Sistem Pencernaan Ikan (Pisces)

Baiklah sobat, kali ini kita akan membahas tentang Sistem Pencernaan Ikan, di sini kita akan membahas tentang Saluran pencernaan ikan, dan Kelenjar pencernaan ikan

1. Saluran Pencernaan Ikan

Saluran pencernaan ikan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus.

Pada rongga mulut terdapat lidah dan gigi. Lidah pada ikan kurang berguna untuk pencernaan, tetapi hanya untuk membantu ikan untuk bernapas [baca : Sistem Pernapasan Ikan]. Gigi runcing berbentuk kerucut dapat tumbuh pada rahang atas, bawah maupun langit-langit. Rahang berfungsi untuk mengunyah makanan. Rongga mulut ikan bervariasi pada berbagai jenis ikan, bergantung pada jenis makanan yang menjadi santapannya. Pada rongga mulut banyak terdapat kelenjar lendir, tetapi tidak mengandung kelenjar ludah. Setelah makanan dikunyah dan dilumasi lendir di dalam rongga mulut, kemudian makanan akan masuk ke faring ikan yang dilengkapi dengan insang pada sisi kanan dan kirinya. Setelah melewati faring, makanan akan diteruskan ke esofagus (kerongkongan) ikan hingga mencapai lambung.
Sistem Pencernaan Ikan
(http://www.biokids.umich.edu/files/16679/digestive_system_medium.jpg)

Pada pangkal lambung yang berbatasan dengan usus terdapat katup yang memisahkannya dengan usus. Uniknya pada ikan memiliki tidak sekum pilori (usus buntu) yang melekat pada usus dan berfungsi untuk menghasilkan sekret dan absorpsi. Makanan setelah dari lambung akan masuk ke dalam usus dan terjadi penyerapan sari-sari makanan. Setelah semua sari makanan telah diserap, sisa makanan kemudian akan dibuang melalui anus. [baca : Sistem Ekskresi Ikan]

Beberapa jenis ikan mempunyai panjang usus yang berbeda-beda dan melekuk-lekuk untuk memperbesar luas permukaan agar penyerapan sari makanan lebih efisien dan tidak banyak terbuang.

2. Kelenjar Pencernaan Ikan

Kelenjar pencernaan pada ikan berupa hati yang bersatu dengan pankreas yang disebut hepatopankreas dan empedu yang terdiri atas kantong empedu dan saluran empedu yang bermuara pada usus.

Pada beberapa ikan kelenjar hati dan pankreas ada yang bersatu, atau pankreasnya melewati kelenjar hati tetapi tidak bersatu, dan ada juga kelenjar pankreas yang terpisah kecil-kecil di sepanjang usus ikan.

Umumnya empedu berfungsi untuk memecah lemak yang berstruktur kompleks menjadi lemak yang lebih sederhana agar mudah diserap oleh usus.


Baiklah, pembahasan kita mengenai Sistem Pencernaan Ikan telah selesai, semoga bermanfaat dan membantu teman-teman semua untuk memahami materi ini. Terima kasih telah berkunjung ke log kami yang sederhana ini, jika memungkinkan silakan share postingan ini ke sosial media yang teman-teman miliki. Doumo arigatou J

3 komentar

Arigatogozaimasu... ELmoE

Reply

Saya baru tau kalo lidah ikan tuh kurang berguna buat pencernaan, tapi untuk bernapas. Makasih gan infonya...

Reply

Post a Comment