Pengertian, Ciri, dan Macam - Macam Pantun

Salamat datang di Softilmu, blog yang berbagi pengetahuan dengan penuh keikhlasan.
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan ilmu tentang PANTUN, beberapa point penting yang akan kami bahas adalah Pengertian Pantun, Ciri – Ciri Pantun, dan Macam - Macam Pantun. Langsung saja ya.. 

A. PENGERTIAN PANTUN
Pantun merupakan puisi melayu lama asli indonesia yang terdiri dari sampiran dan isi dengan rima a-b-a-b. Kata “Pantun” berasal dari bahasa jawa kuno yaitu tuntun, yang berarti mengatur atau menyusun. Pantun adalah sebuah karya yang tidak hanya memiliki rima dan irama yang indah, namun juga mempunyai makna yang penting. Pantun awalnya merupakan karya sastra indonesia lama yang diungkapkan secara lisan, namun seiring berkembangnya zaman sekarang pantun mulai diungkapkan tertulis.
Artikel Penunjang : Pengertian, Unsur,Ciri – Ciri Puisi
Pantun merupakan karya yang dapat menghibur sekaligus mendidik dan menegur. Pantun merupakan ungkapan perasaan dan pikiran, karena ungkapan tersebut disusun dengan kata-kata hingga sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk didengar atau dibaca. Pantun menunjukkan bahwa indonesia memiliki ciri khas tersendiri untuk mendidik dan menyampaikan hal yang bermanfaat.
SUMBER GAMBAR KLIK DISINI

B. CIRI –CIRI PANTUN
  • Pantun Memiliki Bait, setiap bait pantun disusun oleh baris – baris. Satu bait terdiri dari 4  baris.
  • Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
  • Setiap baris terdiri dari 4 – 6 kata.  
  • Setiap bait pantun terdiri atas sampiran dan isi. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi. (Walaupun sampiran tidak berhubungan langsung dengan isi, namun lebih baik apabila kata – kata pada sampiran merupakan cerminan dari isi yang hendak disampaikan)
  • Pantun Bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau sajak lain)

Penting : Ciri – ciri pantun merupakan yang ada di atas, kita harus mengenali ciri – ciri pantun agar dapat membedakannya dengan puisi lama yang lain. Contohnya ada yang mengatakan bahwa terdapat pantun 2 baris, dan itu merupakan pendapat yang keliru, karena yang dua baris tersebut adalah karya puisi lama yang disebut Gurindam.
Artikel Penunjang : Pengertian,Unsur, Struktur, dan Jenis – Jenis Kalimat
C. MACAM – MACAM PANTUN
1. Berdasarkan Siklus Kehidupan (usia)  :
  • Pantun Anak – Anak, yaitu pantun yang berhubungan dengan kehidupan pada masa kanak – kanak. Pantun ini dapat menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.
  • Pantun Orang Muda, yaitu pantun yang berhubungan dengan kehidupan pada masa muda. Pantun ini biasanya bermakna tentang perkenalan, Hubungan Asmara dan rumah tangga, Perasaan (kasih sayang, iba, iri, dll), dan nasib.
  • Pantun Orang tua, yaitu pantun yang berhubungan dengan Orang Tua. Biasanya tentang Adat Budaya, Agama, Nasihat, dll.
2. Berdasarkan Isinya :
  • Pantun Jenaka, yaitu pantun yang berisikan tentang hal – hal lucu dan menarik.
  • Pantun Nasihat, yaitu pantun yang berisikan tentang nasihat, bertujuan untuk mendidik, dengan memberikan nasihat tentang moral, budi perkerti, dll.
  • Pantun Teka – Teki , yaitu pantu yang berisikan teka teki, dan biasanya pendengar atau pembaca diberi kesempatan untuk menerka teka – teki pantun tersebut.
  • Pantun Kiasan, Pantun yang berisikan tentang kiasan yang biasanya untuk menyampaikan suatu hal secara tersirat.

DAFTAR PUSTAKA
Trianto, Agus. 2007. Pembahasan Tuntas Bahasa Indonesia. Penerbit : Erlangga.
Waridah, Ernawati. 2012. Pedoman Umum EYD. Jakarta : Cmedia.
Tim Guru Indonesia. 2011. Target Menguasai Pelajaran SD Kelas 4. Jakarta : Cmedia.


Nah itulah pembahasan pada artikel kali ini tentang PANTUN, mudah – mudahan ilmunya dapat bermanfaat. Apabila masih ada hal yang belum dimengerti, silahkan ditanyakan  pada kotak komentar. Kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih telah berkunung. Sering – sering mampir di Softilmu. 

3 komentar

izin yah copy untuk tugas adekku yang kelas 5 SD. makasih

Reply

izin copy ya gan buat ngerjain PR..
siswa SMP

Reply

izin copy ya gan buat ngerjain PR..
siswa SMP

Reply

Post a Comment