Cara Tepat Berdakwah di zaman Modern

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala Puji bagi Allah swt. Yang telah memberikan kita kesehatan jasmani dan rohani sehingga dapat merasakan berbagai nikmat yang diberikan sampai saat ini. Shalawat bernadakan salam kita sanjung-sajikan kepangkuan Rasulullah saw. Yang telah berjuang memberikan kedamain pada kehidupan umat, yang membuat kita hidup tentram pada zaman yang modern ini.

Pada postingan kali ini saya mungkin akan mengajak sahabat berpikir sejenak, dan juga melakukan perubahan terhadap diri kita masing-masing untuk menjadi lebih berguna bagi keluarga, teman, dan semua orang di sekitar kita. Pembahasan saya kali ini adalah tentang pedoman hidup umat manusia di dunia. Bagaimana kira-kira kita bisa sangat berguna bagi semua orang yang ada di lingkungan kita ? Bahkan jika bisa kita berguna bagi orang yang tidak kita kenal ? Bagaimana caranya ?

Mungkin saja banyak dari kita yang ingin melakukannya, namun tidak tahu bagaimana cara agar tujuan itu bisa tercapai. Nah, saya akan mencoba memberikan jawaban dan pendapat saya mengenai hal ini.
Terus terang banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih kebahagiaan. Namun bagi saya kebahagiaan yang sempurna dan diinginkan setiap orang adalah kebahagiaan yang “Abadi”. Untuk apa merasakan bahagia yang hanya sebentar kemudian kesengsaraan setelahnya. Nah, Lantas bagaimana cara memberikan kebahagiaan yang “Abadi” kepada orang di sekitar kita?

Cara yang paling tepat adalah dengan mengajak mereka untuk mengenal, mempelajari, memahami, dan menerapkan prinsip “AGAMA ISLAM” dalam kehidupannya. Banyak orang yang hidup di zaman canggih seperti sekarang ini memiliki KTP yang bertuliskan agama : ISLAM, namun mereka bahkan tidak mengenal bagaimana islam itu sebenarnya. Sehingga terus tidak memperdulikan tentang agama yang sebenarnya sangat indah ini, dan hanya mementingkan kebahagiaan dunia yang fana.

Baiklah sahabat Ahlussunnah wal jamaah
Tema yang saya angkat pada artikel kali ini adalah ”Bagaimana kita mengajak orang seramai mungkin untuk mengenal, mempelajari, memahami, dan menerapkan prinsip hidup dalam ISLAM ditengah kemajuan teknologi yang ada sekarang.”


Teknologi yang terus berkembang memberikan banyak perubahan dalam kehidupan sosial manusia. Orang-orang mulai jarang bertatap muka secara langsung jika ada keperluan. Begitu pula saat menambah ilmu tentang sesuatu, kita saat ini kebanyakan menggunakan berbagai media yang berhubungan dengan internet untuk memperoleh informasi. Nah momen ini juga harus disadari dalam berdakwah, seorang pendakwah tentunya sangat baik jika bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi di zaman modern ini. Ditambah lagi jika kita memanfaatkan berbagai media yang ada dalam berdakwah, jangkauan dakwah kita akan sangat luas, bahkan bisa mencakup seluruh dunia, MasyaAllah sungguh luar biasa jika bisa melakukan dakwah ke seluruh penjuru dunia.

Berikut saya akan coba membahas cara dakwah yang sangat baik dicoba dan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Dakwah secara langsung merupakan cara yang paling efektif dari zaman dahulu sampai dengan zaman sekarang menurut saya. Karena para hadirin dalam dakwah langsung ini dapat merasakan semangat dan juga hal positif lain yang ingin disampaikan oleh pendakwah secara sempurna, tanpa ada perantara. Namun, lama kelamaan semakin sedikit saja orang yang menghadiri dakwah secara langsung ini, di kampung saya contohnya. Terlebih lagi yang hadir disana kebanyakan bukan lah generasi muda yang sedang ber api-api, melainkan dakwah ini di dominasi oleh mereka yang sudah berkeluarga dan juga orang tua yang berumur 50 ke atas. Apa yang terjadi pada mereka yang masih muda ? 

Teladan sukses dalam berdakwah secara langsung seperti ini di Indonesia yang dapat kita jadikan contoh adalah Walisongo. Nama WaliSongo ini berarti sembilan wali yang menyebarkan islam di daerah Jawa.
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya, kaum muda Indonesia (termasuk saya) kebanyakan lebih tertarik dengan perkembangan media-media sosial saat ini, baik itu dengan game, video menarik, kumpulan kata2, dan juga medi interaksi di Internet sekarang. Melalui artikel ini saya ingin menyampaikan ide untuk kemajuan islam yang mudah-mudahan dapat membantu dalam perkembangan dakwah. 



Dengan menulis kita dapat merubah pandangan seseorang, dengan menulis kita dapat menciptakan kesatuan, bahkan dengan menulis kita dapat membuktikan mana yang benar dan mana yang salah. Juga saya sangat senang mendengar kalimat "Saat Engkau Belum Mampu Membantu Saudaramu dengan Pedang, Maka berusahalah Untuk Membantu Mereka Dengan Pena Sekalipun" . Maksud dari kalimat ini adalah jika kita belum bisa atau belum berani membantu saudara kita yang sedang berperang secara langsung, maka bantulah mereka dengan apapun, bahkan dengan menulis sekalipun. MasyaAllah, sungguh luar biasa sahabat muslim semuanya. 
Sangat banyak sebenarnya Media Social di Internet yang dapat kita jadikan Media Dakwah yang Ideal, Namun yang paling saya sarankan adalah Berdakwah dengan Facebook, Twitter, dan Melalu Blog/web.

1.Facebook

Media sosial ini merupakan yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia, dari tahun ke tahun pun penggunanya terus bertambah. Facebook ini memungkinkan kita untuk membuat status tentang apa yang kita pikirkan pada hari ini, kemudian kita juga bisa meng-upload foto dan video kedalamnya dengan bebas.  Sebenarnya saya khawatir dengan saudara/saudari muslim yang nantinya tidak bisa mengontrol diri, takutnya perkembangan sosial melalui media ini dapat berujung pada berbagai macam maksiat. Contohnya saja bagi wanita yang sering meng-upload foto dengan aurat yang tidak tertutup dengan baik ke media ini, apa jadinya tindakan yang seperti itu? Sungguh sangat disayangkan jika pengguna media ini tidak ada yang mengarahkannya untuk memanfaatkan media dengan cara yang benar dan dalam batasan wajar. Oleh karena itu, Saya ingin pendakwah di Indonesia ikut berpartisipasi dalam menyerukan kebaikan, agar kita dapat membantu orang lain sebanyak mungkin. 

2.Twitter 
Media selanjutnya adalah Twitter, Sistem dari media ini yaitu kita dapat menulis apapun yang kita suka dengan panjang karakter tertentu (seperti status pada facebook) pada tampilan sederhana dan menarik perhatian. Twitter menjadi saingan utama facebook dengan pengguna yang terus meningkat dari hari ke hari. Sudah banyak saya rasa pendakwah Indonesia yang mulai memanfaatkan media twitter untuk menyebarkan islam. Ustad Felix Siauw misalnya, beliau dijuluki Ustad Twitter, kicauan-kicauan beliau di twitter menarik banyak orang dan juga mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari muslim di Indonesia Mercusuar Dunia ini. Sehingga menurut saya sangat bagus jika twitter dijadikan media dakwah seperti yang dilakukan Ustad Felix.







3.Blog/Web
Sistem Blog/Web ini berbeda dengan media sosial twitter dan facebook. Blog/Web ini adalah media dakwah untuk tulisan berupa artikel, yang apabila dibagikan, maka akan tertera di Google Search. Contohnya adalah blog saya ini, jadi dengan media blog atau web ini kita memiliki jangkauan seluruh dunia walaupun memiliki bahasa yang berbeda-beda itu tidak masalah, karena Google sekarang sudah memiliki teknologi untuk menerjemahkan bahasa yang satu ke bahasa yang lainnya. 
Untuk contoh blog dan web top yang sudah menerapkan metode penyebaran dakwah dengan cara menulis silahkan lihat link di bawah ini :
a. www.cyberdakwah.com – Media Islam Terdepan
b. www.muslimedianews.com – Voice of Moslem
c. www.nu.or.id – Website resmi Nahdlatul Ulama
d. www.habiblutfi.net – Dakwah teduh dan cinta tanah air
e. www.streamingislami.com – Streaming dakwah Islam terlengkap



Media internet yang menarik perhatian selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kreatifitas melalui foto atau gambar. Jika sahabat mempunyai hobi atau kemampuan dalam fotografi, maka bisa dimanfaatkan untuk memberikan ilmu yang berhubungan dengan islam, yang tentunya sangat bermanfaat bagi umat. Contohnya seperti gambar ini 


Juga sahabat bisa menambahkan humor agar lebih menarik perhatian.

SUMBER GAMBAR :KLIK DI SINI



Dakwah melalui video ini sangat menjanjikan, karena orang yang menonton video tersebut akan terbawa suasana di dalamnya. Dengan begitu pesan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah tersampaikan. Sudah banyak sekali umat yang memanfaatkan media berbagi video di internet ini untuk berdakwah dan apresiasi umat islam maupun non-muslim sangat luar biasa. Jadi berdasarkan pengalaman tersebut, siapa tahu kita dapat mengajak mereka yang non-muslim untuk masuk ke dalam islam dengan memperkenalkan islam melalui media ini.

Youtube.com adalah tempat berbagi video yang sangat terkenal, saya yakin sahabat semua pasti pernah membuka youtube, dibawah ini adalah video tentang dakwah yang sangat berkesan bagi saya. Semoga dapat memotivasi sahabat dalam berdakwah.



video

Pernahkah sahabat bermain game?
Berdasarkan pengalaman saya, rata-rata game membuat kita ketagihan apapun jenisnya. Inilah yang mendasari ide saya menjadikan game untuk media dakwah. Saya terpikirkan bagaimana jika kita membuat game yang akan menambah ilmu setiap pemainnya tentang islam, terlebih lagi jika ilmu yang kita berikan di game tersebut merupakan yang sangat sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh sangat unik bukan? kita mendapatkan ilmu tentang islam melalui game, dan saya rasa itu merupakan evolusi yang luar biasa dalam berbagi ilmu,

Gambar diatas merupakan contoh game yang sangat baik, anak-anak diarahkan untuk menemukan satu huuf hijaiyah yang telah yang telah bergabung dengan huruf lain untuk membentuk rangkaian kata. Ini membuat kita semakin bersemangat dalam mempelajari islam. :) 



Seperti Point dan gambar diatas, dalam berdakwah tentu akan muncul hambatan atau cobaan-cobaan. Saya yakin akan ada pihak yang tidak suka dengan apa yang anda lakukan, namun yang paling penting adalah niat kita. jika niat kita untuk melakukan kebaikan, maka jangan ada keraguan sedikit pun di dalamnya, terlebih lagi untuk menyebarkan agama islam. Bahkan pemimpin kita Rasulullah tidak pernah mundur sekalipun walau beliau dicaci, dimaki, dan difitnah saat sedang menyebarkan ajaran agama. Kita yang menjadikan beliau sebagai suri tauladan juga tidak boleh mundur dalam menghadapi cobaan. Allah telah menjanjikan surga bagi orang yang mentaati perintahNya. 

Jadi dalam berdakwah melalui media ini, saya memiliki saran agar membulatkan tekad terlebih dahulu, agar kita nantinya siap akan cobaan yang datang. Semoga dapat menyebarkan Islam sampai ke seluruh penjuru dunia dan mencapai keberhasilan dengan semangat yang ada. 
Mari Berjuang bersama untuk mewujudkannya!! ALLAHUAKBAR

keyword pada blog: Ahlussunnah wal jamaah, Walisongo, Indonesia Mercusuar Dunia

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

7 komentar

Terimakasih Dacin Sudacin, Hanya Saja Kenapa ? :D

Reply

Allahuakbar! Semoga kembali ke jalan yang benar. Amin

Reply

Allahuakbar! Semoga kembali ke jalan yang benar. Amin

Reply

Berdakwah kepada umat
Diri sendiri dalam taat
Sisipkan juga vaksin penyelamat
Agar selamat dari ulah pemurtad
Agar selamat dunia akhirat

Reply

cara dakwah harus menyesuaikan zaman, biar agama mudah diterima

Reply

Post a Comment