Kehidupan Manusia Indonesia Di Zaman Prasejarah

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ZAMAN PRASEJARAH, langsung saja ya, semoga ilmunya dapat bermanfaat J

Secara garis besar, terdapat 3 aspek di dalam kehidupan yang dijalani oleh manusia pra sejarah. Kehidupan manusia pra sejarah di Indonesia dipaparkan menurut zaman. 

A.  KEHIDUPAN EKONOMI
1. Food gathering dan nomaden
Pada masa ini, kehidupan ekonomi manusia Indonesia sangatlah tergantung daripada hasil alam yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Mereka tinggal di gua-gua dekat dengan sumber air supaya memudahkan mereka untuk mengumpulkan makanan. Apabila merasa sumber daya alam yang dapat dijadikan makanan sudah habis, maka mereka akan berpindah tempat mencari tempat tinggal baru yang memiliki sumber daya yang masih banyak.

2. Masa bercocok tanam
Manusia Indonesia pada masa ini telah mampu mengolah lahan-lahan kosong untuk ditanami berbagai macam bahan makanan. Mereka tidak lagi bergantung sepenuhnya pada alam. Mereka juga telah hidup menetap.
Artikel Penunjang : Manusia Purba di Indonesia, Asia, dan Eropa
3. Zaman logam
Di zaman ini, manusia Indonesia bukan hanya mengolah untuk memenuhi kebutuhan primer mereka saja, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Mereka juga mulai membangun perkampungan untuk memudahkan komunikasi antar mereka.

MANUSIAN DI ZAMAN PRASEJARAH

B. KEHIDUPAN BUDAYA
1. Food gathering dan nomaden
Manusia pada masa ini masih membuat alat yang sederhana tanpa memperindah alat tersebut. Dari segi kepercayaan, manusia Indonesia telah percaya pada roh nenek moyang dan pohon-pohon tinggi, hal ini terbukti dari lukisan-lukisan di gua yang dilukis oleh manusia pra sejarah Indonesia. Mereka juga hanya mengenal seni lukis dengan gua sebagai media lukisan.

2. Masa bercocok tanam
Alat yang dihasilkan manusia Indonesia telah berkembang. Hal ini demi memenuhi kebutuhan mereka yang semakin bertambah. Alat yang dihasilkan telah rapi. Dalam segi kesenian, manusia Indonesia juga telah mengenal seni membuat kerajinan tangan baik itu dari kulit kerang, perhiasan, dan lain-lain. Dari segi kepercayaan, masih sama dengan sebelumnya, tetapi telah ada berbagai upacara-upacara keagamaan.

3. Zaman Logam
Alat yang dihasilkan telah sangat berkembang. Mereka juga menggunakan teknologi untuk membuat alat logam seperti kapak perunggu, kapak corong, dan lain-lain. Untuk kesenian, telah berkembang semua kesenian, seperti seni lukis, seni pahat, dan seni ukir. Untuk kepercayaan, manusia Indonesia masih menganut kepercayaan yang sama. Tetapi, mereka menggunakan alat-alat logam untuk menunjang upacara keagamaan.
Artikel Penunjang : Zaman Prasejarah di Indonesia
C. KEHIDUPAN SOSIAL
1. Food gathering dan nomaden
Masyarakat Indonesia masih tinggal dalam suatu populasi yang kecil. Merek asaling berkomunikasi dengan bahasa yang sederhana

2. Masa bercocok tanam
Kehidupan manusia Indonesia telah membuat tempat tinggal berdasarkan kelompok-kelompok bercocok tanam. Mereka membuat perkampungan-perkampungan. Sehingga, komunikasi mereka lebih luas.

3. Zaman logam
Pada zaman ini, manusia Indonesia telah sangat berkembang. Mereka bertempat tinggal bukan hanya dengan satu golongan, tetapi juga telah bergabung dengan berbagai macam golongan. Di masa ini, telah dikenal adanya pembagia status dalam kehidupan masyarakat.


Selesai sudah pembahasan singkat pada posting kali ini tentang KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA Di ZAMAN PRASEJARAH, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa like, follow, dan komentarnya ya J
loading...

Post a Comment