Gangguan Penyakit Sistem Peredaran Darah

Baiklah sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Gangguan pada Sistem Peredaran Darah. Sebelumnya sobat dapat membaca terlebih dahulu artikel yang menunjang di bawah ini:

Komposisi dan Fungsi Darah

Sistem Peredaran Darah Manusia

Beberapa gangguan yang berkaitan dengan sistem peredaran darah adalah.

1. Leukemia/ Kanker Darah

Penderita leukemia memiliki kelainan pada pembentukan sel darah putih yang melonjak tajam melebihi normal sehingga mulai menyerang sel-sel sekitarnya, contohnya sel darah merah.


2. Anemia

Anemia adalah keadaan di mana hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah mengalami penurunan jumlah dibandingkan dengan keadaan normal, sehingga pengikatan oksigen akan menjadi berkurang pula. Imbasnya yaitu sel-sel di seluruh tubuh tidak dapat melakukan metabolisme secara sempurna yang menyebabkan penderita anemia akan kelihatan lemas, pucat, dan kurang bersemangat. Anemia dapat disebabkan oleh kehilangan darah yang banyak akibat kecelakaan, operasi besar, dan melahirkan. Juga dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi zat besi dan asam folat serta vitamin B2.

3. Hemofili

Penyakit ini ditandai dengan perdarahan sukar membeku. Hemofili adalah “warisan yang tidak diinginkan” karena penyakit ini adalah penyakit genetik, artinya jika orang tuanya memiliki gen carier untuk penyakit ini, maka kemungkinan besar anaknya akan mengalami hemofili.

4. Hipertensi

Hipertensi dikenal di masyarakat awam adalah penyakit darah tinggi yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah di atas normal. Tekanan darah normal orang dewasa berkisar 120/80 mmHg, artinya sistoliknya 120 mmHg dan diastoliknya 80 mmHg.

5. Hipotensi

Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi, yaitu tekanan darah yang berada di bawah normal. Bisa disebabkan akibat kehilangan darah yang banyak akibat kecelakaan berat, maupun akibat dehidrasi yaitu keadaan tubuh yang kekurangan cairan.

Baca juga : Sistem Pernapasan Manusia

6. Varises

Varises adalah keadaan dimana pembuluh balik (vena) mengalami pelebaran. Penyebabnya adalah akibat darah yang tertahan. Biasanya varises ditemukan di bagian kaki atau betis karena pengaruh gravitasi. Penyakit ini sering dialami oleh orang yang terlalu lama berdiri ataupun wanita yang sedang hamil.


7. Sklerosis

Sklerosis adalah pengerasan atau pengapuran pada pembuluh arteri yang disebabkan oleh endapan lemak atau kalsium. Penyakit ini banyak ditemukan pada orang obesitas dan atau orang lansia.


Artikel Terkait : Perbedaan Arteridan Vena

8. Penyakit Jantung Koroner


Penyakit ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang memasok oksigen ke otot jantung yang menyebabkan aliran darah tidak lancar mengalir ataupun dapat tersumbat sepenuhnya sehingga darah tidak dapat mengalir untuk memberi makan jantung. Bagian jantung yang tidak mendapat pasokan oksigen akan mati sehingga akan menyebabkan kelainan dari fungsi jantung hingga kematian.


Inilah postingan kali ini sob, semoga bermanfaat. J
loading...

1 komentar:

Post a Comment