Objek dan Permasalahan Biologi (Part 2)


Merupakan struktur tubuh yang kompleks yang terdiri dari kumpulan jaringan.

Organ pada hewan dibedakan menjadi 2:
  • Organ luar, misalnya: tangan, kaki, hidung, mulut, telinga, mata.
  • Organ dalam, misalnya: hati, ginjal, usus, jantung, paru-paru, saraf.


Organ pada tumbuhan :
  • Akar, berfungsi menyerap air dan zat-zat makanan, memperkukuh berdirinya batang, menyimpan cadangan makanan, dan alat perkembangbiakan vegetatif.
  • Batang, berfungsi sebagai tempat tumbuhnya daun, alat penyimpanan cadangan makanan, alat perkembangbiakan vegetatif, alat transportasi zat makanan dari akar ke daun dan hasil asimilasi dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  • Daun, berfungsi sebagai tempat fotosintesis, tempat menyimpan bahan makanan, alat perkembangbiakan vegetatif (pada tumbuhan tertentu), alat evaporasi (penguapan), dan alat respirasi (melalui stomata).
  • Bunga, berfungsi sebagai alat pembentuk sel kelamin.
  • Buah, berfungsi menghasilkan biji yang mengandung embrio atau lembaga sebagai alat perkembangbiakan bagi tumbuhan.


Organisasi Kehidupan Tingkat Sistem Organ

Yaitu kelompok berbagai organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi tertentu. Sistem organ akan membentuk organisme (individu).

Contoh sistem organ, yaitu: 
  • Sistem peredaran darah tersusun atas organ jantung, pembuluh darah, darah.
  • Sistem pernapasan tersusun atas organ hidung, tenggorokan, paru-paru.
  • Sistem organ tumbuhan pada umumnya terdiri atas:
  • Sistem pengangkutan yang meliputi pembuluh kayu dan pembuluh tapis;
  • Sistem pernapasan, terdiri atas stomata (mulut daun) dan pembuluh pengangkut;
  • Sistem reproduksi (perkembangbiakan), terdiri atas putik dan benang sari pada bunga.


Organisasi Kehidupan Tingkat Individu

Satu-satuan makhluk hidup disebut individu. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal. Setiap manusia melakukan proses hidup dalam tubuhnya. Proses hidup ini berjalan terpisah dan berbeda dalam tiap-tiap tubuh manusia.

Kadang-kadang organisme yang sama berkelompok menjadi satu sehingga secara keseluruhan terlihat sebagai satu individu, tetapi tidak demikian jika diselidiki  lebih lanjut. Untuk itu, perlu dipelajari lebih lanjut tentang kajian biologi yang meliputi jenis-jenis organisme, kedudukan secara taksonomis, cara memperoleh makanan, cara bereproduksi, cara bergerak, cara mempertahankan diri, dan cara beradaptasi terhadap lingkungannya.



Organisasi Kehidupan Tingkat Populasi

Sekelompok individu sejenis yang tinggal di suatu tempat pada waktu tertentu disebut ‘populasi’. Contoh populasi, yaitu sepuluh tanaman bunga mawar di kebun bunga; sepasang merpati atau kupu-kupu di taman bunga.

Objek kajian biologi pada tingkat populasi ini meliputi perkembangan populasi, angka atau jumlah kelahiran/kematian, perpindahan atau migrasi, kompetisi atau persaingan antar anggota populasi dalam memperebutkan pasangan, makanan, atau tempat.

Organisasi Kehidupan Tingkat Komunitas

Merupakan populasi semua macam spesies yang menduduki suatu habitat. Spesies dalam komunitas dapat berperan sebagai produsen, konsumen, pengurai, dan detritrivor. Contoh komunitas yaitu komunitas sawah (ada populasi belalang, ada populasi padi, ada populasi ular, dan lain-lain).

Post a Comment