GLB dan GLBB

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), beberapa Poin Yang akan kami bahas adalah Pengertian GLB dan GLBB, Penerapan GLB dan GLBB dalam Kehidupan, Grafik GLB dan GLBB, serta Contoh Soal untuk GLB dan GLBB. Semoga ilmunya dapat bermanfaat ya J

Suatu benda dikatakan bergerak ketika kedudukan benda itu berubah terhadap benda lain yang dijadikan titik acuan. Untuk mengetahui benda bergerak kita harus memiliki perbandingan benda diam ( tidak bergerak). Lalu, apa itu gerak lurus?

Gerak Lurus atau bisa disebut gerak linear merupakan gerak yang menempuh jarak dalam lintasan lurus. Ilmu yang mempelajari gerak lurus disebut kinematika dimana ilmu ini merupakan ilu gerak yang menjelaskan gerak benda tanpa memandang gaya yang bekerja pada benda tersebut (massa diabaikan). Gerak lurus disebut juga sebagai gerak satu dimensi. Jadi, jarak yang ditempuh benda hanya ditentukan oleh kecepatan atau percepatan maupun sebaliknya.

Jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan dan percepatan tak pernah luput dari pembahasan gerak lurus. Berikut akan dibahas sedikit tentang jarak dan perpindahan agar sobat tidak bingung.

1. Jarak
Jarak adalah panjang lintasan sesungguhnya yang ditempuh oleh benda. Jarak merupakan salah satu besaran skalar.
JARAK
2. Perpindahan
Perpindahan adalah perubahan kedudukan benda dalam selang waktu tertentu (acuannya titik koordinat).
PERPINDAHAN
a. Perpindahan POSITIF jika arah gerak ke KANAN
b. Perpindahan NEGATIF jika arah gerak ke KIRI
Contohnya :
Sebuah benda bergerak dari titik A ke titik B (10 m) lalu, kembali lagi ke titik A, maka
Perpindahan (Δx) = AB - BA = 10 – 10 = 0
Karna benda kembali ke titik awal maka perpindahan sama dengan nol.
Jarak (x) = 10 + 10 = 20 m

3. Kecepatan
Kecepatan adalah besaran vektor yang besarnya sesuai dengan perubahan lintasan tiap satuan waktu.
Bila benda memerlukan waktu Δt untuk mengalami perpindahan Δx maka :
Kecepatan rata-ratanya :
KECEPATAN
Kecepatan sesaat terjadi jika selang waktunya mendekati nol (kecepatan pada suatu saat tertentu.
KECEPATAN SESAAT
4. Kelajuan
Kelajuan adalah besaran skalar yang besarnya sesuai dengan perubahan lintasan tiap satuan waktu.
Bila benda memerlukan waktu t untuk menempuh jarak x maka :
KELAJUAN
5. Percepatan
Percepatan juga memiliki percepatan rata-rata dan percepatan sesaan.
Percepatan rata-rata dapat dituliskan :
PERCEPATAN
Dan percepatan sesaat dapat dituliskan :
PERCEPATAN SESAAT
Jika sobat sedang bersepeda atau sedang berjalan menuju suatu tempat tanpa kalian sadari kalian telah melakukan suatu gerak. Tetapi gerak yang kalian lakukan digolongkan GLB atau GLBB sesuai dengan kecepatan atau percepatan kalian. Beitulah analogi yang mudah untuk dipahami. Untuk mengetahui penggolongan gerak tersebut, mari simak penjelasan berikut.

A. GERAK LURUS BERATURAN
Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak benda dalam lintasan garis lurus dengan kecepatan tetap pada selang waktu tertentu. Dengan demikian, dalam pembahasan GLB, kecepatan v dapat diganti dengan kelajuan v. Pada umumnya GLB didasari oleh hukum newton I ( ∑F = 0 ) dapat ditulis  secara matematis :
HUKUM NEWTON
HUKUM NEWTON (CONTOH)
 Perhatikan grafik berikut :
GRAFIK KECEPATAN
Grafik diatas menyatakan hubungan antara kecepatan (v) dan waktu tempuh (t) suatu benda yang bergerak lurus. Semua nilai gerak lurus beraturan dapat diplotkan pada grafik v – t seperti gambar. Nilai kecepatan Gerak lurus beraturan selalu konstan. Saat kecepatannya konstan dan tidak akan berubah maka nilai percepatannya (a) sama dengan nol. Walaupun kecepatannya tetap, jaraknya akan selalu bertambah seiring waktu. Dapat dilihat pada grafik :

B. GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) merupakan gerak lurus yang percepatannya tidak berubah (tetap) terhadap waktu tetapi selalu dipercepat beraturan dimana percepatannya sama dengan konstan. Ciri utama GLBB adalah dari waktu ke waktu kecepatan benda berubah, semakin lama semakin cepat atau dengan kata lain dipercepat juga semakin lama semakin lambat atau dengan lain diperlambat.

Besar percepatan benda
GRAFIK PERCEPATAN
RUMUS BESAR PERCEPATAN BENDA
Dalam rumus diatas

Sehingga
Atau
 Maka kita dapatkan

Dari grafik dibawah ini, jarak yang ditempuh benda :
GRAFIK JARAK

TABEL PERSAMAAN
C. PENERAPAN GLB DAN GLBB DALAM KEHIDUPAN
  • Menentukan gerak partikel maupun benda
  • Terjun payung
  • Perkiraan tembakan pemburu
  • Perkiraan waktu sampai ke tujuan 
Artikel Penunjang : Gerak Harmonik Sederhana (GHS)
E. CONTOH SOAL GLB DAN GLBB
1. Sebuah lori sedang bergerak lurus beraturan dan menempuh jarak 100cm dalam 2 sekon. Tentukan (a) kecepatannya, (b) lama lori untuk menempuh jarak 25cm.
Strategi: untuk lori yang mengalami GLB, gunakan rumus: ∆x=vt atau v=∆x/t

2. Seseorang mengendarai sepeda motor,mula-mula kecepatannya 18 km/ jam stelah 10 s kemudian kecepatannya menjadi 54 km/ jam. Berapapercepatan sepeda motor tersebut?


Nah itulah pembahasan kami kali ini tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), semoga artikel ini dapat bermanfaat J

Post a Comment