Negara Maju dan Negara Berkembang

Selamat datang sahabaat, kali ini saya akan membahas suatu postingan yang berhubungan dengan kata-kata "negara", tetapi bukan tentang pengertian negara, melainkan lebih ke pengelompokkan negara, yaitu negara maju dan negara berkembang. Seperti yang kita tahu indonesia merupakan negara berkembang, tapi kok gak kelihatan ya perkembangannya ? hihihi. dan indonesia kita ini sudah lama dikategorikan dalam negara berkembang sahabat, tapi menurut logika saya harusnya kalo terus berkembang, berkembang, dan berkembang , udah bisa dikategorikan ke dalam negara maju dong, hehee, gatau juga deh, langsung aja ya..


Persebaran Negara Maju dan Berkembang tidaklah hanya berpusat pada satu bagian dunia saja,namun tersebar di banyak benua.Pembagian Negara Maju dan Berkembang ini dikelompokkan berdasarkan Ciri-Ciri Negara Maju dan Ciri-Ciri Negara Berkembang itu sendiri. Nah Sampai saat ini,konsentrasi negara maju adalah benua Eropa, Amerika Utara,Australia, Selandia Baru, dan Asia Timur, Di kawasan Asia Barat, ada banyak negara pengekspor minyak yang dikelompokkan secara khusus (Pengelompokkan Negara Maju dan Negara Berkembang). Persebaran negara-negara berkembang pada umumnya berada di kawasan Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan  dan beberapa kepulauan di Pasifik.

Negara Maju dan Berkembang
Persebaran Negara Maju dan Berkembang ada peta juga dapat dibaca melalui persebaran lahan-lahan tertentu pada peta. Misalnya, karena Ciri-Ciri Negara Berkembang yang masih  bertumpu pada lahan pertanian, maka persebaran lahan pertanian yang luas dan padat pada peta dapat digunakkan untuk mengetahui letak negara-negara berkembang.

Contoh lainnya adalah Ciri-Ciri Negara Maju yang bertindak dalam bidang industri,sehingga kawasan industri peta dunia juga dapat digunakan untuk menentukan letak dan pemetaan negara-negara maju, mengingat negara maju umumnya merupakan negara yang perekonomiannya bertumpu pada sektor industri.

Beberapa kenampakan alam maupun buatan lainnya pada peta juga dapat digunakan untuk menentukan kekayaan dan potensi yang dapat diolah oleh suatu negara. Karena itu, peta tematik dapat digunakan untuk menentukan persebaran posisi negara-negara berkembang dan negara-negara maju.

Dalam Khazanah wacana warga negara internasional, ada beberapa macam Pembagian Negara Maju dan Berkembang.Pembagian Umumnya dilakukan oleh organisasi-organisasi dan lembaga – lembaga internasional yang berkepentingan dengan pembagian pembagian negara-negara berdasarkan kriteria tertentu.Walu begitu, tidak ada ketentuan baku yang mengatur Pembagian Negara Maju dan Berkembang.

A.PENGELOMPOKKAN NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

A.Pengelompokkan Negara Maju dan Berkembang berdasarkan Sektor Perekonomiannya

Bank Dunia mencoba melakukan pembagian negara maju dan negara berkembang berdasarkan sektor perekonomian yang dijadikan tumpuan. Maka, menurut Bank Dunia negara-negara di dunia ini terbagi ke dalam empat kelompok. Empat kelompok tersebut ialah sebagai berikut.
Negara maju yang berpendapatan tinggi dan mengandalkan perekonomiannya dari sektor industri.
Negara berkembang yang berpendapatan menengah dan sektor industri dalam bidang perekonomiannya sedang dalam tahap perkembangan.

Negara dunia ketiga yang berpendapatan rendah dan tidak memiliki sektor industri yang dapat diandalkan dalam perekonomiannya

Negara-negara pengekspor minyak yang dikelompokkan secara khusus, tidak dimasukkan dalam tiga kelompok di atas. Ini disebabkan negara-negara pengekspor minyak memiliki pertumbuhan ekonomi yang cepat karena mengandalkan sektor pertambangan minyak bumi dan gas alam yang harganya terus meningkat sejak periode 1970-an.
B.Pengelompokkan Negara Maju dan Negara Berkembang Oleh UNDP

UNDP (United Nations Development Program), yakni lembaga internasional untuk pembangunan yang berada di bawah PBB, Mengelompokkan negara maju dan negara berkembang berdasarkan keberhasilan negara-negaraa tersebut dalam membangun kualitas kehidupan manusia yang menjadi penduduk di wilayahnya. Karena itu, kriteria yang dipakai UNDP dalam mengelompokkan negara-negara maju dan berkembang ialah menggunakan  berbagai faktor nonekonomi seperti tingkat harapan hidup, tingkat kematian bayi, dan tingkat pendidikan.

C.Pengelompokkan Negara Maju dan Berkembang berdasarkan Pendapatan Per-kapita

Selain pada point A diatas,Bank Dunia juga mengelompokkan negara-negara di dunia ini berdasarkan pendapatan perkapita yang diperoleh masing – masing negara. Berdasrkan pendapatan perkapitanya, ada 4 macam negara, yaitu sebagai berikut.
  • Negara berpendapatan rendah, yakni negara yang memiliki pendapatan per kapita kurang dari US$ 675.
  • Negara berpendapatan menengah bawah, yakni negara yang memiliki pendapatan perkapita antara US$ 675 – 2.695.
  • Negara berpendapatan menengah ke atas, yakni negara yang memiliki pendapatan perkapita antara US$ 2.696 – 8.335.
  • Negara berpendapatan tinggi, yakni negara yang memiliki pendapatan perkapita lebih dari US$ 8.336.


Secara umum,yang dimaksud Negara Berkembang ialah negara yang bidang perekonomian dan tingkat kehidupan masyarakatnya masih berada dalam tahap perkembangan. Adapun negara maju adlah negara yang tingkat perekonomian dan tingkat kehidupan masyarakatnya telah berada pada tahap yang lebih maju. Berdasarkan definisi umum ini, ada beberapa  Ciri-Ciri Negara Maju dan Ciri-Ciri Negara Berkembang yang menyebabkan mereka digolongkan kedalam kelompok tersebut.

Persebaran Negara Maju dan Berkembang ini juga tidak bertumpu pada satu tempat,tidak hanya di bagian Eropa misalanya,Toh Ada juga negara di bagian Asia yang tergolong kedalam negara Maju,seperti Jepang.Begitu Pula dengan persebaran Negara berkembang yang tidak bertumpu pada suatu benua.

B.CIRI-CIRI NEGARA MAJU

Negara – negara di Eropa umumnya merupakan negara maju.selain itu , negara maju juga tersebara di kawasan Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru. Negara di Benua Asia yang dpat dikatagorikan sebagi negara Maju adalah Jepang, Korea, dan Singapura.Nah,kalo Indonesia termasuk sebagai negara berkembang.Pembagian Negara Maju dan Berkembang tersebut di nilai dari berbagai sektor.Kembali ke topik saat ini yaitu Ciri –ciri negara Maju .Umumnya Negara Maju memiliki ciri - ciri sebagai berikut:

a. Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Relatif Tinggi

Karena penduduknya memiliki penguasaan Ilmu Pengetahuan dan dan Teknologi yang tinggi, negara – negara maju mampu mengolah sumber daya alam secara optimal. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi tersebut ditopang oleh tingginya pendidikan penduduk di negara maju.selain pengaruh pada pengolahan dan pengelolaan sumber daya alam, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi juga berdampak pada kemampuan masyarakat di negara maju dalam memasarkan produk – produk industri maupun pertanian negara mereka di pasar internasional. Hal ini memungkinkan pendapatan negara maju terus bertambah.

b. Perekonomian   bertumpu pada sektor Industri dan Jasa

Kegiatan perekonomian utama tidak hanya mengandalkan sektor primer seperti pertanian, namun juga sektor inndustri dan jasa yang menjadi sektor andalah pemacu pertumbuhan ekonomi. Sektor industri memiliki kelebihan dalam menyedot jumlah tenaga kerja, sehingga masalah pengangguran dapat diatasi. Sementara, sektor jasa melatih masyarakat untuk terbiasa melakukan pekerjaan wiraswasta yang tidak mengandalkan sektor pertanian saja.

Variasi dalam sektor ekom=nomi andalan menjadikan negara maju memiliki banyak alternatif yang tidak bertumpu pada satu sektor saja. Sehingga, ketika salah satu sektor mengalami kemunduran, maka sektor lainnya dapat diandalkan untuk menopang perekonomian. Sebagai contoh, bila sektor industri di negara maju memiliki kemunduran,maka sektor jasa dan pertanian maasih kuat untuk menopang perekonomian, begitu pula sebaliknya.

c.Angka Pengangguran Relatif Rendah

Industri yang berkembang pesat membuka banyak lapangan kerja, sehingga anka pengangguran dapat ditekan serendah mungkin. Selain itu, pengetahuan yang tinggi karena tingkat pendidikan yang tinggi menjadikan masyarakat kreatif dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri melalui uasaha – usaha wiraswasta yang tepat dan efektif.

Rendahnya angka pengangguran berpengaruh pada angka kejahatan di negara maju yang umumnya rendah sehingga usia harapan hidup meningkat dan mempertinggi kualitas kehidupan manusia yang tinggal di negara maju.

d. Pendapatan Per Kapita Berada Pada Kisaran yang Tinggi

Variasi produk impor yang banyaknya lapangan pekerjaan menjadikan negara maju memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, sehingga penduduknya memiliki tingkat kesejahteraan yang baik. Pendapatan per kapita juga ditopang oleh surplus atau kelebihan ekspor dari impor sehingga negara memiliki banyak uang yang dapat digunakan untuk menyejahterakan rakyatnya.

e. Memiliki Banyak Modal Untuk Pelaksanaan Pembangunan

Besarnya volume ekspor menjadikan banyaknya pemasukkan bagi negara maju, Karena itu, Negara – negara maju memiliki banyak modal untuk melaksanakan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakatnya.

Banyaknya modal yang dimiliki oleh negara maju juga memungkinkan negara untuk makin memperlebar usaha dan proyek-proyyek pengadaan fasilitas – fasilitas penunjang kesejahteraan bagi rakyatnya.
         
Hanya sedikit penduduk dunia yang tinggal di negara maju.Negara maju hanya meliputi 20% dari seluruh wilayah daratan di bumi.Negara maju umumnya memiliki tingkat pertumbuhan yang rendah. Selain itu, negara maju umumnya memiliki tingkat kematian dan kelahiran bayi yang rendah, serta tingkat harapan hidup yang lebih tinggi. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kesehatan dan nilain gizi yang dikonsumsi penduduk di negara maju telah tinggi.

Penduduk negara maju umumnya tinggal di kawasan urban (kota). Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa. Tingkat pendapatan perkapita rata-rata tinggi.Pendapatan per kapita rata-rata negara maju berada di atas kisaran 20.000 dollar Amerika.Pembagian Negara Maju dan Berkembang  berdasarkan pendapatan perkapitanya dikelompokkan oleh Bank Dunia.
Kesimpulannya, secara umum Ciri-ciri Negara Maju adalah sebagai berikut:
  • Angka pertumbuahn penduduknya relatif kecil.
  • Perbandingan lapangan kerja dengan pencari kerja seimbang.
  • Produktivitas tenaga kerjanya sudah tinggi.
  • Sebagian Besar Penduduk bekerja di sektor Industri dan Jasa.
  • Tingkat kesehatan dan angka harapan hidupnya tinggi .
  • Tingkat pendidikan dan penguasaan teknologinya rata-rata sudah tinggi.
  • Pendapata nasional dan pendapatan rata-rata penduduknya tinggi.
  • Daya beli masyarakat sudah tinggi.
  • Kualitas kerjanya rata-rata tinggi.
  • Angka pengangguran dan kriminalitas dapat ditekan.
  • Angka beban tanggungannya atau depency rationya rendah.

C. CIRI – CIRI NEGARA BERKEMBANG

Negara-negara berkembang umumnya berada di kawasan Aia Selatan, Asia Tengah, Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika Selatan. Negara-negara yang termasuk kelompok negara berkembang contohnya antara lain Indonesia, Kazakhstan, India, Kamerun, dan Brasil.Persebaran Negara Maju dan Berkembang tidak dominan pada suatu wilayah,dan  postingan kali ini tidak sama seperti pada Ciri-Ciri Negara Maju yang lebih banyak membahas tentang kelebihan Negara tersebut,Melainkan pada postingan Ciri-Ciri Negara Berkembang ini lebih banyak membahas tentang kekurangan negara tersebut.Kira-kira kenapa ya? mungkin karena negara-negara ini masih perlu banyak belajar dan masih dalam masa perkembangan.Umumnya, negara berkembang memiliki ciri sebagai berikut.

a. Bekas Jajahan Negara Lain,Terutama Negara-negara Eropa

Karena penjajahan yang terjadi selama ratusan tahun, tingkat pendidikan di negara berkembang umumnya rendah. Akibatnya penduduk negara berkembang kurang mampu mengembangkan dirinya untuk mengejar ketertinggalan dalam bidang pembangunan. Penjajahan selama ratusan tahun juga telah menyebabkan hilangnya sejumlah kekayaan alam yang dapat dijadikan sumber modal untuk pembangunan.

Masih banyak dampak kerusakan lain yang diakibatkan oleh penjajahan. Akibat yang paling utama ialah menjadi rendahnya kepercayaan diri bangsa – bangsa yang dijajah untuk dapat berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang lebih maju. Hal ini sulit mengembangkan tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakatnya.

b. Produksi Barang Sangat Bertumpu pada hasil Pertanian

Karena tingkat pendidikannya yang rendah, kemampuan masyarakat dalam melakukan produksi hanya terbatas pada bercocok tanam yang dipelajari secara turun temurun. Hal ini juga merupakan akibat tidak langsung dari penjajahan selama ratusan tahun. Secara umum hasil pertaniannya memiliki nilai komoditas yang rendah karena cepat membusuk dan rusak. Hal ini berbeda dengan hasil industri yang tahan lama dan bernilai tinggi.

Pertanian yang dilakukan secara tradisional umumnya tidak memberikan hasil yang banyak dan melimpah. Keadaan ini makin memperburuk kualitas hasil pertanian negara-negara berkembang sehingga hasil pertaniannya kurang mampu bersaing dengan hasil-hasil pertanian negara lainnya di pasar internasional. Alternatif untuk mengalihkan tumpuan pada sektor selain sektor pertanian sangat terbatas karena rendahnya pengetahuan masyarakat di luar sektor pertanian.

c. Memiliki Masalah Tekanan Penduduk

Tekanan penduduk berkisar pada tingkat penganggurang tinggi, pertumbuhan penduduk tinggi, produktivitas rendah, kualitas rendah, dan kemiskinan. Negara masih berkonsentrasi pada penanganan maslah-masalah tersebut. Akibatnya pembangunan jadi terbengkalai sehingga negara memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap negara-negara lain yang mau memberikan bantuan.

Masalah-masalah seperti tingkat pengangguran tinggi, pertumbuhan penduduk tinggi, produktivitas rendah, kulitas kehidupan rendah, dan kemiskinan berkaitan langsung dengan kemampuan ekonomi masyarakat. Sehingga maslah-masalah semacam itu tidak akan dapat diberantas oleh pemerintaha sepanjang maslah perekonomian belum juga dapat diatasi.Di sisi lain, maslah perekonomian juga sangat bergantung pada kualitas kehidupan manusia, sehingga keduanya saling mempengaruhi satu sama lain. Akibatnya, hal itu menjadi maslah yang terus berputar dan tak kunjung usai bila tidak diiringi oleh keinginan keras seluruh penduduknya untuk maju.

d. Sumber Daya Alam Belum Banyak Dimanfaatkan Secara Maksimal
Penguasaan teknologi dan pendidikan yang rendah menyebabkan negara berkembang memiliki kemampuan terbatas untuk memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pengetahuan masyarakat akan potensi yang dimiliki oleh wilayahnya sangat rendah, sehingga tidak mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya. Padahal memanfaatkan sumber daya alam merupakan faktor pendorong kemajuan suatu bangsa.

Sumber daya manusia yang rendah tidak akan mampu mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang paling tinggi sekalipun. Karena itu, kemajuan suatu negara sangat tergantung pada kemampuan masyarakatnya dalam memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang dimilikinya. Oleh karena itu ada beberapa negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat banyak namun tergolong ke dalam negara berkembang.

e. Kekurangan Modal Untuk Melaksanakan Pembangunan
Modal yang dimiliki negara berkembang cenderung tersedot untuk mengatasi masalah-masalah sosial seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Akibatnya modal cepat habis dan tidak ada lagi modal untuk melanjutkan proses pembangunan.

Adapun pengadaan modal melalui Ekspor dan pemasukkan lainnya tidak dapat berjalan secara optimal karena ketidakmampuan untuk menambah pemasukkan ke kas negara seceara signifikan.

f. Cenderung Menggantungkan Kehidupan Pada Impor Hasil Industri dan Ekspor Hasil Pertanian

Kemampuan produksi yang rendah dan hanya mengandalkan sektor pertanian menyebabkan adanya ketidakseimbangan dalam ekspor dan impor. Modal pun banyak tersedot untuk membeli hasil industri. Sementara, pamsukkan hanya mengandalkan hasil ekspor pertanian yang nilainya tidak terlalu tinggi.

Ketidakseimbangan antara ekspor dan impor menyebabkan tidak seimbaangnya pemasukkan dan pengeluaran. Sehingga, yang terjadi pengeluaran berlebihan tanpa diimbangi pemasukkan yang menyebabkan kas negara terus mengalami defisit atau kerugian. Akibatnya perekonomian negara menjadi tidak stabil yang makin memperparah keadaan.
         
Kurang lebih 80% penduduk dunia saat ini tinggal di negara berkembang. Negara yang termasuk katagori berkembang melibih tiga per empatt dari jumlah seluruh negara di dunia. Negara berkembang umumnya memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi. Rata-rata tingkat pertumbuhan di negara berkembang mencapai angka 1,6%. Sementara,rata-rata angka pertumbuhan penduduk negara maju hanya 0,1%.Selain itu,negara berkembang umumnya memiliki tingkat kematian dan kelahiran bayi yang tinggi, serta tingkat harapam hidup yang lebih rendah. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kesehatan dan nilai gizi yang dikonsumsi penduduk di negara berkembang masih sangat rendah.

Penduduk negara berkembang umumnya tingggal di pedesaan. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Tingkat pendapatan per kapitanya rata-rata sangat rendah.Pendapatan per kapita rata-rata negara berkembang berada di bawah kisaran 5.000 dollar Amerika.Bahkan masih banyak negara berkembang yang pendapatan perkapitanya hanya berada pada kisaran ratusan dollar amerika saja.

Berdasarkan Uraian diatas dapat disimpulkan bahwa negara-negara berkembang ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut.
  • Produksi barang-barang primer seperti pertanian masih dominan.
  • Jumlah pertumbuhan penduduknya tinggi.
  • Jumlah lapangan kerja dengan tenaga kerja yang ada tidak seimbang.
  • Tingkat Produktivitasnya masih rendah.
  • Tingkat kesejahteraan penduduknya rendah.
  • Angka beban Tanggungannya masih tinggi.
  • Kualitas atau tingkat keahlian dan keterampilan tenaga kerjanya masih rendah.
  • Pendapatan nasional dan pendapatan perkapita penduduknya masih rendah.
  • Ketergantungan terhadap negara lain tinggi dan mudah terpengaruh.
  • Daya beli masyarakatnya rendah .
  • Tingkat kemiskinan penduduknya masih tinggi.
  • Tingkat pengangguran yang tinggi berdampak pada tingginya angka kriminalitas.

Aduhh, panjang amat ya pembahasannya? maklum sahabat lagi semangat ni, nah giman? udah ngerti kan tentang perbedaan negara maju dan negara berkembang? Lalu bagaimana pendapatnya agar indonesia bisa menjadi negara maju kayak amerika yang tentunya menjadi negara yang sangat berpengaruh dalam dunia internasional? Pendapatnya langsung diisikan saja di kotak komentar ya, keluarkan semua unek-uneknya. Terimakasih telah berkunjung di softilmu.blogspot.com, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan, semoga terus bermanfaat ilmunya.

Proses Penciptaan Manusia

Assalamu’alaikum sahabat, Puji syukur kepada Allah swt yang telah memberikan jalan saya dapat berbagi ilmu tentang agama islam, shalawat beriring salam saya sanjung sajikan ke pangkuan nabi besar Muhammad s.a.w, yang telah membawa kedamaian kepada umat di bumi, Mari kita berpikir sejenak, untuk apa sebenarnya kita hidup di dunia? Apakah untuk terus mencari kebahagiaan di bumi? Jika benar begitu, mengapa ada kematian dan kita tidak bisa membawa harta kita?, nah berarti jawabannya bukan demikian, Kita diciptakan Oleh Allah untuk beribadah kepadanya, Bumi ini hanya pijakan sementara untuk mencari bekal bagi kehidupan abadi kita di Akhirat, Nah, Bagaimana proses penciptaan kita? Langsung saja disimak postingan ini ..
Artikel Penunjang : Teori Asal Usul Kehidupan 
Allah swt. Telah menciptakan manusia berasal dari saripati tanah. Hal ini dapat dijelaskan bahwa setiap yang dimakan manusia pasti bermuara pada tumbuhan-tumbuhan (tumbuhan merupakan rantai makan yang pertama)., sedangkan kita tahu bahwa tumbuhan mengambil makanan dari unsur-unsur hara yang ada pada tanah atau saripati tanah. Dengan demikian secara tidak langsung hidup manusia ditopang oleh saripati tanah yang diserap oleh tumbuh-tumbuhan yang kemudian oleh Allah swt. Dijadikan tanaga, air mani, dan sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya manusia berasal dari tanah. Untuk itu, marilah kita pahami tahap demi tahap penciptaan manusia.
Proses Penciptaan Manusia
1. Proses Saripati Tanah
Pada prosess ini didapati bahwa Allah swt. Melakukan beberapa penyaringan debu tanah.Firman Allah swt, “kemudian Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari Tanah.” (Q.S. Al – Mu’minun : 12)

Proses ini bertujuan untuk mendapatkan saripati tanah (sulalat mintin) yang bersih dan amat sesuai unttuk dijadikan bahan sebagai salah satu unsur penciptaan manusia. Ini menunjukkan bahwa tanah yang digunakan telah melalui proses penyaringan dan bukan tanah biasa sebagaimana yang dipikirkan manusia, Dr Maurice Bucaille menguraikan dengan merujuk pada Surah Al-Furqan : 54 bahwa keturunan manusia juga berasal dari air, yaitu saripati sperma atau yang disebut secara ilmiah spermatozoa. Oleh akrena itu, beliau melihat saripati tanah yang dikemukakan di atas hendaklah dirujuk bersama pelbagai komponen lain yang merangkumi saripati tanah dan saripati air yang menjadi elemen terpenting dalam penciptaan manusia

2. Proses Tanah Melekat
Pada proses ini dikenal sebagai proses tanah melekat. Seperti firman Allah swt. Dalam surah As-Saffat: 11,”... Sesungguhnya Kami telah menciptakan mereka dari tanah liat.”
Sebagaimana diketahui,tanah liat pada dasrnya mempunyai sifat melekat. Al-Qurtubi menguraikan bahwa pada proses ini keadaan tanah melekat atau menempel diantara satu sama lain. Selain itu tanah ini akan menjadi tanah yang keras. Pada proses ini, al-Qurtubi juga menerangkan didalam tafsirnya bahwa manusia pertama,yaitu yang dikaitkan dengan Adam, berada dalam keadaan ini selama empat puluh tahun, sehingga sifat fisikalnya berubah menjadi keras dan kering.

3. Proses Tanah Berbau
Proses ketiga ini mengarah pada firman Allah swt. Dalam surah Al-Hajr yang berbunyi “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia ( Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.” Mengikuti tafsiran Dr. Maurice diartikan juga sebagai lumpur atau tanah berorganik dan tidak tertumpu kepada pengertian lain seperti lumpur yang berubah-ubah yang berwarna hitam serta mempunyai bau tersendiri.Ini disebabkan proses penyebatian antara tanah dan air yang telah berlaku.

4. Proses Tanah Keras
Perkataan ini tidak sempurna jika perumpamaanya tidak dijelaskan bersama, yaitu kalifahara yang membawa arti seperti tembikar. Maka jelas bahwa pada proses ini manusia yang ingin diciptakan Allah swt. Berada dalam keadaan yang keras seperti tembikar.Sebagaimana firman Allah swt. Dalam surah Ar-Rahman : 14 yang berbunyi “Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar.” Abu Hasan Altibrisi menerangkan bahwa dengan fisikal yang kerasa, ia dapat mengeluarkan dentingan bunyi yang gemerincing serta berulang-ulang di udara seperti suara besi yang dipukul angin. Pada tingkat ini menunjukkan bahwa masa Adam menjadi manusia yang lengkap sudah tiba. Pada proses ini juga hanya dilihat proses terakhir dari aspek fisiknya termasuk tiga proses terawal sebagaimana yang telah diterangkan di atas.

5. Proses Peniupan Roh
Proses yang kelima ini menunjukkan proses penciptaan manusia pertama (Adam) dari aspek spiritual, Setelah aspek fisikalnya telah lengkap hingga ke tahap menjadi satu lembaga. Di dalam kitab Q.S.Al-Anbiya penerangan tentang proses penciptaan manusia seterusnya dipaparkan dengan amat jelas. Dikatakan Allah swt. Meniupkan roh ke dalam diri Adam melalui kepala dan selepas itu malaikat dengan perintah Allah swt. Telah mengajarkan Adam untuk memuji Allah swt. Yaitu Alhamdulillah.
Lalu dia menyebut, apabila roh memasuki bagian matanya, Adam  telah bisa melihat dengan jelas buah-buah yang terdapat dalam surga. Selepas itu apabila roh sampai ke bagian kerongkong, Adam ingin makan. Dan sebelum roh sampai ke bahagian kaki, maka Adam segera ingin menjangkau buah tersebut.

Disini terdapat dua persoalan yang dapat dijelaskan. Pertama, apabila merujuk kepada uraian di atas bahwa proses peniupan roh ke dalam jasad Adam berlaku di dalam surga, maka dibuat kesimpulan bahwa tempat penciptaan manusia pertama (Adam) adalah berlaku di dalam surga. Ini adalah bertepatan dengan pendapat yang menyatakan Adam dicipta di Surga Ma’wa, yaitu tempat kediaman kepada orang-orang shaleh sebagaimana yang diuraikan dalam kitab Hayat Adam.

Persoalan kedua adalah berkenaan dengan sikap gopoh Adam dari proses penciptaanya. Ia dapat dilihat dari sikap manusia yang suka melaksanakan sesuatu perkara dalam keadaan yang tergesa-gesa atau menginginkan sesuatu dalam kadar yang segera. Sebagaimanan pepatah melayu, “Belum duduk sudah nak meluncur.” Dalam hal ini Allah swt.telah menerangkan sikap ini di dalam Al-Qur’an sebagaimana firman Allah swt. dalam surah Al-Anbiya : 31 yang berbunyi “Manusia telah dijadkan bertabiat tergesa gesa....” Maka dengan berakhir proses peniupan roh ini , sempurnalah kejadian Adam, yaitu sebagai manusia pertama yang diciptakan oleh Allah swt. jika dilihat dengan teliti proses penciptaan manusia pertama yang dipaparkan dalam A-Qur’an amat teliti dan uraiannya adalah bersifat kronologi(sesuai urutan waktu).

Sumber; Buku Pendidikan agama Islam SMA kelas 10 semester Gasal

Nah, apakah sahabat sudah memahami proses demi proses tentang penciptaan manusia ini? Apa yang hendak sahabat utarakan? Banyak kafir yang berpikir suatu saat akan bisa menciptakan ciptaan yang sempurna seperti ini, namun dari waktu ke waktu percobaan mereka hanya berakhir dengan keputusasaan. Contohkan saja seorang ilmuan barat yang ingin mengontrol seleksi kehidupan penduduk, ia berniat bahwa anak yang boleh dilahirkan hanya yang cerdas, dan melakukan uji coba, dengan berbagai cara, namun apa yang terjadi? Pertumbuhan di barat terus tidak terkendali , semakin banyak anak yang lahir di luar pernikahan dan tentunya banyak yang tidak sesuai dengan standart yang diinginkan oleh si ilmuan ini, sehingga ia putus asa, dan tidak tau bagaimana mewujudkan impian kebohongannya itu. Nah sekian dulu ya poetingan kali ini, semoga bermanfaat sahabat. Wassalamu’alaikum.

Pengertian dan Klasifikasi Fungi ( jamur )

Fungi merupakan topik pembahasan kali ini, beberapa hal yang akan dibahas adalah Pengertian Fungi, Reproduksi Fungi, dan Klasifikasi Fungi. Mungkin dari sahabat ilmu sekalian ada yang sedikit asing dengan kata fungi, fungi ini adalah bahas latin dari jamur, nah pasti udah tau kan? Namun jamur atau fungi ini tidak semuanya berbentuk sepeti dalam bayangan awam, kita sering membayangkan bahwa jamur bebentuk seperti payung yang lebih berisi, tapi kenyataanya tidak semua demikian, Langsung aja simakyang berikut ini ya biar pengetahuannya bertembah.

A.PENGERTIAN FUNGI ( JAMUR )

Fungi(jamur) adalah organisme eukariotik yang bersel tunggal atau banyak dengan tidak memiliki klorofil. Sel jamur memiliki dinding yang tersusun atas kitin. Karena sifat-sifatnya tersebut dalam klasifikasi makhluk hidup, Jamur dipisahkan dalam kingdom nya tesendiri,ia tidak termasuk dalam kindom protista,monera, maupun plantae. Karena tidak berklorofil, jamur temasuk ke dalam makhluk hidup heterotof (memperoleh makanan dari organisme lainnya), dalam hal ini jamur hidup dengan jalan menguraikan bahan-bahan organik yang ada di lingkungannya. Umumnya jamur hidup secara saprofit (hidup dengan menguai sampah oganik seperti bankai menjadi bahan anoganik). Ada juga jamur yang hidup secara parasit (memperoleh bahan organik dari inangnya), adapula yang hidup dengan simbiosis mutualisme(yaitu hidup dengan organisme lain agar sama-sama mendapatkan untung).

Fungi ( Jamur )


B.REPODUKSI FUNGI (JAMUR)

Seperti yang telah saya jelaskan tadi sahabat, jamur terbagi atas dua, yaitu uniseluler(besel tunggal) dan multiseluler), nah keduanya ini memiliki cara berkembang biak yang berbeda.
Jamur uniseluler berkembangbiak secara aseksual dengan membentuk tunas, dan secara seksual dengan membentuk spora askus. Sedangkan jamur multiseluler yang terbentuk dari rangkaian sel membentukbenang seperti kapas, yang disebut benang hifa. Dalam perkembangbiakkannya secara aseksual ia memutuskan benang hifa (fragmentasi), membentuk spora aseksual yaitu zoospora, endospora, dan konidia. Secara seksual melalui pelebuan anatara inti jantan dan inti bentina sehingga terbentuk spora  askus atau spora sidium.

Zoospora atau spora kembara adalah spoa yang dapat bergerak di dalam air dengan menggunakan flagela. Jadi jamur penghasil zoospora biasanya hidup di lingkungan yang lembab atau berair.
Endospora adalah spoa yang dihasilkan oleh sel dan spora tetap tinggal di dalam sel tesebut, hingga kondisi memungkinkan untuk tumbuh.

Spora askus atau askospora adalah spora yang dihasilkan melalui perkawinan jamur ascomycota. Askospora terdapat dalam askus, biasanya berjumlah 8 spora. Spora yang dihasilkan dari perkawinan kelompok jamur Basidimycota disebut basidispora. Basidispoa terdapat di dalam basidium, dan biasanya berjumlah empat spora.

Konidia adalah spora yang dihasilkan dengan jalan membentuk sekat melintang pada ujung hifa atau dengan diferensiasi hingga terbentuk banyak konidia. Jika telah masak konidia paling ujung dapat melepaskan diri.

Kesimpulan :Reproduksi jamur unseluler:
  • Aseksual(Membentuk tunas, membentuk spora)
  • Seksual(membentuk spora askus)
Reproduksi jamur multiseluler:
  • Aseksual(Fragmentasi, zoospoa, konidia)
  • Seksual(Inti jantan dan inti betina bertemu, akhirnya membentuk spora askus atau spora basidium)

3.KLASIFIKASI FUNGI ( JAMUR)

Jamur diklasifikasikan berdasarkan cara reproduksi dan struktur tubuhnya. Dalam klasifikasi dengan lima kingdom, jamur dibagi menjadi 4 divisi yaitu

1.Divisi Zygomycota

Jamur Zygomycota


Tubuh Zygomycota terdiri dari benng hifa yang bersekat melintang, ada pula yang tidak bersekat melintang. Hifa bercabang-cabang banyak dan dinding selnya mengandung kitin.

Contoh jamur ini adalah jamur yang tumbuh pada tempe, selain itu ada juga yang hidup secara saprofit pada rotin, nasi, dan bahan makanan lainnya. Ada pula yang hidup secara parasit, misalnya penyebab penyakit busuk pada ular jalar.

Jamur Zygomycota berkembangbiak secara aseksual dengan spora. Beberapa hifa akan tumbuh ke atas dan ujungnya menggembung membentuk spoangium. Sporangium yang masuk berwarna hitam. Spoangium kemudian pecah dan spora tersebar, spora jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh membentuk benang baru.

Reproduksi secara seksual dilakukan sebagai berikut :
dua hifa yakni hifa betina (hifa -) dan hifa jantan (hifa +) betemu, kemudian inti jantan dan inti betina melebu, terbentuk zigot yang berdinding tebal. Zigot menghasilkan kota spora yang disebut zigosporangium dan sporanya disebut zygospora. Zygospora mengalamai dormansi (istirahat) selama 1-3 bulan. Setelah itu zigospora akan berkecambah membentuk hifa. Hifa jantan dan betina hanya istilah saja , dan disebut jantan, jika hifanya memberi isi sel, disebut betina kalau menerima isi sel.

2.Divisi Ascomycota

Jamur Ascomycota


Ciri Khusus dari jamur Ascomycota adalah dapat menghasilkan spora askus (askospora), yaitu spora hasil repoduksi seksual, berjumlah 8 spora yang tersimpan di dalam kotak spoa. Kotak spora ini menyerupai kantong sehigngga disebut askus, untuk mengetahui bentuk dan stuktu askus dibutuhkan pengamatan yang teliti.

a.Reproduksi secara sesksual

Reproduksi secara seksual dapat dijelaskansecara ingkas sebagai berikut. Hifa yang bercabang-cabang ada yang berdifensiasi membentuk alat reproduksi betina yang ukurannya menjadi lebh besar, yang disebut askogonium. Di dekatnya , dari ujung hifa lain terbentuk alat repoduksi jantan yang disebut anteridium berinti haploid(n kromosom). Dari askogonium tumbuh saluran yang menghubungkan antara askogonium dan anteridum. Saluran itu disebut trikogin. Melalui saluran trikogin inilah inti sel dari anteidium pindah dan masuk ke dalam askogonium. Selanjutnya, inti anteridium dan inti askogonium berpasanga. Setelah terbentuk pasangan inti, dari askogonium tumbuh beberapa hifa. Hifa ini disebut sebagai hifa askogonium . Nah inin yang berpasangan itu masuk ke dalam askogonium ,kemudian membelah secara mitosis, namun tetap saja berpasangan. Setelah memasuki inti hifa askogonium teus tumbuh, membentuk sekat melintang, dan bercabang-cabang banyak. Di ujung-ujung hifa askogonium ini terdapat dua int. Ujung hifainilah yang kelak akan membentuk askus. Cabang-cabang hifa itu dibungkus oleh miselium, bentuknya kompak,yang mudah menjadi tubuh buah atau askokarp.

Dua inti di dalam askus yang berasal dari ujung hifa itu membelah secara meiosis membentuk 8 buah spoa. Jadi, spoa tersebut terbentuk di dalam askus, karena itulah disebut  spora askus. Spora askus dapat tersebar kemana-mana karena angin. Jika jatuh di tempat yang sesuai spora askus akan tumbuh menjadi benag hifa baru.

b.Reproduksi Secara Aseksual
Selain reproduksi secara seksual, jamur ini juga melakukan perkembangbiakkan secara aseksual melalui pembentukan tunas, pembentukan konidia, fragmentas. Warna spora dan konidia bemacam-macam. Ada yang hitam,coklat, bahkan kebiruan, dan juga ada yang merah oranye.
Ukuran tubuh Ascomycota ada yang mikroskopis (satu sel), ada yang makroskopis (dapat dilihat dengan mata). Golongan jamur ini ada yang hidup saprofit, parasit dan ada pula yang bersimbiosis.

Kesimpulan :Ascomycota
  • Hidup saprofit,parasit, ada yang bersimbiosis
  • Hifa bersekat melintang, bercabang-cabang
  • Reproduksi aseksual dengan tunas, fragmentasi, konidia
  • Reproduksi seksual dengan menghasilkan spora askus

3. Divisi Basidiomycota

Jamur Basidiomycota


Jamur Basidiomycota umumnya merupakan jamur makroskopik, dapat dilihat dengan mata karena ukuannya yang besar. Pada musim penghujan dapat kita temukan pada pohon, misalnya jamur kuping, jamur pohon, atau di tanah yang banyak mengandung bahan oganik, misalnya jamur barat.
Bentuk tubuh buahnya kebanyakan mirip payung misalnya pada jamur merang yang kalian amati. Basidiomycota ada yang dibudayakan misalnya jamur merang, jamur tiram, jamur shiltake, dan lainnya, jamur-jamur tersebut merupakan makan yang bergizi tinggi.

Hifa Basidiomycota memiliki sekat melintang, berinti satu (monokaiotik) atau dua (dikariotik). Miseliumnya berada pada substrat. Dari hifa dikariotik dapat muncul tubuh buah berbentuk payung atau bentuk lain yang menjulang di atas substrat. Bagian tubuh buah inilah yang enak dimakan. Tubuh buah atau basidiokarp merupakan tempat tumbuhnya basidium. Setiap basidium menghasilkan 4 spora basidum.

Secara singkat daur hidup Basidiomycota :Hifa (+) bertemu hifa (-) à inti dari hifa (+)pindah ke hifa(-) à hifa dikariotik à tumbuh miselium muncul basidiokarpàmembentuk basidium à spora basidium

Kesimpulan :Basidiomycota
  • Merupakan jamur makroskopik
  • Hifa bersekat melintang, monokariotik, atau dikariotik
  • Menghasilkan spora basidium dari reproduksi seksualnya
  • Reproduksi aseksual dengan Konidia

4.Divisi Deuteromycota

Telah dibahas sebelumnya bahwa jamu yang epoduksi seksualnya menghasilkan askus digolongkankedalam Ascomycota dan yang menghasilkan basidium digolobgkan kedalam Basidiomycota. Akan tetapi belum semua jamu yang dijumpai di alam telah diketahui cara repoduksi seksualnya. Kira-kira terdapat sekitar 1500 jenis jamur yang belum diketahui cara reproduksi seksualnya. Akibat dari hal ini Tidak ada yang bisa menggolongkan 1500 jamur tersebut. Jamur yang demikian untuk sementara waktu digolongkan k dalam Deuteromycota atau “jamur tak tentu”. Jadi Deuteromycota bukanlah penggolongan yang sejati atau bukan takson. Jika kemudian menurut penelitian ada jenis dari jamu ini yang diketahui proses reproduksi seksualnya,maka akan dimasukkan ke dalam ascomycota atau Basidiomycota. Sebagai cotnoh adalah jamur oncom yang mula-mula jamur ini berada di divisi deuteromycota dengan nama Monilla Sithophila. Namun setelah diteliti ternyata jamur ini menghasilkan askus sehingga dimasukkan ke dalam Ascomycota.

Nah, akhirnya selesai juga nih pembahasan artikel kali ini tentang Fungi, semoga bemanfaat ya sahabaat,dan apabila masih ada hal yang belum dipahami silahkan langsung ditanyakan saja melalui kotak komentar di softilmu.blogspot.com ini, Jangan Lupa Like
Terimakasih atas kunjungannya ya,sering-sering mampir.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan tentu kata-kata yang tidak asing bagi sahabat ilmu semuanya, Berdasarkan klasifikasi makhluk hidup 5 kindgom hewan dan tumbuhan ini dikelompokkan dalam kingdom yang berbeda, nah postingan kali ini akan membahas perbedaan antara keduanya, Beberapa point penting yang akan dikaji adalah tentang perbedaan sel ini dari dinding sel dan vakuolanya. Nah langsung saja disimak ya.

Artikel penunjang : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

A.STRUKTUR SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN


Struktur dasar sel hewan maupun sel tumbuhan adalah sama. Namun dalam perkembangannya,kedua jenis sel tersebut mengalami perkembangan sesuai dengan lingkungannya sehingga timbul berbagai macam perbedaan. salah satunya adalah peran ekologis,tumbuhan adalah pembuat makanan,sedangkan hewan berperan memakan tumbuhan dan hewan lainnya.

Perbedaan sel hewan dan Sel Tumbuhan
B.TABEL PERBEDAAN SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN

Sel Tumbuhan
Sel hewan
Memiliki dinding sel
Tidak memiliki diinding sel
Memiliki vakuola berukuran besar
Memiliki vakuola berukuran kecil
Memiliki plastida(kloroplas, kromoplas, dan leukoplas
Tidak memiliki plastida
Tidak memiliki sentriol
Memiliki sentriol

Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


C.SEL TUMBUHAN

Tumbuhan memiliki bagian-bagian sel yang membedakannya dengan sel hewan.Bagian-bagian sel tersebut adalah sebgai berikut.
Artikel Penunjang : Pengertian, Ciri, dan Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan)
1.Dinding Sel

Dinding sel merupakan bagian terluar dari sel.Dinding sel tumbuhan berfungsi sebagai pelindung dan penunjang sel tumbuhan.Dinding sel yang terbentuk pada waktu sel membelah disebut dinding primer dan setelah mengalami penebalan,berubah menjadi dinding sekunder.Dinding Primer sel merupakan selaput tipis yang tersusun atas serat-serat selulosa.serat-serat selulosa tersebut amat kuat daya regangnya.

Diantara dinding dua sel yang berdekatan,terdapat lamela tengah,tersusun atas magnesium dan kalsium pektat yang berupa gel.Diantara dua sel yang bertetangga,terdapat pori. Melalui pori ini plasma dua sel bertetangga dihubungkan oleh benang-benang plasma yang dikenal dengan plasma modesmata.

Batang tumbuhan umumnya lebih keras dibandingkan dengan tubuh manusia. Seorang ,manusia dapat mencubit manusia lainnya, tetapi tidak dapat mencubit pohon berkayu.Hal ini dikarenakan bagian luar sel tumbuhan tersusun dari dinding sel yang amat keras.bahan utama penyusun dinding sel berupa zat kayu,yaitu selulosa yang tersusun dari glukosa.Selain selulosa,dindingbsel juga mengandung zat lain,misalnya pektin,hemi selulosa,  dan glikoprotein.

2.Vakuola

Vakuola merupakan organel bermembran yang berisi cairan vakuola.Sebenarnya vakuola terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan.Namun,Vakuola pada tumbuhan memiliki bentuk dan fungsi yang lebih nyata dibandingkan vakuola pada sel hewan,Tumbuhan yang masih muda memiliki sel dengan ukuran yang kecil,tetapi pada tumbuhan yang bertambah besar dan dewasa,vakuola tampak membesar,bahkan mendominasi sitoplasmadan mendesak sitoplasma ke tepi dinding sel.Seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Pada dasarnya cairan sitoplasma bersifat hipertonik terhadap lingkungannya,sehingga terjadi osmosis,yaitu vakuola menyerap air.Akibatnya,vakuola membesar dan meningkatkan tekanan air di dalamnya (tekanan turgor) serta mendesak membran vakuola (Tonoplas) ke arah sitoplasma.Sitoplasma meneruskan tekanannya ke arah dinding sel.Tekanan turgor berguna untuk mengatur gerakan osmosis cairan dari luar ke dalam sel,Dinding sel cukup kuat menahan tekanan sitoplasma,membatasi volume sitoplasma,dan mencegah sel pecah.Di lain pihak,tekanan dari luar sel kepada tonoplas cukup kuat untuk memelihara turgiditas sel (latin,turgidus=menggelembung).

Fungsi utama vakuola adalah untuk memasukkan air melalui tonoplas untuk membangun turgor sel.Selain itu,fungsi fakuola yang lain adalah sebagai berikut:
  • Adanya pidmen antosian,seperti antosianin,memberiikan kemungkinan warna cerah yang menarik pada bunga, pucuk daun, dan buah.
  • Kadang kala vakuola tumbuh mengandung enzim hidrolitik yang dapat bertindak sebagai lisosom waktu sel masih hidup.
  • Menjadi tempat penimbunan sisa metabolisme, seperti kristal kalsium oksalat, alkalois, tanin, dan lateks(getah).Sel khusus yang mempunyai vakuola dengan tugas menampung lateks disebut latisifer.Latisifer banyak ditemukan pada batang karet,dan tumbuhan sefamilinya.
  • Tempat penyimpanan zat makanan seperti sukrosa,garam mineral,dan inulin terlarut yang sewaktu-waktu dapat digunakan oleh sitoplasma.


3.Plastida

Plastida adalah organel bermembran lengkap,dengan bentuk dan fungsi yang bermacam-macam.Organel ini hanya ditemukan pada sel tumbuhan,berupa butir-butir yang mengandung pigmen.Plastida merupakan hasil perkembangan dari badan kecil yang dikenalproplastida yang banyak di daerah merismatik.Dalam perkembangannya,proplastida dapat berubah menjadi tiga tipe,yaitu tipe kloroplas, kromoplas, dan leukoplas.
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Macam – Macam Organel Sel

a.Kloroplas

Kloroplas merupakan organel yang mengandung klorofil. Klorofil berfungsi pada saat fotosintesis. Struktur kloroplas terdiri dari membran luar yang berguna untuk melewatkan molekul-molekul berukuran kurang dari 10 kilodalton tanpa selektivitas.Membran dalambersifat selektif permeabel dan berguna untuk memilih molekul keluar masuk dengan transpor aktif; Stroma merupakan cairan kloroplas yang berguna untuk menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk pati (amilum); dan tilakoid tempat terjadinya fotosintesis.
Kloroplas banyak terdapat pada daun dan organ tubuh lainnya yang berwarna hijau.Klorofil dapat dibedakan menjadi berbagai macam,yaitu:
  • Klorofil a :menampilkan warna hijau biru
  • Klorofil b :menampilkan warna hijau kuning
  • Klorofil c :menampilkan warna hijau cokelat
  • Klorofil d :menampilkan warna hijau merah.


b.Kromoplas

Kromoplas adalah plastida yang memberikan aneka ragam warna nonfotosintesis,seperti pigmen merah,oranye,kuning,dll..Pigmen yang termasuk kelompok kromoplas antara lain:
  • Karoten, menimbulkan warna kuning jingga dan merah,misalnya pada wortel
  • Xantofil, Menimbulkan warna kuning pada daun yang telah tua
  • Fikosianin, Memberikan warna biru pada ganggang
  • Fikosiantin,Memberikan warna cokelat pada ganggang
  • Fikoeritrin, Memberikan warna merah pada ganggang.


c.Leukoplas

Leukoplas adalah plastida tidak berwarna atau berwarna putih.Umumnya terdapat pada organ tumbuhan yang tidak terkena sinar matahari , khususnya pada organ penyimpanan cadangan makanan.Leukoplas biasanya berguna untuk menyimpan cadangan makanan, seperti amilum dan protein pada sel-sel batang ketela pohon dan sel-sel akar pada kentang.



Leukoplas dibedakan menjadi tiga macam,yaitu:
  • Amiloplas, yaitu leukoplas yang berfungsi membentuk dan menyimpan amilum,
  • Elaioplas(lipidoplas), yaitu leukoplas yang berfungsi untuk membentuk dan menyimpan lemak atau minyak,
  • Proteoplas, yaitu leukoplas yang berfungsi menyimpan protein.


D.SEL HEWAN

Hewan memiliki organel yang khas pada selnya,yaitu sentriol yang tidak terdapat pada sel tumbuhan.

1.Sentriol

Sentriol merupakan sepasang struktur seperti silinder yang memiliki lubang tengah dan tersusun dari protein mikrotubulus. Anggota pasangan sentriol biasanya terletak pada posisi menyudut ke arah kanan satu sama lain.
Sentriol tersusun dari mikrotubulus yang membentuk suatu struktur protein seperti jala yang tampak berdekatan dengan kromosom selama pembelahan sel (metosis dan meiosis). Jala tersebut dinamakan benang spindel. Pada ujung lain, jala ini berdekatan dengan bagian ujung sentriol. Sentriol berperan untuk mengatur polaritas (kutub) pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan.

2.Vakuola
Pada beberapa jenis hewan bersel satu ditemukan adanya vakuola, misalnya pada amoeba dan paramecium.Pada paramecium terdapat dua macam vakuola,yaitu:
  • Vakuola kontraktil atau vakuola berdenyut, khas untuk hewan bersel satu yang hidup di air tawar. Vakuola ini berpran menjaga tekanan osmotik sitoplasma, atau sering disebut sebagai alat osmoregulato.
  • Vakuola nonkontraktil atau vakuola tak berdenyut,bertugas mencernakan makanan,sehingga sering disebut vakuola makanan.


Itulah postingan softilmu.blogspot.com, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya. Jika ada hal yang belum dimengerti atau ingin ditanyakan silahkan saja diisikan di kotak komentar kami, nanti kami akan mencoba menjawabnya. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa likenya ya.