Wednesday, 10 May 2017

5 Tips Jitu Menjual Apartemen dengan Cepat

Apartemen merupakan sebuah tempat tinggal yang mengambil sebagian kecil ruangan dari suatu bangunan. Satu bangunan dapat dibagi ke dalam sejumlah unit apartemen. Pada negara maju, apartemen merupakan salah satu pilihan utama ketika seseorang sedang mencari tempat tinggal. Sedangkan di negara berkembang seperti halnya di Indonesia, apartemen masih menjadi hal yang dianggap “asing” dan bukan merupakan pilihan utama untuk tempat tinggal. Mungkin hal ini disebabkan karena kesadaran yang kurang akan keuntungan tinggal di apartemen.

Apartemen Masih Menjadi hal yang Asing di Indonesia

Sebagai pihak yang bergelut dalam bidang penjualan dan penyewaan apartemen, masalah diatas tentunya menjadi sebuah tantangan yang harus bisa dilewati untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Anda akan menjadi Agent of Change, pihak yang menciptakan perubahan dalam lingkungan masyarakat indonesia. Tujuan utamanya adalah membuat apartemen menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari aspek kehidupan. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan menambah jumlah orang yang tinggal di apartemen yaitu dengan cara membuat lebih banyak apartemen yang terjual. 

Agen perubahan untuk menjadikan apartemen bagian dari masyarakat
Time is money, waktu adalah uang, semakin cepat anda dapat menjual sebuah apartemen akan semakin singkat pula waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan anda, membuat apartemen sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari aspek kehidupan masyarakat indonesia. Ingat, anda berperan sebagai Agent of Change dan berperang melawan waktu. Nah berikut ini adalah 5 Tips Jitu Untuk Menjual Apartemen dengan Cepat :

Cara Menjual Apartemen, Cara menyewakan Apartemen
1. Kenali Konsumen yang Menjadi Target Marketing
Informasi yang akurat tentang konsumen adalah hal yang paling mahal dalam suatu bisnis. Contohnya, konsumen yang menjadi target dalam bisnis apartemen seharusnya adalah kalangan menengah ke atas, jadi jangan membuang waktu untuk berusaha menarik konsumen dari kalangan menengah ke bawah, karena hasilnya pasti akan mengecewakan. Contoh informasi yang mungkin kita anggap sederhana ini ternyata merupakan informasi yang sangat berharga dalam menentukan target pasar.

Berdasarkan data dari National Multifamily Housing Council (NMHC) yang melakukan survey di Amerika pada tahun 2015, 44,46% pemiliki sebuah apartemen merupakan orang yang berusia antara 45 – 64 tahun, 30.35% berusia diatas 65 tahun, 21,31% berusia antara 30 – 44 tahun, dan hanya 3,89% yang berusia dibawah 30 tahun. Sedangkan orang yang tinggal di apartemen berdasarkan usianya adalah 33% berusia di bawah 30 tahun, 31% berusia 45 – 64 tahun, 18% berusia 30 – 44 tahun dan 65% berusia diatas 65 tahun. Kesimpulan dari informasi ini adalah sebagian besar pemilik apartemen berusia antara 45 – 64 tahun dan sebagian besar orang yang tinggal di apartemen berusia di bawah 30 tahun, artinya tidak semua apartemen ditempati oleh pemiliknya, bisa jadi anak atau kerabatnya yang tinggal di sana. Bukankah informasi seperti ini sangat berharga bagi anda sebagai penjual?

Tidak hanya usia, informasi seperti jenis kelamin, pekerjaan, gaji, asal daerah, dan data lain yang berhubungan dengan konsumen anda pasti akan sangat bernilai. Sayangnya NMHC Hanya menyediakan informasi tentang masyarakat di Amerika. Lalu bagaimana untuk mendapatkan informasi akurat seperti ini tentang masyrakat di Indonesia ?

Kenali Konsumen Anda dalam Menjual Apartemen
Ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk memperoleh informasi tentang konsumen anda di Indonesia. Cara yang pertama adalah mengumpulkan semua informasi tersebut sendiri, anda membutuhkan modal, waktu yang banyak, dan teknik yang tepat agar cara ini berhasil. Nah cara kedua akan jauh lebih mudah dan praktis, yaitu dengan memakai jasa Rukamen SalesHack Cara Cepat Menjual dan Menyewakan Apartemen. Rukamen saleshack memiliki banyak fitur yang membantu anda memperoleh informasi tentang konsumen anda sehingga dapat mengenali konsumen yang menjadi target anda. Melalui kerjasama ini anda dapat menghemat modal juga menghemat waktu. Lebih praktis dan lebih mudah. Tentukan pilihan anda.

Mempermudah Penjualan dan Penyewaan Apartemen Anda
2. Pastikan Harga dan Kualitas Produk Bersaing
Harga merupakan nilai tukar untuk suatu produk, sedangkan kualitas produk adalah keseluruhan ciri dalam hal memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan. Keseimbangan antara harga dan kualitas produk adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Jika harga yang anda tawarkan terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kualitasnya maka akan sangat sulit untuk mendapatkan pembeli, sedangkan jika harga yang anda tawarkan terlalu murah (hanya mengambil sangat sedikit keuntungan) maka hal ini dapat berdampak kepada harga pasar sehingga membuat anda sebagai penjual berada di posisi yang merugikan. Penting untuk diperhatikan, penentuan harga terhadap apartemen yang anda jual harus objektif, sehingga sesuai dengan kualitas dan dapat bersaing di dalam pasar.

Harga harus seimbang dengan kualitas produk
Sekarang pertanyaannya apakah anda memiliki kemampuan untuk membuat harga yang objektif tersebut ? Biasanya yang bisa menentukan harga objektif adalah orang berpengalaman dalam penjualan dan penyewaan apartemen yang dapat menilai kualitas apartemen dan menentukan harga yang cocok sehingga lebih mudah mendapatkan pembeli. Bagi anda yang tidak memiliki kemampuan tersebut, jangan khawatir! Rukamen Saleshack memiliki fitur Competition Report.  Melalui fitur ini kami akan merekomendasikan semua informasi secara lengkap agar iklan anda menarik dan dapat bersaing di pasaran.

Fitur Rakumen Competition Report
3. Gunakan Teknik Promosi yang Tepat
Semua apartemen pasti akan terjual jika anda menggunakan metode yang tepat untuk promosi. Kesalahan dan kekurangan dalam promosi apartemen anda biasanya menjadi penyebab kegagalan anda dalam mendapatkan konsumen. Kurangnya ilmu pengetahuan dan jaringan yang terbatas biasanya adalah akar dari masalah ini. Secara garis besar ada dua metode promosi yang dapat anda gunakan :

Promosi online dan promosi offline
a. Promosi Secara Offline
Promosi offline merupakan metode tradisional yang telah ada sejak dulu. Walaupun sekarang semakin banyak teknik promosi offline yang mulai ditinggalkan tetapi sebenarnya tenknik-teknik tersebut bisa memberikan dampak yang cukup besar apabila dilakukan dengan benar. Beberapa teknik yang cocok anda pakai untuk menjual apartemen antara lain adalah :
  • Membagikan brosur, dalam menjalankan teknik ini, anda perlu menentukan tempat strategis agar mencapai target konsumen anda. Tidak ada gunanya apabila anda membagikan brosur di tempat yang salah. Contohnya anda membagikan brosur di pasar tradisional yang mayoritas pengunjungnya berasal dari kalangan menengah kebawah, dalam bisnis apartemen, tentunya ini merupakan langkah yang salah, karena seharusnya lingkungan yang anda targetkan adalah lingkungan yang mayoritas pengunjungnya adalah kalangan menengah ke atas (sesuai dengan target konsumen anda).
  • Mengadakan Event, tujuan utama promosi adalah memperluas jangkauan perusahaan kita. Event merupakan salah satu teknik promosi offline yang sangat tepat. Apapun eventnya pasti akan ada orang yang datang, asalkan ada hadiah dan sesuatu yang menghibur dalam event tersebut. Nah yang penting disini adalah tema event yang anda buat harus berhubungan dengan apartemen, karena tujuan anda adalah memperluas jaringan anda sehingga apartemen yang anda tawarkan dapat terjual.
  • Memasang Iklan di papan reklame dan media, walaupun dampaknya tidak terlalu besar, tetapi langkah ini termasuk langkah yang patut anda lakukan. Sedangkan untuk media seperti televisi, sebaiknya tidak anda lakukan. Kenapa ? karena harga dan kualitas hasil yang diberikan teknik promosi tersebut pada zaman modern ini mulai kurang memuaskan, apalagi untuk iklan apartemen. Ketidakseimbangan harga dan kualitas hasil ini akan membuat anda sebagai penjual rugi (baca teori harga dan kualitas pada tips nomor 2).
b. Promosi Secara Online
Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, promosi online sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis. Banyak keunggulan yang anda dapatkan dari promosi online, yaitu jangkauan pemirsa lebih luas, modal yang lebih sedikit, cara yang lebih praktis dan dapat menghemat waktu. Promosi online dapat dilakukan dengan beberapa cara :
  • Mengiklankan apartemen anda secara online, kunci dari metode ini adalah anda harus bersedia mengeluarkan modal yang lebih.
  • Mempromosikan apartemen anda melalui sosial media, kunci kesuksesan metode ini adalah anda memiliki teman online atau pengikut yang banyak.
  • Mempromosikan apartemen anda melalui website dan forum terkenal, kunci dari metode ini adalah anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik, kemampuan SEO (Search Engine Optimation) yaitu kemampuan untuk mengelola website dan sebaiknya memiliki pembaca yang banyak.
Nah jika anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan promosi online melalui 3 metode di atas, Rukamen Saleshack menawarkan opsi yang lebih mudah, cepat, simple dan hemat. Rukamen Saleshack memiliki fitur Cara Paling Cepat serta fitur SMS & Call Center. Pada fitur Cara Paling Cepat, saleshack menyebarkan iklan anda di lebih dari 15 channel online termasuk website properti, forum, website marketplace, hingga sosial media. Sedangkan melalui fitur SMS dan Call Center yang terintegrasi, kami memberikan opsi agar nomor pemilik apartemen tidak di publish di channel online yang kami sebar demi menjaga privasi pemiliki apartemen.
Fitur Cara Paling Cepat dan Fitur Sms dan Call Center Rakumen
4. Kerjasama dengan Perusahaan Ternama
Kerjasama dengan perusahaan terkenal, kerjasama terbentuk karena adanya keuntungan yang didapatkan kedua belah pihak melalui kerjasama tersebut. Agar jangkauan konsumen anda lebih luas, anda sebaiknya dapat mengajak perusahaan yang sudah memiliki nama (dikenal oleh masyarakat secara luas) untuk ikut mempromosikan apartemen yang anda jual. Nah untuk mewujudkan kerjasama ini, anda juga harus bisa memberikan manfaat terhadap perusahaan yang anda ajak kerjasama tadi.
Lagi – lagi Rukamen Saleshack menjadi pilihan tepat untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan besar. Beberapa media yang sudah menjalin kerjasama dengan rukamen antara lain detikcom, yahoo! News, Liputan6.com, techinasia, dailysocial, dan masih banyak lagi. Sudah kebayang dong bagaimana luasnya jaringan anda jika menjalin kerjasama dengan rukamen

Kerjasama dengan Perusahaan Ternama
5. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen
Salah satu tips penting yang sering dilewatkan seorang pebisnis saat sudah berhasil menjual apartemennya adalah mereka melupakan konsumen tersebut. Bagi anda yang hanya ingin menjual satu apartemen dan tidak berencana untuk terlibat lagi dalam bisnis ini mungkin poin ini tidak terlalu penting. Tetapi tetap saja hubungan baik antar manusia akan memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial anda.
Menjalin Hubungan baik dengan Konsumen
Sedangkan bagi anda yang akan terlibat dalam bisnis jual beli apartemen secara berkepanjangan, tips ini merupakan tips penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Ingat, salah satu cara penyebaran informasi tentang anda adalah melalui mulut ke mulut. Kesan baik yang timbul dari hubungan yang anda bangun dengan konsumen akan membuat mereka merekomendasikan anda jika ada kenalannya ingin membeli sebuah apartemen. Rekomendasi dari seseorang yang dikenal merupakan pertimbangan kuat bagi seorang pembeli dalam memilih sebuah apartemen. Artinya, selain memberikan dampak positif dalam kehidupan sosial anda, menjaga hubungan baik dengan konsumen juga memberikan dampak positif yang besar dalam kehidupan bisnis anda.

Pada 5 tips di atas, kami beberapa kali menyinggung Rukamen SalesHack Cara Cepat Menjual dan Menyewakan Apartemen. Rukamen (Rumah-Kantor-Apartemen) adalah tempat pencarian listing jual dan sewa apartemen termudah dan terlengkap di Indonesia. Rukamen saleshack menawarkan fitur terbaik bagi anda untuk menerapkan tips di atas, beberapa fiturnya adalah :
Membantu menjual dan menyewakan apartemen anda
Untuk Lebih mengenal rukamen, silahkan ditonton video berikut :

Nah demikianlah 5 Tips Jitu Untuk Menjual Apartemen dengan Cepat. Tips Cara Cepat Menjual Apartemen atau Cara Cepat Menyewakan Apartemen ini dapat anda pakai dan terapkan sebagai acuan dalam bisnis jual beli apartemen anda. Semoga tujuan utama anda yang berperan sebagai Agent of Change dan berperang dengan waktu untuk menjadikan apartemen sebagai bagian dari aspek kehidupan masyarakat Indonesia dapat terwujud.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa, semoga hari anda menyenangkan.

Tags : rukamen, cara cepat sewa dan jual apartemen, apartemen di Indonesia, sewa apartemen, jual apartemen.

Loading...
This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon