Macam - macam Otot

Otot Polos, Otot rangka, dan Otot Jantung, merupakan topik pembahasan utama kita pada postingan kali ini. Langsung saja ya


Artikel ini menarik juga sob : Pengertian dan Fungsi Rangka

Ilmu yang mempelajari tentang otot dan struktur pendukungnya disebut miologi. Kita dapat mempelajari tentang otot secara makroskopis (mata telanjang) dan juga mikroskopis (dengan memakai mikroskop). Setiap jaringan otot memiliki kemampuan untuk berkontraksi (memendek) dan untuk berelaksasi (memanjang), kemampuan ini sesuai dengan fungsi otot sebagai alat gerak aktif. Bersamaan dengan tulang dan stimulasi saraf, otot dapat bergerak. Sel-sel Otot ini bekerja dalam kelompok tidak bekerja sendiri-sendiri, artinya sel-sel otot yang sama bergantian melakukan kontraksi saat dilakukannya suatu pekerjaan.


Artikel Terkait : Pengertian, Fungsidan Bagian Mikroskop

Jenis-Jenis Otot 

A. OTOT POLOS
Otot polos adalah otot yang bersifat ‘involunter’ yang berarti otot ini bekerja secara tidak sadar / tidak menurut kehendak. Otot ini berkontraksi secara lambat, namun dapat bekerja dalam waktu yang lama. Penggunaan energi saat kontraksi pada otot polos ini sangat efisien.
Otot polos memiliki 1 inti sel yang terletak di tengah. Serat otot polos berbentuk gelendong. Otot ini tersusun atas sel-sel yang berbentuk lancip dan memanjang. Dapat dilihat pada gambar.
Otot Polos
Contoh organ yang disusun oleh otot polos adalah sebagian besar organ pencernaan seperti esophagus, intestinum dan kolon.

Ada dua jenis otot polos berdasarkan cara serabut saraf otot distimulasi untuk berkontraksi, yaitu:
  • Otot Polos Unit Ganda, otot ini memerlukan stimulus saraf eksternal untuk melakukan kontraksi. Contoh otot ini terdapat pada otot mata yang memfokuskan lensa dan menyesuaikan ukuran pupil.
  • Otot Polos Unit Tunggal (viseral), otot ini tidak memerlukan stimulus saraf eksternal untuk melakukan kontraksi, contoh otot ini terdapat pada lapisan dinding organ berongga (visera).


B. OTOT RANGKA / SKELET / LURIK
Otot rangka ini merupakan kebalikan dari otot polos. Otot rangka bekerja secara sadar, artinya bekerja menurut kehendak, setiap kerja dari otot rangka tergantung kepada keinginan seseorang.

Otot rangka memiliki banyak inti sel , itulah yang membuat nya mampu bekerja kuat, namun otot ini mudah lelah. Mudah lelah disini artinya tidak bisa melakukan suatu pekerjaan secara terus menerus tanpa istirahat. Beda halnya dengan otot jantung. Otot ini memiliki sel-sel berbentuk silinder yang sangat panjang. Disebut otot rangka karena melekat pada rangka tubuh. Strukturnya dapat dilihat pada gambar di bawah.
Otot Lurik
Contoh organ yang disusun oleh otot polos adalah sebagian besar wajah, anggota gerak, dan dinding perut.

C. OTOT JANTUNG
Otot jantung biasanya disebut juga myocardium, myo artinya otot, dan cardium artinya jantung. Jadi seperti namanya otot ini merupakan yang otot yang terdapat di jantung. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa otot jantung merupakan gabungan dari otot polos dan otot rangka (otot lurik).

Bentuk dari otot jantung ini serupa dengan otot rangka (berbentuk silinder panjang namun memiliki inti di tengah) tapi sifat nya serupa dengan otot polos (bekerja secara involunter). Otot ini bekerja secara terus menerus tanpa lelah dan tidak pernah beristirahat, kerjanya tidak diatur oleh sistem persarafan, namun suatu sistem pengatur aliran listrik jantunglah yang membuat otot ini bekerja tanpa henti.
Otot Jantung
Otot ini hanya terdapat di jantung, terutama membentuk dinding ventrikel jantung.

D. TABEL PERBEDAAN OTOT POLOS, OTOT RANGKA, DAN OTOT JANTUNG


















Referensi :
  • Firmansyah, Ricky, dkk. 2007. Mudah dan Aktif Belajar Biologi. Jakarta : Grafindo Media Pratama
  • Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi Untuk Pemula. Jakarta : EGC
  • Bahan Ajar Neuro MUSCULOSKELETAL bagian Anatomi Uneiversitas Syiah Kuala


Nah sekian dulu bahasan singkat kami mengenai macam-macam otot, mudah-mudahan saja dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya. Jika ada hal yang belum dipahami bisa di tanyakan pada kotak komentar, kita akan mendiskusikannya, terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa like nya ya J.
loading...

8 komentar

Thanks infonya.....

Reply

Tidak bagus zascia, dapat berbahaya.
Alangkah baiknya untuk membentuk otot kita menerapkan cara yang benar, tidak terburu-buru, karena pembentukan otot membutuhkan waktu :D

Reply

Sama-sama gan, Terimakasih juga telah berkunjung :D

Reply

Tolong Jawab Dong :),= 1.Mengapa Otot Jantung Termasuk Kedalam 2 Jenis Otot?Jelaskan!
2.Apa Itu Kelainan Dalam Sistem Gerak Manusia?Jelaskan Secara Rinci!

Tolong Jawan Ea Bang/Kak ;)

Reply

nyeri setelah latihan membentuk otot adalah tahap otot mengalami hipertropi(penambahan massa). ini baguzz

Reply

Kalo kita konsumsi suplemen fitness ada efek sampingnya gak buat tubuh kita gan?

Reply

Post a Comment