Pengertian, Fungsi, dan Komponen Komputer (PC)

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang Komputer, beberapa topik pembahasan utamanya adalah Pengertian Komputer, Fungsi Komputer, Komponen – Komponen Komputer, Cara Kerja dan Apilkasi Penerapan Komputer.

Era modren sekarang ini, manusia sangat bergantung pada alat-alat pendukung kehidupan. Alat elektronik merupakan jenis yang tanpa kita sadari menjadi kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Salah satu jenis barang elektronik yang menjadi kebutuhan bahkan sebagai mesin penghasil uang adalah komputer. Lalu, seperti apa penjelasan komputer yang mestinya kita tau? Jangan lewatkan bacaan berikut!

A. PENGERTIAN KOMPUTER
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang berarti menghitung. Dalam bahasa inggris disebut compute. Karena asal mulanya pengolahan informasi  dengan komputer hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara definisi komputer diartikan  “Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Karena bidang garapan ilmu komputer terlalu luas, para pakar dan peneliti sedikit berbeda mendefinisikan terminilogi komputer.
PENGERTIAN, FUNGSI, DAN KOMPONEN KOMPUTER
Menurut Hamacher dkk, dalam buku Computer Organization, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.
Menurut Robert H Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas berikut:
  • Menerima input
  • Memproses input sesuai programnya
  • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi
  • Menurut Fouri, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.

Menurut Donald H Sanders dalam buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat, tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, intruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Dari definisi-definisi diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa Komputer adalah kumpulan mesin alat penghitung yang memiliki tempat penyimpanan atau storage, dapat menerima input data secara cepat, mengolah data secara cepat, dan menghasilkan data informasi secara cepat yang berguna dan sesuai dengan keinginan pemakai (user). Dimana ‘Informasi’ yang dihasilkan oleh komputer merupakan aplikasi dari komputer, dan input dari komputer merupakan data-data, sehingga komputer itu sendiri dapat dikatakan ‘Proses Tranformasi’ dari data menjadi informasi.

Agar lebih mudah dipahami, analogikan dalam pikiran bahwa komputer sebagai manusia yang mempunyai bentuk fisik dan non-fisik. Bentuk fisik manusia berupa tangan, kaki, kepala, telinga dan lain sebagainya. Susunan dan letak masing-masingnya membentuk tubuh. Sama halnya dengan komputer yang mempunyai bentuk fisik seperti monitor, keyboard, CPU dan lain sebagainya. Fisik yang terbentuk tidak berguna jika tidak dilengkapai non-fisik. Seperti manusia yang memiliki jiwa, komputer memiliki software untuk menjalankan sistemnya.
Artikel Penunjang : Sejarah Perkembangan Komputer
B. FUNGSI KOMPUTER
Setelah mengulas pengertian dan sejarah komputer, sobat sekalian pasti sudah bisa menyimpulkan beberapa fungsi dari komputer. Berikut akan diperjelas kembali fungsi komputer :
  • Komputer dapat melaksanakan komunikasi jarak jauh dan membagikan cukup banyak informasi dengan jaringan internet. Fungsi ini bahkan dinikmati oleh anak-anak bukan hanya orang dewasa.

Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Macam Jaringan Komputer

  • Komputer dapat mengontrol alat-alat pemantau seperti CCTV (kamera kontrol jauh), juga dapat mengontrol berbagai mesin otomatis yang kita pakai sekarang ini.
  • Komputer dapat digunakan juga sebagai sarana usaha dalam banyak hal, nilai dagang komputer yang sangat menjanjikan dan usaha lainnya yang menggunakan komputern sebagai sara seperti desain arsitektur, pemograman, perusahaan yang mengolah data laju naik turun keuntungan, bahkan warung internet.
  • Bidang kesehatan juga memfungsikan komputer untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam pemeriksaan penyakit dalam maupun kehamilan (USG).
  • Komputer dapat memperkuat pertahanan negara maupun gedung-gedung tertentu yang secara otomatis dikendalikan oleh komputer. Seperti CCTV, alarm kebakaran dan penyimpanan berkas penting negara.
  • Dalam bidang pendidikan komputer dapat memudahkan proses belajar mengajar dengan dipersiapkannya bahan presentasi dengan komputer.
  • Sehari-harinya komputer bahkan berfungsi sebagai sarana hiburan dengan menyediakan game-game seru untuk dimainkan.
Artikel Penunjang : Jenis Jenis Komputer
C. KOMPONEN – KOMPONEN KOMPUTER
Dalam sistem komputer, terdapat tiga komponen yang tidak akan pernah bisa dipisahkan. Jika komponen-komponen ini terpisah maka komputer tidak akan bekerja. Lalu, apa sajakah komponen-komponennya?

1. Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras merupakan perangkat yang dapat kita sentuh seperti perangkat pemasukan, perangkat pemrosesan, perangkat keluaran dan perangkat penyimpanan. Alat-alat penyusun perangkat keras biasanya canggih sehingga dapat membentuk komputer yang bekerja berdasarkan perintah. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh komputer, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktivitas pada mesin dan menjalankannya sesuai susunan perintahnya. Pada perangkat keras terdapat processing device (CPU), input device, output device, dan storage device.

2. Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak merupakan prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Data elektronik merupakan bentuk software program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah. Pada perangkat lunak terdapat operating system (OS), application program dan language program.

3. Brainware (Operator)
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer. Perintah yang diterima komputer, seluruhnya berasal dari brainware.

D. CARA KERJA KOMPUTER
Jika sebuah komputer hanya terdiri dari perangkat keras saja seperti monitor, CPU, keyboard, belum bisa dikatakan sebagai komputer. Karena itu komputer bisa bekerja jika ada 3 unsur yang memenuhi syarat yaitu, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) , operator (brainware). Hardware digunakan untuk media input output perintah, software digunakan sebagai media pengolahan perintah dan brainware adalah pengguna komputer (operator) yang berguna sebagai pemberi perintah dan pengguna data hasil olahan komputer.

Cara kerja komputer secara umum menggunakan ketiga unsur utama ini. Jadi, brainware memasukkan perintah atau input kedalam komputer melalui perangkat keras seperti keyboard, mause, microphone dll. Perintah input yang dimasukkan tadi di proses di dalam komputer dengan processor yang berfungsi sebagi otaknya komputer. Processor inilah yang mengolah semua perintah menjadi bahasa mesin yang mudah dipahamu oleh alat elektronik dalam komputer. Perintah yang sudah diolah tadi ditampilkan berupa hasil keluaran (output) berupa data melalui perangkat keras. Contoh hasil outputnya misalnya cetakan kertas melalui printer, suara melalui speaker video melalui monitor. Semua output yang ditampilkan komputer didukung software misalnya audio harus didukung software winamp, vlc, kmpplayer dll. Seandainya data yang hendak diproses adalah angka harus didukung oleh software microsoft word, excel power point dll.

Aplikasi Penerapan Komputer
Dunia sedang mengalami proses  revolusi penerapan dari tehnologi komputer yang disebut dengan “Computerization”.

1. Bidang Teknik dan pengetahuan
Computer Aided Design/Computer Aiden Manufacturing (CAD/CAM), perancangan dengan memakai bantuan komputer. Computer Aided Three Dimension Interactive Automation) 

2. Bidang Bisnis
Management Information System (MIS), Suatu sistem informasi yang dapat menyediakan suatu informasi kepada manajmen untuk pengambilan suatu keputusan. Decession Support System (DSC), sistem pengambilan keputusan 

3. Bidang Industri
  • Autospot (Automatic for Positioning Tools)
  • APT (Automatically Programmed Tolls)
  • Merupakan komputer untuk mengatur pengawasan proses produksi   industri secara otomatisasi.

4. Bidang Kedokteran
  • CAT (Computer Axial Tomography) , komputer diaplikasiakan untuk mengambil gambar seluruh organ tubuh.
  • DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), untuk mengambil organ tubuh yang  bergerak
  • SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), mendeteksi pertikel tubuh
  • PET (Position Emission Tomography),  dengan menggunakan isotop radio aktif
  • NMR (Nuclear Magnetic Resonance), teknik diagnosa dengan pusat atom

5. Bidang Perbankan
General Ledger and Financial , aplikasi untuk pembuatan neraca dan pembukuan
The Financial Planner, model untuk pembuatan laporan keuangan

6. Bidang Penerbangan
Abacus, sistem penjadualan pesawat terbang dan sistem pemesanan tiket.

7. Bidang Kriminalitas
  • CASP (Crime Analysis Support System), mengidentifikasi suatu daerah kemungkinan terjadi kriminalitas.
  • PROMIS (Prosecutor Offender Management Information System), sistem informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk ke pengadilan.
  • CATH ( Computer Assited Terminal Criminal Hunt), sistem yang dapat menampilakan diskripsi dari orang-orang yang dicurigai.
  • MOTION (Metropolitan Orlean Total Information Online Network), sistem yang digunakan untuk informasi orang-orang dengan latar belakang kriminalitas, lengkap dengan detailnya.
  • ARJIS ( Automated Regional Justice Information System)



Nah itulah pembahasan kami tentang Komputer, semoga dapat bermanfaat ilmunya. Jika masih ada yang belum dimengerti silahkan sahabat tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa like, follow, dan komentarnya ya J.

Post a Comment