Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi membahas tentang Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, bahasannya cukup singkat, semoga saja dapat bermanfaat bagi sahabat. Langsung saja ya..

A. PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA
Flora adalah kumpulan suatu jenis tumbuh-tumbuhan yang terdapat dalam suatu daerah tertentu. Flora Indonesia termasuk kawasan Malesiana. Yang terdiri dari Indonesia, Filipina, Semenanjung Malaya, dan Papua Nugini.
Artikel Penunjang : Persebaran Flora dan Fauna Di Dunia
Tumbuh-tumbuhan yang hidup disuatu tempat ada yang tumbuh secara alami dan ada juga yang dibudidayakan oleh manusia, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti iklim, jenis tanah, relief atau tinggi rendah permukaan bumi, biotik (pengaruh makhluk hidup).

Iklim mempunyai pengaruh yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi memiliki hutan yang lebat dan juga jenis tanamannya lebih bervariasi, misalnya seperti di Pulau Kalimantan, dan Sumatera. Sedangkan daerah yang curah hujannya rendah tidak memiliki hutan yang lebat dan juga keanekaragaman tanaman seperti di Nusa Tenggara.
Artikel Penunjang : Tumbuhan Tumbuhan Langka di Indonesia
Suhu udara suatu tempat juga menjadi faktor penting untuk penyebaran tanaman disuatu tempat. Zonasi (pembatasan wilayah) tumbuh-tumbuhan di Indonesia adalah sebagai berikut :
  • Daerah panas (0-650 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kelapa, padi, jagung, karet, tebu
  • Daerah sedang (650-1500 meter),  tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kopi, tembakau, teh, sayuran
  • Daerah sejuk (1500-2500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah teh, kina, pinus, sayuran
  • Daerah dingin (diatas 2500 meter) tidak ada tanaman budidaya

Penyebaran flora di Indonesia terbagi menjadi empat, yaitu :
1. Hutan hujan tropis
Indonesia beriklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa sehingga indonesia banyak memperoleh sinar matahari setiap tahun. Hutan hujan tropis terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan sedikit di Jawa (di bagian selatan). Daerah ini memiliki ciri-ciri hutan lebat, heterogen, dan lembab. Hutannya ditumbuhi berbagai jenis pohon besar dan kecil dengan ketinggian mencapai 60m. Jenis pohon yang dapat ditemui antara lain pohon kamper, meranti, damar, eboni, kemenyan, dan rotan.
HUTAN HUJAN TROPIS

2. Sabana
Terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit, sabana berupa padang rumput yang diselingi rumpun pohon rendah atau semak-semak yang berkelompok. Sabana kebanyakan terdapat di Madura dan Dataran Tinggi Gayo (Aceh).
SABANA
3. Stepa
Adalah padang rumput yang sangat luas, ditempat yang curah hujannya rendah. Stepa  terdapat di Pulau Sumba, Sumbawa, Flores,dan Timor. Daerah ini memiliki musim kemarau yang panjang dan berpotensi untuk peternakan sapi, kuda sandel, dan kuda bima. Daerah terkering adalah Palu, yang hanya ditumbuh kaktus.
STEPA
4. Hutan musim
Hutan ini memiliki ciri hanya dihuni oleh satu jenis tumbuhan (homogen) dengan daun-daunnya yang gugur di musim kemarau. Jenis tumubuhannya adalah seperti jati dan cemara. Hutan musim terdapat di Pulau Jawa (dari Jawa Barat hingga Jawa Timur).
HUTAN MUSIM
B. PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA
Fauna atau dunia hewan dipengaruhi oleh keadaan alam, gerakan hewan dan rintangan alam. Fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhel Carl Weber, yaitu :
PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

1. Fauna tipe asiatis
Berada dibagian Indonesia sampai Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Selat Makassar dan Selat Lombok. Di daerah ini terdapat berbagai jenis hewan yang menyusui dan berukuran besar serta bermacam kera dan ikan air tawar. Contoh jenis fauna yang ditemukan adalah gajah, badak, harimau, beruang matahari, burung heron, burung merak dan orang utan.
Artikel Penunjang : Hewan Hewan Langka Di Indonesia
2. Fauna peralihan (australia-asiatik)
Terdapat dibagian tengah Indonesia, yaitu Sulawesi dan daerah Nusa Tenggara. Karakteristik hewannya mirip dengan Asia maupun Australia. Di daerah ini juga terdapat jenis hewan seperti kera, babi rusa, burung maleo, anoa, dan kuskus.

3. Fauna tipe australis
Berada dibagian timur Indonesia, seperti Papua dan Kepulauan Aru (bagian timur). Jenis hewan di daerah ini adalah hewan yang menyusui dan berukuran kecil, tidak ada kera, sedikit ikan air tawar, dan banyak jenis burung berwarna. Di daerah ini terdapat hewan seperti kangguru, burung kasuari, kakaktua, dan cenderawasih.

Nah itulah dia pembahasan singkat tentang Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia. Silahkan di share ilmunya agar lebih bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, sering sering mampir ya J

Post a Comment