Cara Melihat Gerhana Matahari

Selamat datang dis softilmu, blog ilmu pengetahuan yang berbagi dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang Bagaimana Cara Melihat Gerhana Matahari yang aman dan benar. Langsung saja ya, semoga dapat bermanfaat.

Seperti yang telah diketahui bahwa melihat gerhana matahari dengan kontak mata langsung sangat berbahaya. Oleh karena itu kami akan memberikan sedikit tips untuk melihat gerhana matahari dengan aman, langsung saja :

1. Hindari Tips Abal-Abal yang Belum Teruji Keefektifitasnya.
Seperti menggunakan kacamata hitam, kacamata warna asap, filter polarisasi atau sebagainya. Tidak satupun cara tersebut yang cukup kuat melindungi mata anda.

2. Gunakan Filter Matahari
Filter matahari biasanya tersedia pada peralatan penglihat seperti kamera, teropong dan teleskop. Adanya filter tersebut pada perangkat diatas sangat diperlukan, karena cahaya yang singkatpun dapat merusak penglihatan bahkan dengan penutupan 99,9 % matahari masih dapat mengancam mata anda. Adalagi yang perlu diperhatikan, yaitu saat memilih filter yang akan digunakan. Lebih baik memilih filter yang diproduksi oleh merek ternama dan terpercaya.

3. Buat Alat Proyektor Lubang Jarum
Yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dan murah, hanya seharga kertas poster. Kekurangannya adalah gambar yang dihasilkan sangat kecil. Langkah-langkah pembuatannya yaitu :
  • Siapkan kertas poster atau kertas karton yang besar. Potong bentuk persegi dengan sisi 5 cm pada bagian tengahnya.
  • Tutupilah lubang persegi tersebut dengan sepotong kertas timah. Tusuk sebuah lubang kecil di tengah tutup kertas timah ini (gunakan pin atau bagian ujung pensil yang lancip). Anda dapat membuat beberapa lubang, jika suka, dan melihat beberapa gerhana sekaligus.
  • Temukanlah lokasi yang bagus untuk melihat gerhana. Permukaan yang halus dan terang adalah lokasi yang anda cari. Jika anda tidak dapat menemukan tempat seperti itu, cukup beli kertas poster/karton yang lain dan baringkan di atas tanah dan tahan. Menyiapkan karton cadangan merupakan ide yang bagus karena jika Anda mengubah jarak di antara dua lembar karton, anda bisa mengubah ukuran dan kecerahan gambar matahari yang jatuh pada karton kedua.
  • Berdirilah dengan punggung anda menuju arah matahari. Tahan karton beberapa sentimeter di atas tanah. Pastikan karton tersebut di atas bahu atau sisi anda, tetapi kepala anda tidak menutupi lubangnya. Karton tersebut harus mengarah pada matahari.
  • Anda seharusnya sekarang melihat lingkaran yang sempurna di atas tanah pada potongan karton yang lain. Pindahkan karton tersebut lebih dekat atau lebih jauh dari tanah jika lingkarannya kabur, hingga lingkaran proyeksi gerhana terlihat lebih fokus. Atau pindahkan karton yang lain ke atas dan ke bawah untuk melihat kecerahan dan ukuran perubahan gambar. Jarak yang terbaik untuk menahan karton dari anda adalah satu meter.
  • Saat gerhana terjadi, lingkaran tersebut akan menciut dan berubah menjadi sabit, jika gerhana tersebut merupakan gerhana sebagian. Jika gerhana tersebut merupakan gerhana total, maka akan berubah menjadi huruf O bergaris tipis.
CARA MELIHAT GERHANA MATAHARI

4. Menggunakan Peralatan Proyeksi
Proyeksi melaui teropong atau teleskop merupakan cara lain yang aman untuk melihat gerhana matahari. Hampir sama dengan cara diatas, yang membedakan hanya alat yang memproyeksikannya serta gambar yang diproyeksikan lebih bagus. Berikut langkah-langkah yang dilakukan :
  • Tutupi lensa objektif depan dari satu sisi teropong
  • Putar punggung anda menuju arah matahari. Tahan teropong dengan satu tangan, arahkan teropong pada gerhana sehingga lensa yang tidak tertutup mengambil gambar gerhana. Gunakan bayangan dari teropong untuk membantu anda meluruskan teropong.
  • Lihatlah gambar yang diproyeksikan menuju layar, dinding, atau potongan besar kertas putih yang ditahan dengan tangan anda. Kertas tersebut harus terletak sekitar 30 cm dari lensa mata teropong. Cukup gerakkan teropong di sekitar hingga gambar gerhana muncul pada layar proyeksi. Semakin jauh anda menahan karton dari lensa mata teropong, semakin besar gambarnya
  • Sesuaikan kedudukan teropong dengan tripot atau sebagainya, supaya anda lebih menikmati saat-saat melihat gerhana.

5. Gunakan Kacamata Tukang Las. 
Kacamata tukang las dengan tingkat kegelapan nomor 14 adalah salah satu filter yang paling terjangkau dan banyak tersedia yang dapat Anda gunakan untuk mengamati matahari dengan mata telanjang. Kacamata tersebut harus sepenuhnya menutupi mata Anda di sepanjang waktu penelitian. Filter seperti itu juga dapat ditambahkan ke bagian depan objektif teropong Anda.


Nah itulah postingan kami tentang cara melihat gerhana matahari dengan benar dan Aman. Semoga dapat bermanfaat ilmunya. Silahkan di share jika berkenan. Jangan lupa follow, like dan komentarnya ya. Terimakasih telah berkunjung J
loading...

Post a Comment