Pengertian, Komponen, dan Macam macam Ekosistem

Pengertian ekosistem, komponen dalam ekosistem, satuan makhluk hidup dalam ekosistem, macam-macam ekosistem, dan pencemaran ekosistem, itu merupakan point-point yang akan kami bagikan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya. Langsung saja ya


A.PENGERTIAN EKOSISTEM

Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, jadi kita tahu bahwa ada komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik(tidak hidup) yang terlibat dalam suatu ekosistem ini, kedua komponen ini tentunya saling mempengaruhi, contohnya saja hubungan heewan dengan air. Interaksi antara makhluk hidup dan tidak hidup ini akan membentuk suatu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat memiliki fungsinya masing-masing, dan selama tidak ada fungsi yang terngganggu maka keseimbangan dari ekosistem ini akan terus terjaga.

Ekosistem

B.KOMPONEN DALAM EKOSISTEM
Berdasarkan fungsi dan aspek penyusunannya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu sebagai berikut.
Komponen Abiotik, yaitu komponen yang terdiri atas bahan-bahan tidak hidup (nonhayati), yang meliputi komponen fisik dan kimia, seperti tanah, air, matahari, udara, dan energi.
Ada 2 pembagian komponen biotik dalam suatu ekosistem, yaitu Organisme Autotrof dan Organisme Heterotrof, nah tentu saja sahabat sudah sering mendengar kedua kata ini, silahkan saja disimak lagi lanjutannya ya :

Organisme Autotrof adalah semua organisme yang mampu membuat atau mensintesis makanannya sendiri, berupa bahan organik dan bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis. Semua organisme yang mengandung klorofil terutama tumbuhan hijau daun disebut organisme autotrof. Ada dua pembagian atas Organisme autotrof ini yaitu :

1.Fotoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi cahaya untuk mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.
2.Kemoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi dari reaksi kimia untuk membuat bahan makanan sendiri dari bahan organik. Contohnya adalah bakteri besi, dalam menjalankan proses ini mereka membutuhkan oksigen.

Organisme Heterotrof adalah semua organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, akan tetapi meman faat kan bahan-bahan organik dari organisme lainnya sebagai bahan makanannya. Organisme ini terdiri atas 3 tingkatan yaitu :

  • Konsumen yang secara langsung memakan organisme lain
  • Pengurai yang mendapatkan makanan dari penguraian bahan organik dari bangkai
  • Detritivor yang merupakan pemakan partikel organik atau jaringan yang telah membusuk, contoh nya adalah lintah dan cacing

C.SATUAN MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM
  • Individu merupakan satu makhluk hidup, contohnya seekor burung.
  • Populasi merupakan sekumpulan makhluk hidup yang menetap disuatu tempat dalam jangka waktu tertentu dan mampu berkembangbiak, contohnya sekumpulan semut.
  • Komunitas merupakan kumpulan dari populasi yang menempati daerah yang sama dalam waktu jangka waktu yang panjang.
  • Ekosistem merupakan kumpulan dari komunitas tadi yang melibatkan interaksi yang muantap antara makhluk hidup.


D.MACAM-MACAM EKOSISTEM

Ada dua macam ekosistem yang terbentuk di bumi kita ini, yaitu

Ekosistem alamiah


Ekosistem Alami
Ekosistem ini adalah ekosistem yang tercipta dengan sencirinya tanpa ada campur tangan dari manusia, oleh karena itu lah kita sebut sebagai ekosistem Alamiah. Contohnya adalah ekosistem laut dan sungai.

Ekosistem Buatan


Ekosistem Buatan

Seperti namanya, ekosistem ini merupakan yang terbentuk dengan adanya campur tangan manusia, Dibuat kebanyakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun keanekaragaman hayati di sini terbatas, karena bukan itu tujuan dari membuat ekosistem ini. Contohnya adalah sawah.

E.INTERAKSI DALAM EKOSISTEM
Tentunya setelah mengetahui komponen dalam suatu ekosistem kita bertanya-tanya bagaimana sesungguhnya hubangan antara makhluk hdup yang tinggal menetap dalam suatu ekositem, nah begini nih sahabat

Setiap makhluk hidup akan berusaha untuk mempertahankan populasinya, tentu dengan cara mencari makanan dan terus berkembang biak, seperti yang kita ketahui ada makhluk hidup karnivora dan herbivora hal ini akan menimbulkan hubungan erat yang biasa dinamakan rantai makanan dan jaring jaring makanan. Saya akan menambahkan gambar saja ya, mudah-mudahan sahabat semuanya dapat mengerti melalui gambar ini

2. Jaring-jaring makanan


Jaring - jaring makanan
Artikel Penunjang : Rantai Makanandan Jaring – Jaring Makanan
F.PENCEMARAN EKOSISTEM





Ekosistem ini sebenarnya memberikan banyak keuntungan dalam kehidupan manusia, namun banyak dari kita tidak menyadarinya sehingga bertindak hanya demi kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampaknya bagi kehidup anak cucu kita, betapa tidak, banyak orang melakukan penebangan liar, pembakaran hutan, membuang limbah berbahaya ke laut, nah lihatlah dampaknya !!

Nah, gimana nih sahabat setelah melihat gambar pencemaran lingkungan di atas, menyedihkan bukan? Oleh karena itu mari kita menjaga lingkungan ini agar anak cucu kita dapat merasakan kenyamanan dan keindahan yang diberikan oleh Tuhan, Semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi sahabat, terimakasih nih telah berkunjung di softilmu.blogspot.com, blog yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Jangan lupa like dan komentarnya ya J

50 komentar

thanks ya kak,,,,info nya,,,

Reply

Thanks Kak Ilmunya,, Semoga Pahalanya Mengalir Terus,, Semoga Banyak yg membacanya Lalu yg Membacanya Juga Membagikan Ilmu Ini Terhadap yg Lain Lalu Pahalanya Senantiasa Mengalir Ke kakak,, Thanks Kak :D

Reply

Yup, sama-sama , Aminnn Aminn Aminnn :))
Makasihh doanya ya :))

Reply

kaga ada yg saya cari

Reply

terima kasih atas bantuan materinya :)

Reply

Kembali kasih atas komentar dan kunjungannya :)

Reply

Mohon maaf gan kalo belum ada materi yang diinginkan :(

Reply
Anonymous mod

Banyak membantu gan..
Makasih banyak...

Salam kenal : Musa

Reply
Anonymous mod

woyy abdul hadi ... ni pengertian gk bener banget ..!!! membodohkan anak bangsa ... gimana sih kasih ilmu tuh yg bener jgn yg gk bener


UNTUK BEDUL HADI

Reply
Anonymous mod

Ilmu yang diatas itu bener.
kamu aja yang mikirnya gak pakai otak

Reply
Anonymous mod

Terima kasih Ilmu Nya Kak (y)

Reply

thank iya info nya lumayan buat mid besok .alnya dosen nya garang hee

Reply
Anonymous mod

Thank ya buat jawabannya soalnya jawabannya mudah di pahamin

Reply

Sama-sama Kawan :))

Reply

Sama-sama Gan
Semoga sukses Midnya :D

Reply

Alhamdulillah
Mudah-mudahan dapat terus membantu :))

Reply

Sama-sama gan, Senangnya Bisa Membantu :))

Salam Kenal Juga Musa :))

Reply

Maaf gan, menurut Saya Pengertian Itu sudah Benar kok :))

terimakasih atas kunjungannya ya :D

Reply

thanks for the info and knowledge you have shared,
it is very useful,
once again thank you :)

Reply

Your welcome Wulan Agustin :))
thank you

you can share it btw XD

Reply

Terimakasih Nurul Fadhilah :D
Sering-sering mampir :))

Reply

Sankyuu Adi Ismail :))

Reply

lebih ringkas yaaa biar gampang dihafal tapi thanks ilmunya

Reply
This comment has been removed by the author.

artikelnya bermanfaat kak, sy jga punya artikel tentang Ekosistem, smoga bisa saling melengkapi

Materi Biologi SMA - Ekosistem

Reply

artikelnya bermanfaat kak, sy jga punya artikel tentang Ekosistem, smoga bisa saling melengkapi

Materi Biologi SMA - Ekosistem

Reply

Sama - sama Hanna :D

Reply

Ok gan, Sama-sama :)
Terimakasih juga kunjungannya :)

Reply

Hahahaha Bahasa Jepang Kalau Begitu . ARIGATOU GONZAIMAS ~

Reply

Thanks For Post :D Baru Belajar Bahasa Inggris Hehehe :v !!

Reply

Kak ABDUL Kelas Brp ?

Reply

Ini Blog Kak Abdul ?

Reply

Iya ini Blog saya
sekarang sudah Mahasiswa :)
terimakasih Kunjungannya PIV.LYRICS

Reply

Sama sama gan
saya juga masih belajar :D

Reply

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk

Reply

tx dah bantu y! :):):)

Reply

Terimakasih sudah berbagi ilmu kak :)

Reply

Sama sama Rafa Arrazi :)

Reply

Sama Sama Adelia Vira :)

Reply

Terimakasih Raam Pujadi Pujadi :D

Reply

Mantap. Ekosistem yang terjaga kealamiannya adalah objek pariwisata terbaik.
Salam hijau....
menang BERSAMA
Hidup Adalah Perjuangan

Reply

Post a Comment