Pengalam Belajar, Bekerja, Berbisnis dan Rekreasi di Rumah

Dampak dari perkembangan tenknologi sudah terlihat sangat nyata pada abad ke-21 ini. Internet merupakan yang memberikan kontribusi paling besar, dengan adanya internet, semua aktivitas dapat dilakukan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. Karena saya merupakan tipe orang yang lebih banyak terhubung dengan internet, maka ada banyak aktivitas yang sering saya lakukan di rumah, melalui kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang pengalaman saya selama melakukan aktivitas belajar, bekerja, berbisnis dan rekreasi di rumah, semoga dapat bermanfaat.

1. Pengalaman Belajar di Rumah
Kalau disinggung masalah belajar di rumah, saya selalu teringat dengan pengalaman belajar pada masa SMA. Ketika itu saya sudah kenal dekat dan bersahabat dengan yang namanya internet. Karenanya hampir semua aktivitas saya sebagai siswa saya lakukan melalui internet, baik itu mengerjakan tugas, mencari materi atau membahas soal-soal yang menarik. Melalui aktivitas tersebut saya paham bahwa ada tiga tombol yang menjadi jantung bagi seorang pelajar saat ia membuat tugas, tombol Ctrl, tombol C, dan tombol V. Dua kombinasi Ctrl+C dan Ctrl+V pasti pernah digunakan semua pelajar yang melek teknologi. Benar sekali, tombol Ctrl+C berfungsi untuk mengcopy suatu data sedangkan tombol Ctrl+V berfungsi menempelkan data tersebut pada dokumen yang kita inginkan. Ilmu hitam ini sering saya gunakan saat membuat tugas dari rumah, selain itu dulunya saya juga sering untuk menggunakan kombinasi tombol tersebut untuk membagikan informasi yang menarik. Tetapi semakin jauh saya mengenal yang namanya internet dan teknologi, maka saya semakin sadar bahwa perbuatan saya tersebut merupakan perbuatan yang sangat salah. Kenapa ? karena ternyata tidak semua informasi yang ada di internet itu benar, dan apabila kita tidak bisa memilah mana informasi yang benar, maka kita akan mempercayai dan menyebarkan informasi yang salah. Selain memberikan dampak negatif terhadap kehidupan pribadi, hal ini juga memberikan dampak negatif terhadap kehidupan orang lain. Jadi, jangan langsung memanfaatkan kombinasi Ctrl+C dan Ctrl+V untuk menyebarkan suatu informasi yang menarik, belum tentu yang menarik itu benar.
Jadi dari pengalaman tersebut, kendala saya saat belajar dari rumah adalah saya kesulitan untuk membedakan informasi yang benar dengan informasi yang salah.

Belajar melalui internet melalui copy paste

2. Pengalaman Bekerja dan Bisnis di Rumah
Sekarang saya adalah seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu dan berbisnis di rumah. Pekerjaan dan bisnis saya adalah sebagai seorang blogger. Penghasilan dari aktivitas menulis sebagai seorang blogger ini cukup membantu kondisi keuangan saya saat ini. Walaupun tidak sebesar penghasilan blogger-blogger ternama, tetapi saya sangat bersyukur, karena semuanya saya bangun dari nol. Ada beberapa pengalaman menarik yang pernah saya alami melalui aktivitas blogging, salah satunya adalah pengalaman ketika pertama kali membuat blog, berikut kisahnya : 

Pada tahun tahun 2012, saat masih berstatus sebagai pelajar, ada sebuah tugas yang diberikan oleh guru TIK kami, yaitu tugas untuk membuat sebuah blog. Berdasarkan penjelasan beliau, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membuat sebuah blog, tetapi yang paling menarik perhatian saya adalah “kita bisa mendapatkan uang dari membuat sebuah blog”. Seketika setelah mendengar kalimat tersebut, semangat bisnis saya membara.

Pengalaman Bekerja dan Bisnis di Rumah
Keesokan harinya, saya langsung mencari kebenaran informasi itu dan membuat sebuah blog, tentunya aktivitas ini saya lakukan dari rumah, dengan koneksi internet seadanya. Tujuan utama dari membuat blog ini bukanlah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru TIK saya tadi, tetapi untuk “uang, uang, uang dan uang”. Setelah sekitar 2 bulan blog yang saya buat tadi aktif, rasa bosan mulai menghampiri, wajar saja, tidak ada tanda-tanda blog ini akan menghasilkan uang dan saya mengurus semuanya sendiri. Karena itu saya berinisitif untuk mengajak beberapa teman untuk membantu saya mengelolanya, dengan kesepakatan apabila nanti blog ini menghasilkan, kita akan membagi hasilnya sama rata. Konsep yang saya pakai saat itu adalah

Semakin banyak Penulis = Semakin banyak Artikel = Semakin banyak pengunjung = Semakin besar peluang menghasilkan

Memang benar, sejak saat itu semakin banyak artikel yang kami publikasi dan semakin tinggi jumlah pengunjung website kami, hingga pada akhirnya kami mendapatkan penghasilan sebesar 300 ribu dollar.

Maaf, maksud saya TIGA RATUS RIBU RUPIAH (Rp.300.000). Setelah mengelola website tersebut sekitar 6 bulan, kami hanya mendapatkan 300.000 rupiah, Menyedihkan? Mungkin iya bagi sebagian orang, tapi tidak bagi saya. Pendapatan ini memberikan secercah harapan yang mulai memudar, saya mulai yakin bahwa saya dapat bekerja sekaligus berbisnis secara online. Pendapatan yang kami dapatkan ini membuat semangat saya kembali terpacu, tetapi masalah mulai muncul satu persatu. Ada 3 masalah utama pada masa tersebut, yaitu :
  1. Teman-teman yang saya ajak untuk mengelola blog yang tadi mulai jarang aktif di blog tersebut. Hal ini berdampak negatif terhadap blog dan juga terhadap saya. Pengunjung blog menurun dan semangat saya juga mulai redup karena tidak teman yang membantu. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena passion kami tidak sama, mungkin dari awal tujuan utama kami tidak sama. Menyadari hal ini saya memutuskan untuk menghapus blog yang telah kami bangun tersebut, blog itu saya anggap sebagai kegagalan pertama yang memberikan pengalaman berharga.
  2. Masalah yang kedua adalah kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Karena pekerjaan dan bisnis saya berhubungan dengan internet, maka koneksi merupakan kebutuhan pokok. Tetapi kondisi tempat tinggal saya saat itu masih memiliki koneksi internet yang kurang baik, koneksinya sering putus dan juga sangat lambat. Pengaruh koneksi internet ini memberikan masalah yang besar terhadap aktivitas blogging saya, artikel jadi sulit untuk di posting dan proses pencarian materi menghabiskan waktu yang sangat lama.
  3. Masalah yang ketiga adalah saya bingung harus mencari ilmu kemana. Ketika menanyakan tentang hal-hal yang belum saya pahami secara online, balasan yang saya harapkan tidak datang secara spontan, membutuhkan waktu lama agar pertanyaan saya dijawab oleh seseorang di forum tempat saya bertanya. Bahkan terkadang tips yang diberikan saling bertolak belakang satu sama lain, bukannya mendapat jawaban, malah semakin bingung. Jadi satu-satunya cara adalah mencoba semua tips dan menunggu waktu yang membuktikan tips mana yang memberikan hasil positif. Selain menguras energi, penyelesaian ini juga menyita banyak waktu saya.
Tetapi semua hal itu sudah berlalu, saat ini saya sudah sedikit lebih dekat untuk meraih mimpi saya. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya (baca paragraf pertama poin pengalaman bekerja dan belajar dari rumah ini), sekarang saya memiliki dua website aktif yang dapat memberikan penghasilan untuk menunjang kehidupan. Sebagai seorang mahasiswa, tentunya penghasilan tambahan merupakan hal yang penting dalam kehidupan saya saat ini. Intinya pada era ekonomi digital seperti sekarang, bekerja dan berbisnis dari rumah merupakan hal yang sangat mungkin dan memiliki peluang kesuksesan yang besar. Selain persaingannya tidak terlalu ketat, pekerjaan kita juga bisa dikatakan cukup mudah. Jadi tunggu Apalagi, mulailah melakukan aktivitas tersebut.
Jadi kendala yang saya alami berdasarkan pengalaman tersebut adalah belum mendapatkan teman dengan passion yang sama pada saat itu, koneksi internet yang bermasalah, dan tidak ada yang mengajarkan tentang cara bekerja dan berbisnis online.
3. Pengalaman Rekreasi di Rumah
Secara bahasa, rekreasi adalah aktivitas yang dapat menyegarkan kembali kondisi jasmani (fisik) dan rohani (Mental/spiritual) anda. Mungkin aktivitas rekreasi yang dibutuhkan dan dilakukan setiap orang berbeda-beda. Bagi saya, rekreasi di rumah yang saya lakukan adalah duduk santai sambil mendengarkan musik atau menonton video atau film yang menarik. Bagaimana dengan anda? Kegiatan rekreasi apa yang biasanya anda lakukan di rumah?
Rekreasi di Rumah
Well, apapun itu kegiatan itu pastinya saya yakin anda membutuhkan kondisi yang nyaman agar fisik dan mental anda menjadi segar kembali. Nah sekarang masalah yang sering terjadi dalam masyarakat adalah mereka lebih memilih melakukan aktivitas rekreasi di luar rumah daripada di dalam rumah. Kenapa ? karena kondisi rumah yang ada tidak mendukung kegiatan rekreasi, tidak menarik, kurang nyaman dan monoton.
Jadi masalah yang sering kita lihat di Indonesia dalam kegiatan rekreasi di rumah adalah keadaan tempat tinggal yang tidak mendukung kegiatan ini.
Demikianlah cerita pengalaman yang pernah saya alami dalam belajar, bekerja, berbisnis, dan rekreasi di rumah. Coba anda perhatikan kembali, pada bagian akhir pembahasan saya pada masing-masing pengalaman tersebut terdapat beberapa masalah yang saya alami dan masalah yang sering terjadi di Indonesia. Nah saya telah menemukan solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut, bagi anda yang tidak ingin menderita seperti saya karena menghadapi masalah-masalah di atas, silahkan disimak solusinya.

Indonesia sekarang sudah memiliki Program Tamansari Cyber dengan konsep Cyberhome di setiap unit rumah. Konsep Cyberhome dibangun mengusung Real SOHO (Small Office Home Office) yang sesungguhnya. Fitur yang ditawarkan pada konsep Cyberhome ini dapat mendukung agar anda dapat melakukan semua aktivitas anda di rumah. Fitur-fitur inilah yang dapat mengatasi masalah-masalah yang pernah saya alami sebenarnya, anda merupakan orang yang beruntung karena akan mengenal cyberhome dan tidak lagi mengalami masalah yang pernah saya alami tersebut. Langsung saja kita bahas solusi untuk masalah – masalah itu.

Pada poin pertama dalam pembahasan pengalaman belajar di rumah (silahkan geser ke atas untuk membacanya kembali), kendala saya saat belajar dari rumah adalah saya kesulitan untuk membedakan informasi yang benar dengan informasi yang salah. Fitur cyberhome yang dapat menyelesaikan masalah ini adalah cyberhome dapat menghadirkan pakar TIK bagi anda, dengan ilmu yang mereka miliki tentunya mereka akan dapat mengetahui bagaimana cara membedakan informasi yang benar dengan informasi hoax, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan informasi yang anda dapatkan, masalah selesai. Berikut adalah keunggulan lain untuk belajar dari rumah oleh Cyberhome :
Keunggulan Belajar Cyberhome
Pada poin kedua dalam pembahasan pengalaman bekerja dan berbisinis di rumah (silahkan geser ke atas untuk membacanya kembali), kendala yang saya alami berdasarkan pengalaman tersebut adalah belum mendapatkan teman dengan passion yang sama pada saat itu, koneksi internet yang bermasalah, dan tidak ada yang mengajarkan tentang cara bekerja dan berbisnis online.

Masalah kesulitan menemukan teman yang memiliki pendirian yang sama akan teratasi dengan mudah, karena cyberhome merupakan tempat berkumpulnya para pakar/pengusaha TIK dari seluruh indonesia. Mereka memiliki usahanya masing-masing dalam bidang online, nah sekarang tugas anda adalah menawarkan kerjasama agar dapat mengembangkan bisnis yang sedang anda jalani. Memang proses terjalinnya tidak semudah itu, tetapi setidaknya anda telah menemukan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan anda.

Masalah koneksi internet juga akan terselesaikan dengan mudah karena rumah dengan konsep cyberhome memiliki fitur Internet Super High Speed Dedicated dari 100 Mbps hingga 10 Gbps, Upload dan Downloadnya simetris pula. Berdasarkan Survey yang dilakukan APAC (Asia Pasific Internet Group) tahun 2016, rata rata kecepatan internet di indonesia adalah 4,6 Mbps. Jadi apakah speed 100 Mbps hingga 10 Gbps masih kurang?

Untuk masalah tidak ada yang mengajarkan tentang cara bekerja dan berbisnis dari rumah solusinya masih sama seperti masalah pertama, yaitu cyberhome memiliki pakar bisnis TIK terkemuka yang siap mendedikasikan dirinya sebagai mentor untuk mengarahkan anda bekerja dan berbisnis.

Keunggulan Kerja dan Bisnis Cyberhome
Pada poin ketiga dalam pembahasan pengalaman rekreasi di rumah (silahkan geser ke atas untuk membacanya kembali), masalah yang sering kita lihat di Indonesia dalam kegiatan rekreasi di rumah adalah keadaan tempat tinggal yang tidak mendukung kegiatan ini. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan lihat beberapa rumah yang dengan konsep cyberhome berikut :

Masih kurang ? Nah coba perhatikan keunggulan lain yang dapat anda nikmati untuk aktivitas rekreasi anda di rumah berikut ini :

Keunggulan Program Rekreasi Cyberhome

Nah tunggu apalagi, langsung saja pesan salah satu rumah luarbiasa tersebut DISINI, demikianlah artikel kali ini tentang Masalah dalam Belajar, Bekerja, Berbisnis dan Rekreasi di Rumah. Mudah-mudahan dapat bermanfaat. Sampai jumpa, semoga hari anda menyenangkan. 
loading...

Post a Comment

close
Banner iklan disini