Pengertian dan Fungsi Dasar Negara

Assalamualaikum
Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi pengetahuan dengan penuh keikhlasan, kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang Pengertian dan Fungsi Dasar Negara, semoga bisa bermanfaat, langsung saja ya...

Artikel Penunjang : Pengertian Warga Negara dan Kewarganegaraan

A. PENGERTIAN DASAR NEGARA
Dasar Negara adalah pegangan suatu negara yang menjadi sumber dari semua sumber hukum dan tata tertib hukum yang berlaku dalam negara tersebut. Pada hakikatnya Dasar Negara disebut sebagai filsafat negara, untuk lebih mengenal tentang dasar negara, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari filsafat itu sendiri, kata filsafat berasal dari kata “philsof” yang berarti sahabat, cinta, dan kata “sophia” yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. Jadi Dasar Negara sebagai suatu filsafat negara adalah suatu wujud dari hasil pemikiran, kebiksanaan, maupun pembelajaran yang dibuat dalam bentuk suatu sistem dan peraturan untuk mengatur masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
SUMBER GAMBAR KLIK DISINI
Dasat Negara merupakan salah satu hal yang sangat penting setelah berdirinya suatu negara. Karena apabila Negara tidak mempunyai dasar maka mereka tidak memiliki pedoman yang jelas dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga tujuan yang ingin dicapai juga menjadi tidak jelas, oleh karena itu mudah terjadi kekacauan dalam negara yang tidak memiliki Dasar Negara. 

Indonesia menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca :
Artikel Penunjang : Pancasila Sebagai Idiologi dan Dasar Negara

Karena ada Dasar Negara maka akan terbentuk suatu Konstitusi (Lebih dikenal dengan kata Hukum) yang menjadi pedoman bagi rakyat dalam negara tersebut selama menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk Mengetahui lebih lengkap tentang konstitusi, silahkan sahabat baca :
Artikel Penunjang : Pengertian dan Fungsi Konstitusi

B. FUNGSI DASAR NEGARA
  • Sebagai Dasar Berdiri dan berdaulatnya Suatu Negara, artinya Suatu negara akan kuat dan berdaulat sebagai negara apabila memiliki suatu Dasar, yang menjadi landasan dan pedoman dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Sebagai Dasar Penyelenggaraan Negara, Artinya Dasar negara berfungsi menjadi pedoman nasional dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan untuk kemajuan negara tersebut.
  • Sebagai Dasar dan Sumber Hukum, artinya setiap aktivitas dan tingkah laku warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus didasari atas hukum yang berlaku di negara tersebut, nah sumber dari hukum yang berlaku ini merupakan Dasar Negara.
  • Dasar Bagi Hubungan Antarwarganegara, artinya selama terjadi interaksi sosial, warga negara menjadikan Dasar Negara sebagai pedoman, sehingga dapat melancarkan kerjasamanya dan tidak mengganggu kebebasan individu warga negara tersebut karena memiliki pedoman yang sama.
Artikel Penunjang : Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Penggolongan Hukum
DAFTAR PUSTAKA :
Sundawa, Dadang. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan,     Departemen Pendidikan Nasional.
Setiadi; Listyarti, Retno. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Erlangga.

Nah itulah pembahasan singkat softilmu tentang pengertian dan Fungsi Dasar Negara, Mudah-mudahan dapat bermanfaat. Kami memisahkan beberapa artikel diatas karena topik utamanya berbeda dengan pembahasan kali ini, dan akan terlihat sangat panjang apabila di buat menjadi satu artikel sehingga mudah bosan saat dibaca, kami harap sahabat dapat memakluminya. J Terimakasih telah berkunjung, dan jangan lupa tinggalkan komentarnya ya J.




Post a Comment