Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi

Baiklah sobat, kali ini kita akan membahas mengenai Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

PRINSIP GEOGRAFI

Terdapat 4 prinsip yang ada di dalam ilmu geografi, yaitu :
Prinsip Persebaran/Distribusi
Artinya adalah persebaran bentang alam yang ada di permukaan bumi itu berbeda-beda di setiap wilayah. Contoh : Penduduk di daerah perkotaan biasa membuat pemukiman padat atau berkelompok, lain halnya dengan penduduk di pedesaan yang membuat pemukiman yang jarang-jarang.

Prinsip Interelasi
Prinsip ini menekankan bahwa fenomena dan gejala yang terjadi di wilayah tertentu mempunyai hubungan dengan fenomena dan gejala yang lain. Contoh : penduduk di wilayah pantaibermata pencaharian sebagai nelayan, karena mereka dekat dengan laut sebagai tempat untuk mencari ikan.

Prinsip Deskripsi
Deksripsi disini menjelaskan bahwa suatu fenomena dan gejala yang terjadi mengharuskan adanya pendeskripsian meliputi tulisan, tabel, gambar atau grafik. Contoh: peta persebaran gunung api di dunia.

Prinsip Korologi (Gabungan)
Artinya dengan mendeskripsikan ketiga prinsip di atas dan menggabungkannya, maka suatu wilayah memiliki akan mempunyai karakteristik atau ciri-ciri tertentu. Prinsip ini merupakan symbol dari geografi modern. Contoh : suhu udara di pegunugan lebih sejuk daripada di perkotaan, dikarenakan adanya pengaruh ketinggian lokasi pada wilayah pegunungan.
Artikel Penunjang : Pengertian, Konsep, Pendekatan Geografi
MANFAAT GEOGRAFI

Ada banyak sekali manfaat mempelajari ilmu geografi. Berikut adalah beberapa manfaat ilmu geografi, yaitu :

Wawasan dalam ruang
Geografi melatih makhlup hidup untuk memproyeksikan atau memposisikan dirinya di dalam suatu ruang yang disebut bumi. Orientasi tersebut meliputi semua aspek ruang, yaitu arah, jarak, luas, dan bentuk.

Persepsi Relasi Antar Gejala
Dalam mempelajari geografi, kita dituntut untuk saling mengamati fenomena dan gejala yang terjadi pada suatu bentang alam atau wilayah sehingga dapat menyimpulkan hubungan-hubungannya.

Pemetaan potensi daerah
Dengan mempelajari geografi, manusia dapat melakukan pemetaan wilayah-wilayah yang mempunyai karakteristik tertentu sesuai dengan prinsip dalam ilmu geografi yang telah disebutkan sebelumnya.

Pemahaman Global
Geografi menuntut seseorang untuk mengetahui wsemua wilayah yang ada di bumi. Artinya, seseorang tidak hanya mengetahui tentang wilayah tempat tinggalnya saja, akan tetapi bias mengetahui seluruh aspek yang ada di permukaan bumi ini.

Timbul Rasa Kecintaan dan ingin Menjaga
Setelah mengetahui semua potensi wilayah berikut seluruh aspek yang dimilki oleh bumi ini, tentunya akan timbul suatu rasa kecintaan terhadap ciptaan Tuhan yang sangat indah. Rasa kecintaan ini dapat menimbulkan rasa ingin memiliki sehingga seseorang akan cenderung untuk menjaga wilayahnya agar tidak terganggu.


CABANG ILMU GEOGRAFI

cabang ilmu geografi
Berbagai cabang ilmu Geografi

Secara garis besar, cabang ilmu geografi memiliki dua disiplin ilmu, yaitu:

Geografi Fisik
Kajian geografi fisik mempelajari gejala-gejala fisik bumi yang meliputi tanah, air, dan udara, serta segala proses yang terjadi di dalamnya. Kajian geografi fisik ditunjang lagi oleh ilmu Geologi, Geomorfologi, Ilmu Tanah, Meteorologi, Klimatologi dan Oseanografi.

  • Geologi

Geologi mempelajari bagaimana proses bumi terbentuk dan mengalami perubahan dari masa ke masa.

  • Geomorfologi

Ilmu geomorfologi mempelajari tentang bentuk permukaan bumi atau lahan dan sejarah-sejarah terbentuknya.

  • Ilmu Tanah

Sesuai dengan namanya, ilmu tanah mempelajari tentang segala aspek tanah baik itu fisik, jenis dan segala hal yang berhubungan dengan permukaan tanah.

  • Metereologi dan Klimatologi

Metereologi dan klimatologi mempelajari tentang fenomena cuaca dan iklim yang terjadi di bumi.

  • Oseanografi

Oseanografi mempelajari tentang seluk beluk kelautan yang meliputi sifat-sifat salinitas, arus laut, sedimen laut, dan segala hal yang berhubungan.

Geografi Manusia
Geografi manusia merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang aspek keruangan manusia dan segala aktivitasnya. Geografi manusia terbagi menjadi beberapa cabang, yaitu:

  • Geografi Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana usaha-usaha manusia dalam menciptakan kemakmuran hidupnya, gejala-gejalanya, serta hubungan timbal balik dari usaha tersebut.

Adapun geografi ekonomi membahas tentang bagaimana usaha manusi untuk mengeksploitasi (mengolah) sumber daya alam yang ada di bumi sehingga dapat tercapai kemakmuran hidup.

  • Geografi politik

Politik adalah suatu kegiatan yang merencanakan tujuan-tujuan suatu negara untuk dilaksanakan sehingga tercapailah tujuan tersebut. Sehingga bias dikatakan bahwa geografi politik adalah cabang yang mempelajari unit-unit politik, wilayah, kekuasaan, perbatasan, dan region serta unsur-unsur politik internasional.

  • Geografi penduduk

Cabang ilmu geografi penduduk mengkaji tentang keadaan, dinamika dan perubahan-perubahan yang terjad pada penduduk. Selain itu, geografi penduduk juga mempelajari tentang konsekuensi-konsekuensi social dan ekonomi yang terjadi melalui proses interaksi antar manusia atau penduduk.

  • Geografi teknik

Mempelajari tentang cara-cara memvisualisasikan, menganalisa, dan mengolah informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan citra hasil penginderaan jauh. Geografi teknik terbagi lagi menjadi beberapa cabang, yaitu:

(1) Kartografi
Adalah ilmu dan seni dalam membuat peta. Peta dibuat berdasarkan pengamatan dan analisa yang telah dilakukan.

(2) Penginderaan Jauh
Adalah ilmu dan seni yang menghasilkan informasi mengenai objek, daerah, atau gejala dan fenomena. Dilakukan dengan cara menganalisis data menggunakan alat, dengan kata lain tanpa menyentuh objek, daerah, atau gejala dan fenomena yang dikaji.

(3) Sistem informasi geografis
Adalah sistem  geografis berbasis komputer yang menyediakan informasi secara terpadu.

Baiklah sobat, inilah postingan kali ini mengenai Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian J



Post a Comment