda untuk sejenak. Jika sudah mari kita lanjutkan. Seperti yang tampak, gigi tersusun dan terletak pada rahang atas dan rahang bawah. Gigi memiliki penampang yang umumnya terdapat

  • Puncak gigi atau mahkota gigi di sana, yaitu bagian yang tampak dari luar.
  • Leher gigi, yaitu bagian yang terlindung di dalam gusi, dan merupkan pembatas antara puncak dan akar gigi.
  • Akar gigi, yaitu bagian gigi yang tertanam di dalam rahang.

Mari melanjutkan ke bagian yang lain, mungkin sobat bisa dapat ilmu yang bermanfaat dari sini. Menuju ke Lapisan Gigi, Lapisan luar gigi paling luar disebut email, bagian ini merupakan lapisan keras pada gigi yang berfungsi untuk melindungi tulang gigi. Artinya sobat, jika bagian ini rusak maka secara logika gigi akan mudah rusak pula. Di dalam email terdapat dentin, yaitu tulang gigi yang berupa jaringan berwarna kuning. Selanjutnya mari simak sedikit menggenai lapisan luar akar gigi yang disebut sementum dan sering kita kenal dengan nama semen gigi. Lalu Bagian dalam gigi yaitu tempatnya rongga gigi (pulpa), rongga pada bagian ini berisi serabut saraf dan pembuluh darah.

Masih ingatkah sobat, kapan gigi sobat pertama kali tumbuh? Saya yakin pasti tidak ada yang ingat, kenapa saya seyakin itu? Karena gigi mulai tumbuh saat kita berumur 6-7 bulan sampai 26 bulan. Gigi pada masa-anak-anak itu disebut gigi sulung atau lebih dikenal sebagai gigi susu. Setelah kita berusia 6 sampai 14 tahun barulah gigi susu ini copot satu persatu dan digantikan dengan gigi tetap. Lalu bagaimana susunan (letak) gigi ini ya? Agar lebih cepat silahkan langsung lihat gambar di bawah.
Susunan Letak Gigi Manusia

Seperti pada gambar,gigi tersusun berderet dan terletak pada rahang atas dan rahang bawah. Semua gigi susu berjumlah 20 buah, yaitu terdiri dari gigi seri yang berjumlah 8=(2*4) buah, gigi taring berjumlah 4=[2*(1+1)] buah, dan gigi geraham depan yang berjumlah 8=[2*(2+2)] buah.

Gigi orang dewasa yang disebut gigi tetap berjumlah 32 buah yang terdiri dari gigi seri yang berjumlah 8=(2*4) buah, gigi taring yang berjumlah 4=[2*(1+1)] buah, gigi geraham depan yang berjumlah 8=[2*(2+2)], dan gigi geraham belakang yang berjumlah 12=[2*(3+3)].

Nah, setelah mengetahui susunan gigi yang kompleks tadi mungkin pengetahuan sobat tentang gigi semakin bertambah. Tapi ada sedikit lagi penjelasan tentang gigi, yaitu mengenai fungsinya yang bermacam-macam.Gigi seri berfungsi sebagai pemotong makanan, gigi taring berfungsi sebagai pengoyak makanan, dan gigi geraham berfungsi sebagai pengunyah makanan.
Artikel Penunjang : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenis Gigi
2.Lidah
Lidah memiliki banyak kegunaan dalam proses pencernaan makanan pada manusia. Selain berguna sebagai pengatur letak makanan dalam mulut dan mendorong makanan ke bagian selanjutnya, lidah juga sebagai alat indra yang berfubgsi sebagai indra pengecap (merasakan makanan).Untuk lebih jelasa bagaimana letak bagian lidah sebagai pengecap silahkan lihat gambar berikut ini.
Letak Rasa Pada idah

3.Ludah (air liur)
Ludah dihasilkan oleh 3 pasang kelenjar ludah, kemudian dialirkan melalui saluran ludah yang bermuara ke rongga mulut. Kelenjar ludah terebut adalah kelenjar ludah parotid (di dekat pelipis), kelenjar ludah rahang bawah dan kelenjar ludah bawah lidah. Tentu sobat pernah melihat ludah kan? Dan apakah sobat tahu kandungan dari ludah tersebut? Jika belum, mari sedikit lagi kita membahasnya. Ini permintaan sobat lho, jadi jangan bosan ya untuk membacanya. Ludah mengandung air, lendir, garam, dan enzim ptialin. Enzim ptialin ini berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula,yaitu maltosa menjadi glukosa.Nah, setelah selesai proses di mulut, makanan akan menuju ke kerongkongan dan diteruskan ke lambung, serta ke alat-alat pencernaan lainnya.

Akhirnya selesai juga bahasan tentang Mulut manusia ini. Jika sobat membacanya dengan seksama, pasti akan menambah pengetahuan sobat mengenai mulut kita ini. Namun bila masih ada hal yang janggal dalam postingan kali ini, silahkan saja sobat tanyakan melalui kolom komentar, Aggar kita bisa mendiskusikannya bersama-sama.Terimakasih.

Pengertian dan Fungsi Lambung


Pada kesempatan ini, saya akan membahas sedikit tentang ventrikulus atau lebih kita kenal dengan nama “lambung” yang merupakan salah satu alat pencernaan makanan pada manusia. Kira-kira dimana ya letak lambung pada manusia? Untuk menjawab pertanyaan itu mari kita bercermin sejenak.  Kemudian coba sobat perhatikan bagian kiri dari rongga perut sobat,tepatnya sebelah kiri di bawah sekat rongga badan. Disitulah letaknya lambung, Lambung ini terbagi lagi menjadi 4 bagian,yaitu:

  • Pada bagian atas ada kardia yang merupakan pintu masuk makanan dari kerongkongan
  • Kemudian di baagian tengah terdapat fundus yang bentuknya membulat Lalu setelah bagian fundus terdapat badan lambung 
  • Dan Pada bagian bawah terdapat pilorus yaitu daerah yang berhubungan dengan usus halus (duodenum).


      Untuk mengetahui bagaimana letak pada bagian-bagian lambung tersebut silahkan sobat lihat gambar di bawah ini.

      Letak bagian-bagian Lambung


      Makanan yang masuk dari mulut, saat sampai di lambung langsung dicerna secara kimiawi (prosesnya berlangsung selama beberapa jam). Terdapat dua klep (sfinger) di kedua ujung lambung yang berfungsi menjaga makanan agar tetap berada di dalam lambung. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang, dan menyerong. Kontraksi dari ketiga gerak otot tersebut menyebabkan terjadinya gerak peristaltik (gerak menggelombang). Lalu apa dong fungsinya otot-otot pada dinding lambung ini? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang tersirat di dalam benak sobat. Baiklah, saya akan menjelaskannya, Otot-otot yang menyusun dinding lambung akan memabantu memecahh makanan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi, lalu saat ketiganya berkontraksi dan terjadi gerak pristaltik, makanan akan diaduk-aduk sehingga bercampur dengan getah lambung yang disekresikan oleh dinding lambung. Nah lho, darimana datangnya getah lambung ini? Tenang aja sobat, getah lambung ini tidak muncul begitu saja, Getah lambung ini dihasilkan oleh jaringan epitel yang menyusun lambung, dan sifat getah ini sangat asam (pH = 2). Getah lambung terdiri dari :
      Air
      Asam Lambung yang berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.
      Enzim Pepsin yang berfungsi menghidrolisis protein menjadi molekul-molekul peptida.
      Enzim Renin yang berfungsi mengubah keseinogen menjadi kasein.
      Enzim Lipase yang berfungsi mengubah trigliserida menjadi asam lemak dan protein.
      Artikel Penunjang : Pengertian, Sifat, Fungsi dan Macam Macam Enzim

        Masih penasaran kah sobat apa dampak dari kerja enzim-enzim tersebut? Atau bagaimana cara bagian-bagian lambung ini bekerja, dan berapa lama mereka bekerja? Jika rasa penasaran itu benar adanya, maka silahkan terus baca postingan ini, tingga sedikit lagi kok J.

        Makanan yang datang tadi akan berubah menajdi bubur di dalam lambung, jangan bingung sobat, ini terjadi karena hasil dari kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung, makanan yang telah menjadi bubur ini disebut Chyme (kim). Sekarang yang berperan untuk melanjutkan proses pencernaan itu adalah bagian pilorus yang mengatur pengeluaran kim sedikit demi sedikit ke dalam duodenum. Caranya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuh kim yang bersifat asam. Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke doudenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentuh kim. Dengan cara ini makanan melewati pilorus segumpal demi segumpal meuju ke duodenum sehingga makan dapat tercerna secara efektif. Setelah sampai 2 sampai 5 jam, lambung kembali kosong, dan memulai prosesnya kembali saat kita juga mengisi perut kembali (makan maksudnya).
                 
        Nah bagi sobat yang lapar gara-gara membaca postingan ini, silahkan makan dulu agar lambung kalian ikut bekerja. Sehingga kalian masih betah baca postingan di softilmu.blogspot.com ini, walaupun masih banyak kekurangan di blog ini sih. Tapi apa salahnya untuk sekedar membaca agar ilmu pengetahuan kita bertambah, mungkin disinlah kalian menemukan pengetahuan yang berguna. Jika ada pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan postingan kali ini silahkan isikan di kolom komentar, agar kita bisa diskusi di sini.

        Pengertian dan Manfaat Biologi

        “Biologi” pasti sobat sudah tidak asing dengan kata tersebut. Ya, biologi merupakan ilmu yang sangat penting di bumi ini. Biologi adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tetang kehidupan di dunia dari segala aspek, baik itu tentang makhluk hidup, lingkungan, maupun interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Oleh karena itu, tidak jarang ditemukan berbagai hal luar biasa yang disebut keajaiban saat mempelajari ilmu ini. Pembelajaran dari ilmu biologi yang diterapkan di dunia saat ini merupakan hasil penilitian dari para ilmuan, dan hasil ini dapat dibuktikan serta tidak melenceng dari faktanya. Saat ini perkembangan biologi yang didukung oleh kemajuan teknologi telah melahirkan banyak cabang ilmu pengetahuan lainnya. Tahuukah sobat apa penyebabnya? Jika tidak, langsung saja baca yang di bawah ini.
        Perkembangan ilmu biologi dari masa ke masa semakin luas, namun itu tidak terlepas dari pengaruh ilmu lainnya. Mengapa? Karena ilmu biologi juga berkaitan dengan ilmu lain, seperti fisika,kimia, dan lainnya. Nah perpaduan ini merupakan salah satu aspek yang memicu lahirnya cabang ilmu baru, karena lahirnya penelitian-penelitian yang baru.Nah, apakah penjelasan tentang biologi di atas belum cukup buat sobat? Mungkin terlalu singkat kali ya? Agar sobat terus berada di sini lama-lama. Saya akan membahas mengenai beberapa hal lebih detai tentang biologi, yaitu tentang karakteristik ilmu biologi,keterkaitan biologi dengan ilmu lainnya, Cabang biologi, serta manfaat dan bahaya biologi. Langsung saja ya.
        Artikel Penunjang : Teori Asal Usul Kehidupan 
        A.Karakteristik Ilmu biologi
        Kata Biologi berasal dari bahasa yunani, yaitu bio yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu pengetahuan.Sehingga kita dapat mengartikan bahwa biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengkaji tentang kehidupan.Objek kajian biologi berupa benda-benda yang dapat ditangkap oleh alat indra manusia dan oleh alat bantu (contohnya mikroskop).


        Artikel Terkait : Pengertian, Fungsidan Bagian Mikroskop

        B.Keterkaitan Biologi dengan Ilmu Lain
        Seperti dalam penjelasan di atas, biologi bukanlah ilmu yang berdiri sendiri, karena biologi juga merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Layaknya manusia yang saling membantu agar tetap hidup, ilmu biologi dan ilmu lainnya dapat saling menolong agar menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan.

        Bukti nyata dari hal ini adalah mikroskop yang menjadi jiwa dari biologi ditemukan berdasarkan prinsip fisika(cabang ilmu biologi lainnya).Nah, oleh karena itu kita tidak dapat menolak lagi bahwa biologi bukanlah ilmu yang dapat berdiri sendiri.
        Artikel Penunjang : Cabang – Cabang Ilmu Biologi
        C.Cabang Biologi

        Pernyataan pada pendahuluan tadi akan di buktikan pada point ini.Biologi yang berkembang sesuai ilmu teknologi, menghasilkan ribuan penumuan dalam proses penelitiannya. Dengan bantuan teknologi ruang lingkup biologi menjadi semakin luas dan melahirkan banyak cabang untuk memudahkan kita membedakan objek kajian biologi.Beberapa cabag biologi tersebut adalah

        ·         Morfologi     :Bentuk luar tubuh makhluk hidup
        ·         Anatomi       :Bagian dalam tubuh makhluk hidup
        ·         Histologi       :Jaringan
        ·         Genetika      :Pewarisan Sifat
        ·         Organologi   :Organ
        ·         Sitologi        :Sel
        ·         Embriologi    :Embrio
        ·         Botani          :Tumbuhan
        ·         Zoologi         :Hewan
        ·         Bakteriologi  :Bakteri
        ·         Mikologi       :Jamur

        Dan masih banyak lagi cabang ilmu biologio lain.

        D.Manfaat dan Bahaya Biologi
        Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi jika dipadukan dengan ilmu biologi akan memberikan sangat banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Jika demikian Kenapa Masih Banyak kerugian dari kemajuan bioteknologi ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak penjelasan di bawah ini.

        Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, oleh karena itu tindakan yang dilakukan juga berbeda pula. Ada manusia yang bertindak dan menghasilkan manfaat, namun ada pula manusia yang bertindak hanya untuk kepentingan dirinya sendiri saja, tanpa memikirkan dampaknya terhadap makhluk hidup lainnya. Hal ini didorong karena adanya sifat keserakahan. Pada intinya sifat manusia dapat berpengaruh pada kelestarian alam, jadi dapat kita simpulkan bahwa  “Ilmu biologi akan bermanfaat atau malah menjadi bahaya itu tergantung kepada pribadi yang menggunakannya.”

        Demikianlah postingan saya kali ini tentang ilmu bilogi, saya rasa masih ada banyak kekurangan dalam artikel ini. Karenanya jika sobat merasa bahwa ada hal yang berbeda dengan kenyataan dalam postingan saya kali ini silahkan tanggapi melalui kolom komentar.Atau kalau masih ada hal yang menjanggal di pikirang sobat silahkan saja ditanyakan. Agar kita mendapatkan ilmu baru yang akan menjadikan kita pribadi yang lebih bermanfaat bagi orang lain.

        Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia

        Postingan kali ini akan membahas mengenai Sistem pencernaan pada hewan Ruminansia.Hewan ruminansia atau yang biasa kita kenal dengan hewan pemamah biak adalah hewan yang berada pada satu kelompok yang sama dengan manusia dalam kelas mamalia. Namun sobat sekalian jangan berpikir bahwa mereka memiliki sistem pencernaan yang sejenis dengan  manusia. Pada hakikatnya, kita (manusia) dan hewan ruminansia (contohnya sapi) memiliki sistem pencernaan yang berbeda walaupun berada dalam kelas yang sama. Mengapa demikian? Mungkin karena kedua kelompok makhluk hidup tersebut memiliki banyak perbedaan. Nah, tentunya sobat pernah mengamati keduanya kan? Dan sudah kah sobat mengerti tentang perbedaan yang ada tersebut?    Ya, perbedaan tersebut terlihat sangat jelas baik melalui fisik maupun sikap dan pola tingkah laku mereka. Contoh nya kita dapat membedakan antara gigi sapi dan manusia, memang fungsinya tetap sama yaitu untuk menghancurkan makanan tapi dari segi bentuk letak maupun makanan yang diolah tidaklah sama antara keduanya. Jika sobat sudah mulai bosan dengan pengenalan yang terlalu panjang, mari langsung saja kita bergerak menuju inti permasalahan.

        Saluran Pencernaan pada hewan pemamah biak terdiri dari mulut , kerongkongan, perut besar (rumen), perut jala (retikulum), perut kitab (omasum), perut masam (abomasum), usus halus, usus besar,rektum, dan anus.Letaknya dapat sobat lihat pada gambar berikut ini.

        Alat Pencernaan Hewan Ruminansia

        Setelah kita mengetahui alat-alat pencernaannya maka perbedaan antara manusia dan si dia semakin tampak jelas. Iya kan? Nah sebelum menuju proses Sistem Pencernaannya, saya akan berbagi sedikit tentang struktur gigi jenis hewan ini karena sudah saya singgung sedikit diatas (contohnya gigi sapi). Gigi seri berbentuk seperti kapak, terletak di sebelah depan, dan berfungsi untuk memotong makanan. Diatara gigi seri dan gigi geraham terletak ruang kosong yang disebut (diastema). Gigi gerahamnya terdiri dari bagiann gigi geraham depan (premolar) dan geraham belakang (molar). Gigi gerahamnya besar dan kuat karena memliki fungsi untuk mengunyah makanan.Letak gigi tersebut seperti pada gambar berikut.
        Susunan Gigi Ruminansia

        Selanjutnya akan saya bahas sedikit tentang proses pencernaan makanannya. Saat hewan ini memakan makanan, didalam mulutnya langsung terjadi proses pembelitan makanan oleh lidah (layaknya ular membelit mangsa), kemudian makanan direnggut oleh gigi seri yang berbentuk seperti kapak tadi untuk dipotong-potong, lalu setelah makan dihancurkan oleh gigi geraham dan sudah bercampur dengan air liur. Proses berlajut masuk ke kerongkongan menuju kek dalam perut besar (rumen). Disini makanan disimpan sementara.

        Lalu makanan yang masuk ke perut jala dari rumen tersebut di proses secara kimiawi sehingga menjadi gumpalan-gumpalan kecil. Nah setelah ini terjadi proses yang menarik lho sobat, simak baik-baik ya. Gumpalan-gumpalan kecil tadi dikeluarkan kembali ke mulut untuk dimamah ulang oleh geraham. Makanan yang telah dimamah kemudian ditelan lagi dan masuk ke perut kitab (omasum) untuk melalui proses penggilingan. Proses penggilingan ini berlangsung ketika jenis hewan ini sedang beristirahat.

        Kemudian, makanan menuju ke perut masam (abomasum). Perut masam ini merupakan lambung yang sebenarnya, karena terjadi proses pencernaan kimiawi oleh enzim-enzim di dalamnya. Enzim tersebut dihasilkan oleh bakteri dan ciliata yang bersimbiosis dengan hewan pemamah biak. Umumnya mikroorganisme tersebut menghasilkan enzim selulase yang berfungsi untuk menghancurkan selulosa.

        Artikel Penunjang : Pengertian, Ciri,dan Klasifikasi Mamalia
        Proses terakhir adalah ketika sari-sari makanan yang telah melalui berbagai proses yang melelahkan tadi masuk ke bagiaan usus halus dan diserap untuk diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah . Sisa makanan keluar melalui anus. Bakteri dan ciliata yang nyangkut pada sisa makanan akan ikut keluar bersama sisa makanan. Tapi mereka tetap memiliki peran diluar sana, mereka akan sangat berguna ketika kotoran ini dimanfaatkan untuk menghasilkan biogas.
        Nah itulah postingan saya tentang sistem pencernaan pada hewan ruminansia, mungkin masih banyak sekali kekurangannya, namun saya akan sangat senang apabila ini semua memberikan manfaat bagi sobat sekalian. Jika masih ada hal yang ganjil dalam pikiran maupun perasaan sobat silahkan isikan di kolom komentar di bawah ini (jangan ragu apalagi malu), karena ini semua untuk tujuan yang baik yaitu agar kita bisa mendiskusikannya dan menambah pengetahuan untuk kepntingan bersama.Terimakasih.


        close
        Pasang iklan disini