Jenis - Jenis Komputer (PC)

Selamat datang di softilmu blog sederhana yang berbagi dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan membahas tentang Jenis Jenis Komputer, Semoga ilmunya dapat bermanfaat. Langsung saja ya.

Ditinjau dari beberapa hal, komputer memiliki kelompok tersendiri dalam pembagian jenisnya. Terdapat komputer yang dikelompokkan berdasarkan generasi, cara kerja, penggunaan, kapasitas memori dan berdasarkan ukuran fisik. Berikut penjelasan singkatnya :

1. Komputer berdasarkan data yang diolah
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Komponen Komputer
a. Komputer analog
Komputer analog merupakan komputer yang bekerja secara kontinu, digunakan untuk menerima sinyal analog yang sifatnya kontinu berbentuk gelombang dan tidak berbentuk angka serta tidak memerlukan bahasa perantara. Komputer ini digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Contohnya seismograf yang merekam gelombang yang menjalar di bawah permukaan bumi secara kontinu.

b. Komputer digital
Komputer digital merupakan komputer yang menerima data digital yang berbentuk angka atau huruf. Fungsinya untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Komputer digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik.

c. Komputer hybrid
Komputer jenis ini dapat menerima dan mengolah data secara kuantitatif maupun kualitatif. Komputer hybrid bisa juga dikatakn gabungan dari komputer analog dan digital. Komputer jenis ini digunakan di rumah sakit dan digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat.
JENIS JENIS KOMPUTER
2. Komputer berdasarkan penggunaannya
a. Komputer untuk tujuan khusus (Special Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah khusus atau satu masalah saja. Komputernya dapat berupa digital maupun analog. Sekali special purpose computer sudah diprogram untuk masalah yang khusus maka tidak bisa lagi digunakan untuk hal-hal lainnya tanpa diubah ulang. Contohnya SPC digunakan untuk simulasi interaksi sistem partikel.

b. Komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk pemecahan banyak hal untuk keperluan umum, dapat digunakan program yang berbeda-beda dalam satu komputer. Contohnya personal computer.

3. Komputer berdasarkan kapasitas memori dan ukurannya
Ukuran dari komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data seperti kapasitas main memory, konfigurasi dari operand regiter, kecepatan mengolahnya, jumlah dan macam alat-alat input dan outputnya, dan ukuran fisik komputer dan ruangan yang dibutuhkan.

a. Komputer mikro (Micro computer)
Komputer dengan mikroprosesor sebagai pusat pengendali utamanya. Komputer ini khususnya digunakan untuk single user bisa juga disebut dengan komputer dekstop atau personal komputer. Ukuran komputer mikro memorinya berkisar 16 MB sampai lebih dari 128 MB. Pengguna yanag sangat populer pada rumah atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

b. Komputer mini (Mini computer)
Komputer mini dapat bersifat multi user memiliki beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.

c. Komputer kecil (Small computer)
Komputer kecil disebut juga small-scale mainframe computer, kebanyakan menggunakan sistem multi programming, multi process dan virtual storage dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan.

d. Komputer menengah (Middle computer)
Komputer menengah disebut juga medium-scale mainframe computer. Biasanya komputer menengah digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputer. Pusatnya menggunakan komputer menengah dan terminalnya menggunakan mini computer atau mikro yang diosebut penerapan konsep Distribusi Data Processing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.

e. Komputer besar (Large computer)
Komputer ini disebut juga mainframe computer atau large scale mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari. Komputer mainframe mempunyai kecepatan sampai 400 MIPS. Perusahaan-perusahaan besarlah yang sering kali menggunakannya. Ratusan pengguna dapat mengoperasikan komputernya dalam waktu bersamaan.

f. Komputer super (Supercomputer)
Komputer ini disebut juga parallel processor dan merupakan komputer yang powerfull atau sangat luar biasa. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus secara paralel untuk menjalankan tugasnya. Umumnya digunakan untuk pemrosesan data besar, seperti sensus, statistikkonsumen dan industri, Enterprise Resource Planning, risel ilmiah.
Artikel Penunjang : Sejarah Perkembangan Komputer
4. Komputer berdasarkan bentuk dan ukuran fisik.
a. Tower (menara)
Biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya besar sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat card tambahan).

b. Dekstop (meja)
Komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari tower tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Harganya yang murah memungkinkan banyak orang menggunakannya dibanding komputer bentuk lain.

c. Portable
Komputer ini sedikit lebih kecil dari Dekstop, karena baian-baiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pengguna yang sering bertugas di lapangan. Komputer ini tidak populer karena relatif besar dan berat.

d. Notebook
Komputer dengan ukuran sebesar buku. Tebalnya berkisar 1 hingga 1 setengah inci dan beratnya antara 4 sampai 6.

e. Subnotebook
Ukuran laptop ini dipertengahan antara notebook dengan palmlaptop. Ukurannya sedikit lebih kecil dari notebook karena ada perangkat yang tidak dimiliki oleh sub notebook yaitu disk drive.

f. Palmtop
Komputer genggam satu ini sangat kecil dan sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik melainkan baterai kecil biasa. Kelemahannya adalah terlalu kecil sampai-sampi menyulitkan pengguna

5. Berdasarkan perkembangan hardware
  • Generasi pertama (Colossus, MarkI, ENIAC, EDVAC, UNIVAC I)
  • Generasi kedua ( Strech and LARC)
  • Generasi ketiga (menggunakan transistor)
  • Generasi keempat (menggunakan IC)
  • Generasi kelima
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Macam Jaringan Komputer
6. Berdasarkan perkembangan software
a. Era Pioner
Pada era ini, perangkat lunak satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Contohnya ENIAC.

b. Era Stabil
Pada era ini dikenal sistem basis data yang memisahkan antara program dengan data.

c. Era Mikro
Perangkat lunak sudah bisa dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.

d. Era Modern
Tidak hanya komputer, peralatan lainnya hingga mesin cuci dan microwave telah ditanamkan sistem perangkat lunak untuk mengatur pengoperasiannya. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak pun ditunjukkan oleh perangkat lunak yang semakin banyak dan mulai bisa mengenal suara dan gambar.


Nah itulah pembahasan kali ini tentang Jenis – Jenis Komputer, Semoga ilmunya dapat bermanfaat. Apabila masih ada yang belum jelas silahkan sahabat tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa like, follow dan komentarnya ya J

Post a Comment