Pengertian Unsur Kimia


  
Unsur merupakan suatu zat yang hanya mengandung satu jenis atom. Variasi yang luar biasa disekeliling kita tersusun dari substansi-substansi yang juga bisa disebut dengan unsur. Singkatnya Unsur merupakan bahan murni yang tidak dapat dipecah menjadi lebih sederhana lagi. Unsur harus berkombinasi dahulu baru bisa membentuk senyawa, Kebanyakan unsur membentuk kombinasi dua, tiga, atau lebih, untuk membentuk senyawa. Karena pengetahuan tentang unsur ini menarik perhatian saya, saya mencoba untuk membaginya dengan sobat semua dalam postingan ini. Dua hal utama yang akan saya bahas adalah tentang Asal mula unsur dan Pengelompokkannya. Jika ingin terlibat lebih dalam mari dibaca dengan seksama.


A.Asal Mula Unsur
          Sampai saat ini, sudah ditemukan sekitar 115 unsur di bumi ini. Nah kira-kira darimana ya unsur-unsur itu berasal? Menurut sumber yang saya baca sih dikatakan
Seluruh unsur di Bumi terbentuk dari jantung bintang yang meledak.
Jagat raya yang pertama pertama terbentuk hanya terdiri dari dua unsur, yaitu helium dan hidrogen yang membentuk bintang, pada inti bintang-bintang ini, hidrogen dan helium bersama-sama membentuk unsur baru yang lebih berat, bahkan unsur yang lebih berat dihasilkan dalam ledakan bintang besar yang disebut supernova.
Nah, kira-kira begitulahlah asal mula unsur sobat.

B.Pengelompokkan Unsur
          Berdasarkan penemuannya, unsur dikelompokkan kedalam 2 kelompok, yaitu Unsur Alami yang merupakan unsur murni, dan Unsur Buatan yang dibuat di dalam laboratorium dan biasanya berusia pendek
1.Unsur Alami
Seperti pada penjelasan sebelumnya, sampai saat ini sudah ditemukan 115 unsur, 90 dari itu merupakan unsur alami. Setiap substansi di bumi tersusun dari satu atau lebih dari 90 unsur ini. Oksigen merupakan unsur yang paling umum di bumi, dan juga manfaatnya yang paling kita ketahui adalah unsur bagi kehidupan manusia (bernafas). Sedangkan Hidrogen merupakan unsur yang paling banyak di jagat raya.

2.Unsur Buatan
Secara alami, tidak ada unsur yang lebih bberat daripaada uranium, namun para peneliti mampu menciptakan unsur baru yang lebih berat,caranya dengan menggabungkan dua unsur yang lebih kecil bersama-sama dalam kecepatan tinggi, tapi kebanyakan dari unsur baru itu tidak bertahan lama dan cepat pecah. Peneliti berusaha agar unsur baru itu bertahan lama, dengan cara membuat unsur-unsur itu mempelajari pembentukkannya dan bagaimana perubahannya ketika menjadi lebih berat.

Selain Pengelompokkan di atas, Unsur juga dikelompokkan berdasarkan sistem periodik unsur oleh ilmuan, agar lebih mudah dibedakan menurut sifatnya.Beerikut adalah pengelompokkannya yang terbagi menjadi unsur logam, nonlogam, dan semi logam.

1.Unsur-unsur Logam
Sebagian besar dari unsur yang telah ditemukan merupakan unsur logam, kira-kira sekitar tiga per empat dari keseluruhan unsur. Kebanyakan unru logam memiliki kerapatan yang tinggi, dan juga mengkilap. Unsur-unsur ini mempunyai banyak kegunaan, karena unsur tersebut kuat, walaupun kuat unsur ini tetap mudah untuk dibentuk. Selain itu, logam juga merupakan penghantar panas dan listrik yang baik. Logam-logam biasanya ditemukan tercampur dengan unsur-unsur lain di kerak bumi. Jika sobat ingin tahu lebih dalam tentang apa saja unsur logam dan apa kegunaanya silahkan masuk kepostingan Kegunaan Unsur-unsur Logam, disana saya menyajikan pengetahuan tentang kegunaan unsur logam di bumi ini.

2.Unsur-unsur Nonlogam
Terdapat sekitar 16 unsur nonlogam yang terbentuk secara alami. Semuanya (kecuali grafit) merupakan penghantar panas dan listrik yang buruk, sifat yang dimilikinya ini bertolak belakang dengan unsur-unsur logam. Pada suhu kamar, empat unsurnya (fosfor, karbon, sulfur, dan iodin) berupa padatan, sebelas lainnya berupa gas.

3.Unsur-unsur Semilogam
Unsur-unsur semilogam ini disebut juga metaloid, bisa bertindak sebagai penghantar yang buruk (seperti nonlogam), namun juga dapat dibuat supaya menjdai penghantar yang baik (seperti logam). Karena sifatnya itu, unsur-unsur semilogam disebut semikonduktor. Ada sembilan unsur semilogam, dan semuanya berupa padatan pada suhu kamar.

Demikianlah pembahasan saya kali ini yang bertemakan “Unsur”, walau masih banyak kekurangannya, mudah-mudahan setelah membaca itu, pengetahuan sobat bertambah meskipun hanya sedikit, terimakasih sobat sudah mau mampir di sini, jika bersedia silahkan diisi tuh kotak komentarnya, supaya kita bisa salaing berbagi informaasi tentang postingan kali ini.Kunjugi terus Softilmu.blogspot.com.

Pengertian dan Sifat Senyawa Kimia

Tahukah sobat kalau di bumi kita ini terdapat senyawa kimia yang tak terhitung jumlahnya? Jika tidak, mari simak penjelasan tentang senyawa kimia pada postingan kali ini. Sebenarnya ada sangat banyak senyawa kimia di sekitar kita, bahkan tubuh makhluk hidup sendiri tersusun atas senyawa-senyawa yang disebut senyawa organik . Nah, pada postingan kali ini saya akan sedikit memperjelas tentang Senyawa yang belum diketahui banyak orang (ssstt rahasia ne), beberapa hal tersebut ialah tentang Rumus Kimia, Kelompok Senyawa, Sifat-sifat senyawa, Senyawa Organik, dan Contoh senyawa dalam kehidupan.Baiklah langsung saja ke topik pertama ya.
Artikel Penunjang : Tata Nama Senyawa Sederhana
A.Rumus Kimia
Sebelum memulai pembahasan singkat ini, perlu sobat ketahui bahwa senyawa mengandung atom-atom dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia untuk membentuk zat baru yang berbeda. Unsur-unsur pembentuk senyawa dengan perbandingan yang sama inilah yang disebut sebagai rumus kimia, Artinya rumus kimia ini adalah cara untuk menunjukkan perbandingan unsur-unsur di dalam senyawa.Sebagai contoh, rumus kimia untuk air adalah H2O karena setiap dua atom hidrogen terikat dengan satu atom oksigen. Jadi intinya:

Rumus kimia adalah salah satu cara untuk mendeskripsikan susunan usnsur yang membentuk senyawa.(udah di jelasin panjang2 ternyata Cuma segitu initinya hehehe).
Senyawa

B.Kelompok Senyawa
Menurut sobat bagaimana sih cara membedakan senyawa-senyawa yang jumlahnya sangat banyak ini? Kalau bagi saya tentu membedakan dan memisahkan mereka berdasarkan ciri-ciri atau persamaan tertentu, sehingga terbagi menjadi beberapa kelompok yang lebih mudah untuk di bedakan. Tentunya ini sudah dilakukan oleh para ahli, bahkan sebelum kita berhasil menemukan jawabannya, dan pengelompokkan senyawa yang telah disusun adalah pengelompokkan berdasarkan sifat kimianya, yaitu kelompok asam dan basa, ada juga yang berdaasarkan atom-atom yang dikandungnya.
Layaknya manusia setiap individu senyawa yang dikelompokkan berdasarkan uraian di atas juga mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, namun tidak jarang sifat ini juga membawa bahaya bagi kita(manusia).Senyawa mempunyai dua sifat utama:
1.Tidak dapat dipisahkan secara fisika.
2.Mempunyai sifat-sifat yang berbeda dari unsur pembentuknya

Masih susah untuk memahaminya ya? Kalau gitu yuk pelajari contoh-contoh berikut, siapa tau dengan memahami contohnya membuat kita mengerti tentang sifat-sifat senyaawa tersebut sehingga kita dapat memanfaatkan pengetahuan ini.
Natrium klorida (garam dapur) adalah suatu senyawa yang terdiri atas klorin (suatu gas beracun) dan natrium (logam yang sangat reaktif).Ketika bergabung menjadi satu, keduanya kehilangaan sifat berbahaya tersebut sehingga menjadi sesuatu yang berguna.

Besi dan Sulfur yang dipanaskan menjadi satu, sehingga membentuk senyawa (besi sulfida) yang juga mempunyai sifat berbeda dengan unsur-unsur aslinya. Tidak seperti besi, besi sulfida tidak bisa ditarik oleh magnet dan tidak juga seperti tepung sulfur. Juga perlu diketahui bahwa ketika keduanya bereaksi, maka besi dan sulfur tidak dapat dipisahkan lagi.

D.Senyawa Organik
Seperti yang saya singgung pada pendahuluan semua makhluk hidup tersusun atas senyawa. Nah, senyawa tersebut adalah senyawa organik yaitu senyawa yang mengandung unsur karbon. Senyawa organik ini terdiri dari atom karbon yang terikatt pada unsur-unsur lain,seperti hidrogen dan oksigen. Atom-atom tersebut disatukan oleh ikatan-ikatan kovalen yang kuat. Mungkin penjalasan tentang senyawa organik ini terlalu singkat bagi sobat, jika sobat ingin mengetahui lebih mendetail mengenai senyawa organik ini silahkan baca postingan saya mengenai Pengertian dan Penjelasan Kimia Organik.
Cukup sampai sini dulu yang postingan kali ini sobat, terimakasih karena telah bersedia meluangkan waktu sobat untuk mampir di blog yang sederhana ini, jangan bosan untuk terus berkunjung. Mungkin masih banyak kekurangan dalam postingan ini oleh karena itu saya berharap sobat semua sudi mengeluarkan pendapat sobat tentang postingan ini lewat kotak komentar. Tuh ada di bawah kotak komentarnya (tunggu apalagi), kalo ga mau juga ga apa2 sih. Sekali lagi saya ucapkan Terimakasih telah berkunjung ke softilmu.blogspot.com.

Pengertian Molekul Kimia



Molekul merupakan pengetahuan yang terikat dengan atom. Hubungan molekul dan atom sangat erat. Bahkan setiap ada molekul pasti akan ada atom. Mengapa demikian? Begini sobat, atom-atom sangat jarang ditemukan berdiri sendiri, karena biasanya atom-atom tersebut melekat, atau saling mengikat, satu sama lain. Nah, pengertian dari molekul itu sendiri adalah sekelompok atom yang terikat satu sama lain dan membentuk bagian terkecil dari suatu zat atau senyawa yang biasanya bberdiri sendiri. Sama seperti atom, molekul masih terlalu kecil untuk bisa kita lihat dengan mata telanjang. Pada postingan kali ini saya akan mengangkat tema tentang molekul ini sobat, beberapa hal yang akan saya bahas adalah tentang kulit dan ikatan, molekul air, rumus-rumus kimia, dan model-model molekul.Baiklah langsung saja ke topiknya.

Molekul
A.Kulit dan Ikatan
Atom memiliki kulit yang diisi dengan elektron-elektron. Kulit pertama atom dapat diisi dengan dua elektron, kulit kedua, dan ketiga dapat diiisi dengan delapan elektron, meskipun beberapa atom dapat memiliki sampai 18 elektron pada kulit ketiganya. Ketika sebuah kulit sudah penuh, elektron-elektron akan memulai kulit baru, sebuah atom disebut stabil apabila isi kulit terluarnya sudah penuh
Artikel Penunjang : Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi
Atom-atom saling berikatan agar menjadi stabil, atom-atom tersebut melakukannya dengan cara berbagi elektron bisa disebut dengan memberi atau mengambil elektron-elektron dari atom lain, sehingga isi elektron di kulit terluar mereka bisa penuh, dan mereka memenuhi syarat untuk stabil.Contohnya dua atom hidrogen yang berikatan akan membuat elektron di kulit terluar mereka terisi penuh, yaitu masing-masing memiliki 2 eletron di kulit yang pertama.Lihat gambar di bawah:

Artikel Penunjang : Pengertian dan Jenis – Jenis Ikatan Kimia
Molekul H2

Contoh lainnya adalah molekul air, yang terdiri dari dua buah atom yang berbeda, yaitu hidrogen dan oksigen. Dua atom hidrogen berbagi elektron dengan atom oksigen, jadi masing-masing kulit memiliki elektron yang lengkap. Atom oksigen menggunakan dua elektron (satu dari masing-masing atom hidrogen) untuk melengkapi kulit terluarnya sendiri. Sehingga semua atom menjadi stabil. Jika sobat masih belum mengerti, saya akan berusaha menjelaskannya lebih mendetail.Seperti Tampak pada Gambar di bawah ini:
Molekul H2O

Atom oksigen memiliki enam elektron di kulit terluarnya. Sehingga atom oksigen itu membutuhkan dua elektron lagi untuk melengkapi kulit terluarnya tersebut dan menjadi stabil. Sedangkan masing-masing atom hidrogen memiliki satu elektron pada kulit luarnya, sehingga membutuhkan satu lagi agar keduanya menjadi stabil. Pada saat mereka berikatan atom hidrogen dan oksigen saling memberi juga saling mengambil, sehingga semuanya menjadi stabil dan kulit terluarnya memiliki elektron yang lengkap.

B.Rumus-Rumus Kimia
Sebuah simbol dapat mewakili nama dari sebuah atom, simbol ini disebut simbol kimia.Ini biasanya huruf pertama atau dua huruf pertama dari namannya dalam bahasa Inggris, Latin, atau Arab.Contoh
O      merupakan simbol untuk oksigen
Au      merupakan simbol untuk emas dari kata latin aurum
Fe      merupakan simbol untuk besi, dari kata latin ferrum
K        merupakan simbol untuk kalium, dari kata Arab

          Sebuah rumus kimia menunjukkan apa saja yang menyusun suatu zat dan proporsinya. Sebagai contoh, setiap molekul karbondioksida terdiri atas satu atom karbon dan dua atom oksigen, jadi rumus untuk karbon dioksida adalah CO2 . Angka 2 menunjukan berapa jumlah atom oksigen dalam molekul tersebut.

C.Model-Model Molekul
Ketika mempelajari tentang molekul, para ilmuan menggunakan model untuk penyajiannya. Ada dua tipe utama yaitu tipe bola dan batang juga model pengisian ruang.

Pada model bola dan batang, ikatan yang menyatukan atom-atom ditampilkan sebagai batang batang.Tampak seperti pada gambar:
Model Bola dan Batang

Sedangkan pada model pengisian ruang, atom-atom ditampilkan saling melekat.
Model Pengisian Ruang


Kedua model tersebut tidak menyerupai sebuah molekul sesungguhnya, tetapi merupakan cara sederhana untuk menggambarkan atom-atom yang menyusun molekul.

Demikianlah sajian saya yang bertemakan molekul, dengan pemahaman yang seadanya saya berusaha berbagi kepada sobat sekalian, walaupun masih banyak kekurangannya pasti ada manfaat yang dapat membuat ilmu pengetahuan kita semakin bertambah. Apabil sobat memiliki unek-unek tentang postingan kali ini, silahkan isikan kotak komentar, biar makin rame. Terimakasih telah berkunjung ke softilmu.blogspot.com yang merupakan blog sederhana tentang pengetahuan.

Jenis dan Fungsi Logam

Logam adalah unsur yang jumlahnya paling banyak di bumi ini. Jenis-jenis logam logam memiliki sifat dan kegunaanya masing-masing. Sampai saat ini, terdapat 65 logam yang terbentuk secara alami di bumi, namun hanya sedikit yang bisa dimanfaatkan dengan cara yang benar. Logam-logam yang dapat dimanfaatkan ini hanya mencapai 20 buah, baik yang berdiri sendiri maupun sebagai bagian dari aloi( campuran dari dua buah logam atau lebih dan zat lainnya). Aloi ini dibuat untuk membuat logam yang memiliki sifat berbeda dari sebelumnya, agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Jika sobat semakin penasaran dengan macam-macam logam dan kegunaanya, mari simak yang satu ini, yang akan membahas tentang ke-20 logam yang dapat dimanfaatkan tadi dan ditambah dengan 5 jenis aloi yang paling sering kita jumpai.

Jenis Logam dan Kegunaanya

1.Alumunium
Alumunium adalah logam dengan warna putih keperak-perakan yang memiliki sifat sangat ringan dan tahan terhadap korosi(karat). Logam ini berasal dari bijihnya, bauksit, dengan proses elektrolisis. Alumunium digunakan dalam kabel-kabel listrik lintas udara, pesawat terbang, kapal, mobil, kaleg minuman, dan foil dapur (pembungkus makanan).

2.Baja
Baja merupakan salah satu aloi yang sangat sering kita dengar dan kita jumpai namanya. Baja memiliki perang yang sangat penting dalam kehidupan manusia, kenapa demikian? Karena Baja merupakan aloi besi dan karbon yang merupakan satu dari sedikit bahan terpenting dalam industri, seperti yang kita ketahui, bisang industri ini mempengaruhi dunia secara global. Baja memiliki sifat tahan karat, dan kegunaanya yang sangat penting adalah untuk bidang industri ruang angkasa.

3.Besi
Besi merupakan logam yang memiliki warna abu-abu keputih-putihan. Logam ini dihasilkan terutama dari peleburan biji hematit dalam tanur sembur. Kegunaanya adalah diapakai untuk bangunan dan bidang teknik, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat aloi baja.

4.Emas
Tentu sobat semua sudah tidak asing lagi dengan logam yang satu ini. Unsur logam emas memiliki sifat yang lunak, dan memiliki warna kuning terang yang digunakan untuk perhiasan dan alat-alat elektronik. Tentunya emas tidak mudah didapat di pasaran, karena memiliki harga yang sangat tinggi dan terus meningkat.

5.Kalium
Kalium adalah logam ringan dengan warna keperakan, juga memiliki sifat sangat reaktif. Senyawa-senyawa kalium digunakan dalam pupuk kimia dan untuk pembuatan kaca.

6.Kalsium
Logam ini memiliki putih keperak-perakan, sifatnya yang mudah dibentuk sesuai dengan tempat ditemukannya, yaitu di dalam batu kapur dan kapur. Dalam makhluk hidup juga terdapat logam yang satu ini, salah satunya di tulang gigi hewan. Pemanfaatan logam ini biasanya untuk membuat semen dan baja kualitas tinggi.

7.Kuningan
Kuningan merupakan sebuah aloi yang terbuat dari tembaga dan seng. Pemanfaatanya sangat banyak terjadi di bumi ini, yaitu untuk, barang-barang hiasan, sekrup, alat-alat musik, dan paku-paku kecil.

8.Kupronikel
Merupakan aloi yang terbuat dari tembaga dan nikel yang digunakan untuk membuat uang logam berwarna perak.

9.Kromium
Kromium adalah logam yang memiliki warna abu-abu, dan mempunyai sifat yang keras. Sering digunakan untuk membuat baja tahan karat dan melapisi logam-logam lain untuk melindunginya dan memberi penampikan mengkilap yang memantul.

10.Magnesium
Logam yang rigan berwarna perak keputih-putihan yang bila terbakar menghasilkan nyala api putih terang, logam ini digunakan dalam suar penyelamatan dan kembang api dalam aloi-aloi ringan.

11.Natrium
Natrium merupakan sebuah logam yang sangat reaktif. Memiliki sifat lunak dan berwarna putih keperakan logam ini terdapat dalam garam dapur dan digunakan untuk lampu jalanan dan dalam industri kimia.

12.Perak
Perak adalah suatu logam yang mudah dibentuk, berwarna putih abu-abu yang merupakan konduktor panas dan listrik yang sangat baik. Logam ini digunakan untuk membuat perhiasan, peralatan perak ,dan film fotografi.

13.Perunggu
Merupakan sebuah aloi dari tembaga dan timah yang dikenal sejak jaman kuno. Aloi ini memilii sifat tahan korosi dan mudah dibentuk. Dibanyak negara perunggu dimanfaatkan untuk membuat uang logam yang bernilai rendah.

14.Platina
Logam berwarna putih keperakan, yang mudah dibentuk, digunakan untuk membuat perhiasan, barang elektronik, dan sebagai katalisator.

15.Plutonium
Logam radioaktif yang dihasilkan dengan cara membombardir uranium dalam reaktor nuklir dan digunakan dalam senjata nuklir.

16.Raksa
Raksa merupakan logam berbentuk cairan yang berat. Logam cair ini memiliki warna putih keperakan , dan juga beracun. Digunakan dalam termometer, tapal gigi dan digunakan dalam beberapa bahan peledak.

17.Seng
Suatu logam putih kebiruan yang diambil dari mineral seng blende (sfarelit). Logam ini digunakan untuk melapisi besi agar tidak berkarat (disebut galvanisasi). Logam ini juga digunakan di baterai-baterai listrik tertentu dan dalam aloi-aloi seperti kuningan.

18.Solder
Suat aloi dari timah dan timbal yang memiliki titik lebur yang rendah dan digunakan untuk menyambungkan kabel-kabel dalam barang-barang elektronik.

19.Tembaga
Logam yang mudah dibentuk, berwarna kemerah-merahan yang digunakan untuk emmbuat kabel listrik, tangki air panas, dan aloi kuningan, perunggu, dan kupronikel.

20.Timah
Suatu logam yang lunak, mudah dibentuk, berwarna putih keperakan. Logam ini digunakan untuk menyepuh baja, guna menghentikan korosi dan dalam aloi perunggu, pewter (logam campuran timah dan timbal), dan solder.

21.Timbal
Logam berat berwarna biru keputih-putihan ,mudah dibentuk dan beracaun, diambil dari mineral galena dan digunakan dalam baterai, atap, dan perisai radiasi dari sinar X.

22.Titanium
Suatu logam yang kuat, berwarna putih, dan mudah dibentuk. Logam ini sangat tahan terhadap korosi dan digunakan untuk aloi-aloi dalam pesawat luar angkasa, pesawat terbang, dan kerangka sepeda.

23.Uranium
Suattu logam putih keperakan, radioaktif yang digunakan sebagai sumber tenaga nuklir dan juga senjata nuklir.

24.Vanadium
Suatu logam yang keras, putih beracun, yang digunakan untuk meningkatkan kekerasan aloi-aloi baja. Sebuah senyawa vanadium digunakan sebagai katalisator untuk pembuatan asam sulfat.

25.Wolfram
Suatu logam yang keras, berwarna abu-abu keputihan. Logam ini digunakan dalam filamen lampu, dalam barang-barang elektronik, dan dalam  aloi-aloi baja untuk membuat alat-alat pemotong bertepi tajam.

Nah, itulah postingan kali ini yang mengkaji tentang macam-macam Logam dankegunaanya, jika ada yang mau sobat tanyakan tentang postingan kali ini, silahkan lewat kotak komentar. Gratis kok hehehe.Terimakasih telah berkunjung ke softilmu.blogspot.com. Terus maju untuk pengetahuan bersama blog sederhana ini. 


Pengertian Korosi

Korosi merupakan salah satu masalah yang akan kita jumpai saat memanfaatkan unsur logam.Korosi memiliki efek yang cukup signifikan untuk membuat logam menjadi tidak berguna. Korosi adalah salah satu reaksi ketika logam mengalami kontak dengan oksigen. Ketika terjadi korosi,logam tersebut bereaksi dengan oksigen dan membentuk senyawa yang disebut oksida pada permukaan logam. Logam tersebut menjadi kusam dalam arti logam ini kehilangan sifat kilaunya. Logam-logam dan kegunaannya yang memiliki tingkat kereaktifitas yang tinggi akan lebih cepat terkorosi daripada logam-logam yang kurang reaktif. Untuk mencegah terjadinya korosi masih ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Contohnya besi (yang digunakan untuk membuat aloi baja) mudah terkorosi, teteapi kuat dan cukup mudah dibentuk menjadi berbeagai macam bentuk. Besi cocok untuk membangun struktur-struktur yang sangat besar,tetapi harus dapat dilindungi dari korosi, naah cara melindunginya adalah dengan dicat.Mengapa demikian?

Korosi
Besi yang dijadikan jembatan dilindungi dari korosi dengan cara dicat dengan asam fosfat. Asam tersebut akan membentuk ikatan dengan unsur logam besi dan membentuk lapisan pelindung untuk mencegah pengaratan pada bagian besi dibawahnya. Kemudian jembatan ini akan dilindungi lebih lanjut oleh lapisan cat.
Agar kita lebih mengetahui apa dampak dari terjadinya korosi pada unsur logam ini mari simak penjelasan berikut.

A.Efek Korosi
Ketika suatu logam terkorosi, permukaanya menjadi tertutup lapisan oksida. Pada beberapa logam, seperti alumunium, lapisan ini melekat pada logam dan melindunginya dari korosi lebih lanjut. Pada logam-logam lainnya lapisan pelindung ini tidak terbentuk. Pada besi dan baja, sebagai contoh, lapisan karat yang berkerak (oksida besi) terbentuk. Lapisan ini terlepas, memungkinkan logam di bawahnya terkorosi.Misal :

Alumunium dengan cepat membentuk lapisan oksida pada permukaanya. Alumunium merupakan bahan yang ideal untuk membuat nampan makanan, karena ia tidak akan terkorosi lebih lanjut.

Drum-drum baja ini dicat untuk mmelindungi dari pengaratan, tetapi goresan kecil pun dapat memungkinkan masuknya kelembapan ke bawah car, dan pengaratan mulai terjadi.

B.Cara Mencegah Korosi
Selain dengan cara pengecetan, ada juga cara untuk mencegah pengaratan lainnya, contohnya adalah Galvanisasi. Ini adalah metode untuk melindungi baja dengan cara melapisinya dengan seng.Seng lebih reaktif dari baja, sehingga oksigen melakukan kontak dengannya, bukan dengan baja. Meskipun lapisan seng tergores, oksigen dalam udara terus bereaksi dengan seng, bukan dengan baja. Logam seng dan magnesium sering dimanfaatkan untuk melindungi besi atau baja dari korosi, sehingga sering disebut logam korban.

Itulah postingan di softilmu.blogspot.com kali ini, semoga dapat bermanfaat. Jangan ragu untuk mengisikan pendapat anda mengenai postingan ini. Terus kunjungi blog tentang pengetahuan yang sederhana ini ya sobat. Terimakasih sudah mau singgah.

Pengertian dan Teori Atom


Pengertian Atom adalah judul kali ini.“Atom” kata ini berasal dari bahasa yunani atomos yang berarti tidak dapat dipotong. Sesuai pengertian tersebut,Atom-atom adalah partikel penyusun semua benda yang berukuran sangat kecil. Di dalam atom juga terdapat sub-atom, yaitu partikel penyusun atom yang ukurannya lebih kecil. Sulit bagi kita untuk membayangkan seberapa kecil atom ini, satu titik yang ada di akhir kalimat ini saja memiliki panjang sekitar 20 juta atom. Setiap atom memiliki inti, yang terdiri dari proton dan neutron, serta elektron yang bergerak cepat di sekitar inti. Elektron-elektron ini terdapat pada tingkatan energi yang berbeda-beda, yang disebut kulit, tiap kulit memiliki jumlah batas untuk elektron, apabila elektron di kulit pertama sudah memenuhi batas, maka elektron akan memenuhi kulit kedua dan seterusnya.
Atom

Berdasarkan penjelasan di atas, elektron,neutron dan proton merupakan bagian terkecil dari atom, namun para ilmuan modern berpendapat bahwa proton dan neutron tersusun atas partikel-partikel yang lebih kecil lagi yang disebut kuark. Jika sobat masih ingin tahu lebih banyak tentang atom ini, mari simak yang berikut.

A.Teori-Teori Atom
Istilah “atom” pertama kali digunakan oleh kimiawan asal inggris bernama John Dalton(1766-1844) ketika ia mengajukan teori atomnya pada tahun 1807.

John Dalton
Dalton mengatakan bahwa semua unsur kimia tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil, yang disebut atom, yang tidak bisa pecah saat zat-zat kimianya direaksikan. Satu lagi pendapatnya yaitu semua reaksi kimia merupakan akibat saling bergabungnya atau terpisahnya atom-atom. Teori atom dalton menjadi dasar untuk ilmu pengettahuan modern.
Pada abad ke dua puluh, para ilmuan mulai membuat model model atom.Seperti yang dibuat oleh

  • Ernest Rutherford (1871-1937)  Ia menggambarkan elektron-elektron yang bermuatan negatif mengelilingi inti yang bermuatan positif.
  • Neils Bohr (1885-1962)  ia menggambarkan model dengan elektron-elektron mengikuti orbit-orbit tertentu.
  • Jame Chadwick (1891-1962)  ia menunjukkan sebuah inti terdiri atas partikel-partikel yang disebut neutron dan proton.

B.Massa Atom
Atom pada unsur yang berbeda memiliki massa yang bervariasi. Massa tersebut tergantung pada jumlah proton dan neutron di dalam intinya. Sebuah atom hidrogen memiliki satu proton dan tidak memiliki neutron, sehingga hanya memiliki massa atom satu. Semakin besar massa atom, semakin kecil atom tersebut.

C.Nomor Atom
Atom-atom dari zat yang berbeda memiliki jumlah proton yang tidak sama pula di dalam intinya. Jumlah proton dalam inti ini disebut Nomor Atom.  Apabila jumlah proton dalam inti atom berubah, maka atom tersebut akan berubah menjadi atom dengan sifat berbeda dari sebelumnya.

D.Gaya Atom
Elektron yang bermuatan negatif akan dijaga tetap berada di orbit sekeliling inti bermuatan positif oleh gaya elektromagnetik. Gaya tarik inti, yang mejaga proton dan neutron tetap di dalam inti atom merupakan gaya yang paling kuat di alam semesta ini. Gaya ini seratus kali lebih kuat dibandingkan gaya elektromagnetik.
Artikel Penunjang : Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi
E.Muatan Listrik
Kebanyakan dari atom-atom yang ada memiliki muatan listrik yang netral, artinya jumlah proton yang bermuatan positif dan jumlah elektron yang bermuatan negatif sama banyak. Muatan-muatan yang memiliki gaya tarik menarik ini saling meniadakan.

F.Bentuk Atom
Atom memiliki bentuk yang bervariasi, yang disebut Isotop. Masing-masing bentuk memiliki jumlah proton dan elektron yang sama tetapi jumlah neutron yang berbeda. Jadi semua isotop dari sebuah atom memiliki nomor atom yang sama namun nomor massa yang berbeda.
Isotop-isotop memiliki sifat-sifat fisik yang sama, namun sifat kimia yang berbeda. Sebagian besar atom dalam sebuah unsur merupakan satu jenis unsur.


Sekian postingan saya kali ini yang mengangkat tema “Atom”.Sebenarnya masih sangat banyak hal yang berkaitan dengan atom yang tidak saya bahas disini, mungkin karena ilmu saya juga belum memadai untuk membahasnya. Nah terimakasih kepada sobat yang udah mau mampir ke blog sederhana ini. Kalo punya kesan dan pesan yang berhubungan dengan postingan silahkan di tulis di kotak komentar (jangan sungkan).Simak terus Softilmu.blogspot.com.
close
Pasang iklan disini