Sejarah Perkembangan Seni Musik

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang Sejarah Perkembangan Seni Musik. Langsung saja ya, semoga dapat bermanfaat.

Sejak dulu kala musik sudah hadir dalam kehidupan manusia mungkin berupa nada yang sangat sederhana. Bahkan musik sudah ada sejak zaman prasejarah. Seiring waktu berlalu musik semakin berkembang. Perkembangan seni musik sangat pesat dikarenakan banyaknya penemuan-penemuan baru terutama di bidang kebudayaan. Berdasar perkembangannya musik dapat dibagi menjadi enam zaman. Yaitu zaman prasejarah, abad pertengahan, zaman Barok dan Rokoko, zaman klasik, zaman romantik, dan zaman modern.
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Unsur Seni Musik
1. Musik Zaman Prasejarah
Musik sudah dikenal sejak adanya manusia  yaitu sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak tercatat dalam sejarah siapa yang pertama mengenal musik. Alat musik yang tertua adalah flute terbuat dari tulang yang telah dilubangi. Flute tersebut diduga dibuat pada 40.000 tahun yang lalu.

2.  Musik Abad Pertengahan
Pada masa ini seni musik sering digunakan untuk kegiatan gereja. Namun, setelah adanya berbagai penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, fungsi musik juga berkembang tidak hanya untuk kegiatan agama. Pada zaman renaisance (1500-1600) muncul musik percintaan dan keperwiraan. Sehingga musik gereja mengalami kemunduran. Piano dan organ juga ditemukan pada zaman ini. Komposer yang hidup pada zaman ini adalah Léonin, Pérotin, dan Guillaume de Machaut.

3. Musik Zaman Barok dan Rokoko
Pada zaman ini yaitu sekitar tahun 1600 sampai 1750-an, ornamentik pada musik mulai digunakan. Pada musik Barok penggunaannya dilakukan secara spontan sedangkan pada musik Rokoko penggunaannya dicatat dan diatur. Musisi terkenal pada zaman ini adalah Johan Sebastian Bach, pencipta musik koral dan pencipta lagu-lagu instrumental.
 
SEJARAH MUSIK
4. Musik Zaman Klasik
Zaman klasik muncul pada sekitaran tahun 1750 sampai 1820-an. Pada zaman ini, perkembangan musik masuk ke bidang baru. Perubahan-perubahan yang disempurnakan mencakup, dinamika yang menjadi semakin lembut, perubahan temponya menggunakan accelerando yang membuat musik semakin cepat dan ritarteando untuk memperlembut, dan pemakaian hiasan musiknya dibatasi. Komposer terkenal di zaman klasik adalah Johann Christian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig van Beethoven.

5. Musik Zaman Romantik
Musik romantik dimulai setelah zaman klasik hingga tahun 90-an. Pada zaman ini, yang diharuskan dalam musik yaitu memiliki rasa yang subjektif, karena musik pada zaman ini mulai digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Maka dari itu, penggunaan dinamika dan tempo makin banyak dipakai. Komposer yang terkenal pada zaman ini adalah Ludwig van Beethoven dan Franz Schubert. Pada akhir zaman romantik, orkestra dan teater musik berkembang dengan dramatis dan menjadi budaya kaum urban.

6. Musik Zaman Modern
Pada abad ke-20, penemuan radio menjadi pengalaman baru dalam mendengarkan musik. Pada zaman modern musik lebih berfokus pada ritme, gaya, dan suara. Namun musik pada zaman ini lebih dinamis dibanding sebelumnya. Musik yang dimainkan lebih bebas tanpa ada aturan-aturan tertentu. Bahkan pada zaman ini mulai ditemukan perekam suara dan alat untuk mengedit musik yang menghadirkan suasana baru pada musik klasik berupa genre-genre baru yang mulai berkembang. Dengan demikian, orang-orang semakin bebas mengungkapkan ekspresinya lewat musik.
Artikel Penunjang : Jenis Jenis(Genre) Musik di Dunia 
Nah itulah postingan singkat tentang penjelasan Sejarah Perkembangan Seni Musik. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa like, follow, dan komentarnya ya J.


1 komentar:

Post a Comment