Bunyi Hukum Newton 1, 2, dan 3

Selamat datang di softilmu, blog yang berbagi pengetahuan dengan penuh keikhlasan.
Kali ini kami akan membahas tentang “HUKUM NEWTON”, beberapa topik utama yang akan kami bahas adalah tentang Pengertian Hukum Newton, Hukum Newton I, Hukum Newton II, dan Hukum Newton III. Langsung aja ya..

A. PENGERTIAN HUKUM NEWTON
Hukum Newton adalah Tiga rumusan dasar dalam fisika yang menjelaskan dan memberikan gambaran tentang kaitan gaya yang bekerja dengan gerak yang terjadi pada suatu benda. Kata Newton berasal dari ilmuan yang menemukan dan memperkenalkannya yaitu Sir Isaac Newton, Ketiga hukum tersebut dirangkum dalam karyanya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica. Hukum Newton dijelaskan untuk meneliti dan mengamati gerak dalam berbagai mekanisme maupun sistem.

SUMBER GAMBAR KLIK DISINI

B. HUKUM NEWTON 1
Bunyi Hukum Newton 1 :
Jika Resultan (Penjumlahan atau pengurangan gaya) yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang semula diam akan tetap diam, dan benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.
Artikel Penunjang : GLB dan GLBB 
Atinya Suatu benda akan mempertahankan keadaanya apabila gaya yang bekerja padanya sama dengan 0. Contohnya batu akan tetap diatas gunung apabila tidak ada yang memindahkannya
Secara fisika, HUKUM NEWTON 1 dapat dituliskan :
∑F = 0
Keterangan :
∑F = resultan gaya (Kg m/s2)
B. HUKUM NEWTON 2
Bunyi Hukum Newton 2 :
Percepatan (Perubahan dari kecepatan) gerak benda selalu berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda dan selalu berbanding terbalik dengan massa benda.
Artinya massa suatu benda sangat berpengaruh terhadap gaya dalam suatu sistem. Pertambahan atau pengurangan massa akan mengakibatkan suatu perubahan. Nah untuk menghitung sistem dengan massa yang berubah – ubah diperlukan perumusan yang berbeda.

Kita dapat mengambil contoh : semakin berat suatu benda, maka semakin sulit untuk diangkat
Secara fisika, HUKUM NEWTON 2 dapat dituliskan :
∑F = m.a
Keterangan (satuan) : 
∑F = resultan gaya (Kg m/s2)
m = Massa Benda (Kg)
a = percepatan (m/s2)

C. HUKUM NEWTON 3
Bunyi Hukum Newton 3 :
Setiap Aksi akan menimbulkan reaksi, artinya Jika Suatu benda mengerjakan gaya terhadap benda kedua makan, benda kedua akan membalas gaya dari benda pertama dengan arah yang berlawanan.
Artinya setiap benda akan berinteraksi apabila ada yang memberikan gaya padanya, bentuk pewujudan dari interaksi tersebut adalah dengan membalas gaya yang diberikan ke arah sebaliknya. Sebenarnya setiap gaya selalu bekerja pada dua benda, tidak pernah pada satu benda, jadi setiap gaya selalu memiliki dua ujung, satu ujungnya ke benda pertama, dan ujung lainnya ke benda kedua.
Contohnya adalah gaya pada magnet

Secara Fisika, HUKUM NEWTON 3 dapat dituliskan :
∑FAKSI = -∑FREAKSI

DAFTAR PUSTAKA :
Utomo, Pristiadi. 2007. Fisika Interaktif untuk SMA / MA Kelas X. Jakarta : Azka Press.
Hecht, Eugene; Bueche, Frederick J. 2006. Fisika Universitas Edisi 10. Erlangga.


Nah itulah dia penjelasan singkat kami tentang “HUKUM NEWTON” pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua. Bila ada pertanyaan untuk penjelasan artikel ini silahkan diisikan pertanyaan tersebut di kotak komentar. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa komentarnya ya J
loading...

3 komentar

hay., nama saya try,. salam kenal.,
trimakasih udah berbagi ilmu, artikelnya sangat bermanfaat.,

oh iya., kalau ada waktu jangan lupa mampir di Tugas dan Materi Kuliah . Saya juga punya artikel tentang hukum, kalau berniat silahkan baca Pengertian Hukum Menurut Para Ahli , siapa tahu bisa bermanfaat.,

Reply

makasih banyak untuk referensinya admin,,, mungkin akan lebih baik kalau ditambahkan gambar dan soal-soal.
untuk referensi fisika terkini silakan klik Di sini .terimaksih

Reply

Alangkah Sedihnya Saya Sudah banyak Artikel yang Saya Baca termasuk juga Yang Ini Tapi Kok Otak Ini tetap Gak Nerima harus Gimana lagi Yang Saya Perbuat Sementara Sudah Di Jelaskan juga Di Saat Belajar.

Reply

Post a Comment