7 Langkah Optimasi SEO Offpage


Baiklah sobat, kali ini kita akan membahas 7 langkah optimasi SEO Offpage Website.

SEO Off-Page merupakan optimasi SEO yang dilakukan di luar website. Optimasi ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi dan ranking website di hasil pencarian. Dibandingkan dengan On-Page SEO, Off-Page SEO memang lebih sulit untuk dilakukan karena, sebagian besar faktor SEO Off-Page lebih sulit untuk dikontrol. Tapi, tetap aja optimasi ini harus kamu lakukan agar authority dan ranking website kamu bisa meningkat. Bagaimana caranya?

seo-offpage
SEO Offpage


1.         Link builing.
Link building merupakan proses mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website kamu. Semakin banyak link dari website yang punya authority tinggi, semakin besar kemungkinan kamu untuk mendapatkan ranking yang bagus dan lebih banyak traffic organik. Tapi, kamu nggak asal melakukan link building. Soalnya, ada lima faktor yang mempengaruhi link building.
Kualitas website bisa dilihat dari Page Authority atau (PA) dan Domain Authority atau (DA). Kamu bisa cek skor ini lewat Moz. Intinya, semakin besar skornya berarti semakin berkualitas websitenya.
Dofollow merupakan link yang bisa dideteksi oleh bot Google. Dofollow dapat ditambahkan untuk meningkatkan authority di website. Beda halnya dengan Nofollow. Link Nofollow tidak bisa dideteksi oleh bot Google dan tidak berpengaruh ke authority website. Buat tahu mana link yang dofollow atau nofollow, kamu bisa install ekstensi Chrome, NoFollow. Ekstensi ini bakal langsung nge-highlight link mana yang sifatnya nofollow.
Anchor text merupakan kata-kata yang berisi link ke website. Supaya link building kamu efektif, kamu perlu membuat anchor text memakai kata kunci utama yang kamu targetkan. Cuma, kamu tetap tidak boleh menggunakan anchor text yang sama dalam jumlah banyak. Ini perlu kamu ingat agar tidak kena hukuman dari Google.
Supaya authority website kamu meningkat, kamu perlu mendapat backlink dari website yang topik atau niche-nya sama dengan website kamu. Bukan asal dapat link dari website lain. Kamu juga perlu mendapat backlink dari website yang punya trafik tinggi. Soalnya semakin besar trafiknya, semakin besar kemungkinan website kamu mendapat trafik dari link tersebut.

2.             Listing Bisnis.
Terdaftar di listing bisnis juga bisa membantu SEO Off-Page kamu. Kamu bisa memanfaatkan listing bisnis seperti Trip Advisor, Zomato, GrabFood, atau yang lainnya.

3.             Brand Mention di media online
Brand mention di media online juga bisa membantu SEO Off-Page. Kamu bisa memanfaatkan media online yang punya PA dan DA yang tinggi. Pastikan saja, website media online memasukkan link dofollow ke website kamu

4.             Google Bisnisku.
Google Bisnisku merupakan layanan listing bisnis milik Google. Lewat layanan ini, kamu bisa meningkatkan kualitas SEO Off- page dan local search bisnis kamu. Bisnismu bakal lebih gampang ditemukan di hasil pencarian, berkat snippet dari Google.

5.             Review.
Review juga bisa meningkatkan SEO Off-Page kamu. Pastikan kamu mendapatkan review atau testimoni dari website review atau blog. Memang, mendapatkan review itu enggak gampang. Makanya, kamu bisa adakan giveaway, kasih voucher diskon, atau poin loyalty buat pelanggan yang mereview produkmu di blog atau situs review tertentu.

6.             Guest Blogging.
Guest Blogging bisa juga kamu lakukan untuk optimasi SEO Off-Page website kamu. Caranya, tinggal buat konten dan publikasikan di website lain. Website yang mempublish kontenmu harus punya DA dan PA yang lebih tinggi dan jangan lupa untuk taruh link ke websitemu sendiri di profil penulis.

7.             Share di media sosial
Share konten di media social memang tidak akan mempengaruhi authority website secara langsung. Tapi, hal ini juga perlu kamu lakukan. Dengan membagikan konten web ke media sosial, kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens. Dari situ, kamu punya kemungkinan lebih besar agar kontenmu dirujuk oleh website, blog atau media online. Jadi, ini akan memperbesar peluangmu untuk mendapatkan backlink.

Itulah 7 Langkah Optimasi SEO Offpage yang bisa sobat lakukan, sobat juga jangan lupa untuk optimasi SEO On-page supaya websitemu lebih SEO-friendly . Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a comment

0 Comments