Tumbuhan - Tumbuhan Langka di Indonesia

Selamat datang di softilmu, blog sederhana yang berbagi ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang Tumbuhan – Tumbuhan langka yang ada di indonesia, Diantaranya adalah Bunga Bangkai, Raflesia Arnoldi, kantong Semar, Bunga Edelweis Anaphalis Javanica, Damar, Cendana, Anggrek Tebu, Daun Payung, dan Tengkawang.

1. Bunga Bangkai
Nama Bunga Bangkai berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai busuk. Bau tersebut berfungsi untuk menarik perhatian lalat dan kumbang untuk menyerbuki bunganya. Bunga Bangkai memiliki nama Latin Amorphophallus titanium .

Bunga Bangkai memiliki ukuran yang besar dan tinggi serta berbentuk seperti Lingga yang dikelilingi oleh seludang bunga yang berukuran besar. Bunga Bangkai berumah satu dan protagini. Maksudnya yaitu bunga betina reseptif terlebih dahulu kemudian diikuti dengan bunga jantan untuk mencegah peyerbukan sendiri. Bunga Bangkai Sumatera diketahui sebagai bunga bangkai tertinggi. Tinggi bunganya mampu mencapai hingga 5 meter. Sedangkan bunga bangkai titan arum berukuran pendek dan memiliki postur yang besar. Status Konservasi dari Bunga Bangkai yaitu terancam kepunahan.
 
TUMBUHAN LANGKA :  BUNGA BANGKAI
2. Raflesia Arnoldi
Raflesia arnoldii merupakan tumbuhan raksasa yang bersifat parasit obligat yang tumbuh pada batang liana dari genus Tetrastigma. Tumbuhan ini tidak memiliki daun sehingga tidak mampu melakukan fotosintesis dan mengambil nutrisi dari inangnya. Raflesia arnoldii memiliki bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga. Tumbuhan ini tidak memiliki akar, daun dan batang. Pada saat bunga mekar, diameternya dapat mencapai 70-110 cm serta tinggi 50 cm dan berat berkisar 11kg. Organ reproduksi tumbuhan ini terdiri atas bunga sari dan putik dalam satu rumah yang terdapat dalam bagian tengah dasar bunga yang melengkung seperti gentong. Ancaman untuk Raflesia arnoldii yaitu tingginya laju penggundulan dan pembakaran hutan menjadikan ancaman serius bagi tumbuhan ini. Selain itu, ancaman pun datang dari masyarakat yang merusak dan mengambil putiknya untuk dijadikan obat tradisional.
TUMBUHAN LANGKA : RAFLESIA ARNOLDI

3. Kantong Semar
Kantong semar merupakan salah satu tanaman pemakan serangga. Kantong semar menangkap serangga dengan meletakkan nectar di bagian tutup kantongnya. Hal ini berfungsi agar serangga mendatangi, mendekati dan pada akhirnya menjadi makanan kantong semar. Serangga yang terjebak akan diserap nutrientnya oleh kantong semar. Kantong semar di Indonesia dapat ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Ketika serangga telah terjebak di dalam kantong semar, maka kantong tersebut akan menutup. Fungsinya yaitu agar ketika kantong semar mencerna serangga tidak diganggu kawanan musuh yang merebut serangga tersebut.
TUMBUHAN LANGKA : KANTONG SEMAR
4. Bunga Edelweis Anaphalis Javanica
Selain dari 4 tanaman langka yang telah disebutkan di atas. Indonesia mempunyai tanaman langka lainnya yaitu Bunga Edelweis Anaphalis Javanica. Keunikan dari Bunga ini yaitu ketika bunga ini dipetik, bunga ini tidak langsung layu. Bunga ini mampu hidup di daerah bekas gempa vulkanik. Hal ini disebabkan karena bunga ini mampu untuk menjalin simbiosis dengan jamur mikoriza dan jamur tanah lain untuk membutuhkan nutrisi. Selain itu, bunga ini juga sangat disukai oleh serangga dan diperkirakan ada lebih dari 300 jenis serangga yang hinggap di bunga tersebut. Keunikan lain dari bunga ini yaitu bunga ini mampu hidup selama 100 tahun lamanya. Ciri fisiknya yaitu memiliki tingga hingga 8 meter dan memiliki ketebalan batang sebesar ukuran kaki manusia dewasa. Bunga ini dapat ditemukan di pegunungan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Jawa.
BUNGAN EDELWEIS ANAPHALIS JAVANICA
5. Damar
Damar merupakan tumbuhan sejenis pohon yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Memiliki nama Latin Agathis dammara, tumbuhan ini tersebar di Maluku, Sulawesi hingga Filipina. Pohon ini memiliki tinggi 65 m, batang bulat dan silindris dengan diameter mencapai 1,5 m. Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200mdpl.
Damar dibudidayakan untuk diambil resinnya dan diolah menjadi kopal. Resin adalah getah yang keluar tatkala kulit atau kayu dammar dilukai.
TUMBUHAN LANGKA : DAMAR
6. Cendana
Cendana merupakan sejenis pohon yang menghasilkan kayu cendana dan minyak cendana. Memiliki nama Latin Sandalum album. Kayunya dapat digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum serta sangkur keris. Konon, keharuman dari kayu cendana dapat bertahan hingga ratusan tahun. Di Indonesia, pohon cendana dapat di temukan di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.
TUMBUHAN LANGKA : CENDANA
7. Anggrek Tebu
Anggrek Tebu merupakan family dari anggrek raksasa. Berat dari Anggrek Tebu dapat mencapai 1 ton dengan panjang mulai 3 meter. Anggrek ini memiliki nama Latin Grammatophyllum speciosum. Selain itu, anggrek ini memiliki bunga berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah dan merah kehitaman. Keunikan dari bunga ini yaitu walaupun telah dipotong, bunganya dapat bertahan hingga 2 bulan. Anggrek ini dapat ditemukan di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.
TUMBUHAN LANGKA : ANGGREK TEBU
8. Daun Payung
Daun paying merupakan sejenis tanaman palem yang mempunyai daun yang besar, lebar dan kuat. Memiliki nama Latin Johannesteijsmannia altifrons. Memiliki panjang daun antara 3-6 meter dengan lebar 1 meter. Tajuknya terdiri atas 20-30 daunan. Tanaman ini hidup di hutan tropis dengan daun yang lebar. Di Indonesia, tanaman ini dapat ditemukan di Pulau Sumatera tepatnya di Riau, Sumut serta di Lereng Gunung Leuser.

Artikel Penunjang : Hewan Hewan Langka Di Indonesia
TUMBUHAN LANGKA : DAUN PAYUNG
9. Tengkawang
Tengkawang merupakan nama buah dan pohon dari genus Shorea. Tengkawang menghasilkan minyak lemak yang berharga nilai jual tinggi. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Kalimantan. Tengkawang terdiri atas 12 spesies yang sekarang dilindungi oleh pemerintah.
Minyak Lemak ini berasal dari biji tengkawang yang dijemur dan disalai untuk kemudian diolah menjadi minyak. Minyak tengkawang digunakan sebagai penyedap makanan dan obat tradisional. Selain itu dalam dunia Industri minyak tengkawang digunakan dalam pembuatan bahan kosmetik, lilin, sabun dsb.
TUMBUHAN LANGKA : TENGKAWANG

Nah itulah pembahasan kami tentang Tumbuhan – Tumbuhan langka di Indonesia, Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan sahabat menanyakannya melalui kotak komentar di bawah ini. Kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa, like, follow, dan komentarnya ya J.

2 komentar

tumbuhan di indonesia banyak juga ya yang langka dan terancam punah

Reply

Post a Comment