Pengertian, Rumus, dan Satuan Daya

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang Pengertian, Rumus, dan Satuan Daya. Beberapa topik tambahan dalam artikel kali ini adalah Perbeedaan Daya dan Energi, serta Perbedaan Daya dan Usaha. Semoga artikelnya dapat bermanfaat, langsung saja ya..

A. PENGERTIAN DAYA
Daya adalah Laju Energi yang dihantarkan selama melakukan usaha dalam periode waktu tertentu. Satuan SI (Satuan Internasional) untuk Daya adalah Joule / Sekon (J/s) = Watt (W). Satuan Watt digunakan untuk penghormatan kepada seorang ilmuan penemu mesin uap yang bernama James Watt. Satuan daya lainnya yang sering digunakan adalah Daya Kuda atau Horse Power (hp), 1 hp = 746 Watt. Daya merupakan Besaran Skalar, karena Daya hanya memiliki nilai, tidak memiliki arah.
PENGERTIAN, RUMUS, DAN SATUAN DAYA
B. RUMUS DAN SATUAN DAYA
Dalam Fisika, Daya disimbolkan dengan Persamaan Berikut :
P = W / t
Dari Persamaan diatas maka kita juga dapat mengubah rumus daya menjadi :
P = (F.s) / t
P = F . v
Hasil tersebut didapatkan karena Rumus Usaha (W) = Gaya (F) dikali Jarak (s) dibagi Waktu (t)
Dan Rumus Kecepata (v) = jarak (s) dibagi waktu (t)
Keterangan
P = Daya ( satuannya J/s atau Watt )
W = Usaha ( Satuannya Joule [ J ] )
t = Waktu ( satuannya sekon [ s ] )
F = Gaya (Satuannya Newton [ N ] )
s = Jarak (satuannya Meter [ m ] )
v = Kecepatan (satuannya Meter / Sekon [ m/s ] )
Nah berdasarkan persamaan fisika diatas, maka dapat disimpulkan bahwa semakin besar laju usaha, maka semakin besar pula laju daya. Sedangkan apabila semakin lama waktunya maka laju daya akan semakin kecil.

C. PERBEDAAN DAYA DENGAN ENERGI
Banyak yang menyamakan pengertian energi dan Daya namun nyatanya mereka itu berbeda. Kemampuan melakukan aktivitas tidak hanya dibatasi oleh total energi yang dimiliki oleh tubuh, tetapi juga dibatas oleh daya kemampuan tubuh. Contohnya Seseorang dapat berjalan mengelilingi lapangan sampai total energinya habis, dan dia mampu melakukan sampai 30 putaran. Namun ketika esok hari dia mencoba melakukan putaran lapangan dengan berlari, dan ternyata ia hanya mampu menyelesaikan 20 putaran. Hal ini terjadi karena tubuh orang tersebut dibatasi oleh daya yang dimilikinya ketika berlari, yaitu laju energi kimia yang dimiliki untuk mengubahnya menjadi energi mekanik.
D. PERBEDAAN DAYA DENGAN USAHA
Daya dan usaha merupakan konsep fisika yang sering dibahas secara bersamaan dalam persoalan mekanika. Perbedaan Daya dengan Usaha sebenarnya dapat dikaji melalui pengertian mereka yang berbeda. Yaitu :
  • Daya adalah Laju Energi yang dihantarkan selama melakukan usaha dalam periode waktu tertentu.
  • Usaha adalah Jumlah Energi yang dihantarkan oleh gaya dalam jarak tertentu.
  • Perbedaan mendasar antara Daya dan Usaha adalah daya merupakan Laju energi, sedangkan Usaha merupakan jumlah energi yang dihantarkan. Perbedaan lainnya adalah Usaha diukur dalam Joule sedangkan Daya diukur dalam Watt.


Nah itulah pembahasan kami kali ini tentang Pengertian, Rumus, dan Satuan Daya. Semoga ilmunya dapat bermanfaat. Apabila masih ada materi pembahasan yang belum dimengerti, silahkan sahabat tanyakan pada kotak komentar, kami akan berusaha merespon secepat mungkin. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa like dan komentarnya. 
loading...

2 komentar

Post a Comment